PRAGMATISME DAN EKSISTENSIALISME (Perspektif Filsafat Pendidikan)
DOI:
https://doi.org/10.54714/jd.v4i1.65Keywords:
Kata Kunci : Pragmatisme dan Eksistensialisme Perspektif Filsafat PendidikanAbstract
Pragmatisme sebagai aliran filsafat dikembangkan pertama kali di Amerika. Filsuf pertama yang memperkenalkan dan mengembangkan pemikiran pragmatisme adalah Charles S. Peirce yang menekankan tentang aktifitas dan tujuan manusia dalam memperoleh pengertian dan pengetahuan. Pemikir Amerika yang sangat lekat dengan filsafat pendidikan pragmatisme adalah John Dewey. Pragmatisme sebagai aliran filsafat dapat dipahami secara metafisis, epistemologis dan aksiologis.Filsafat eksistensialisme, yakni filsafat dengan pemikiran utamanya adalah “eksistensi mendahului esensi” bahwa manusia eksis/ada terlebih dahulu, kemudian dalam kehidupan dia memberi makna/esensi atas kehidupannya dengan fokus pada pengalaman individual. Eksistensialisme memberi individu suatu jalan berpikir mengenai kehidupan, apa maknanya bagi saya, apa yang benar untuk saya. Epistomologi eksistensialis menganggap bahwa individu bertanggung jawab akan pengetahuannya sendiri. Sumber pengetahuan yang utama adalah pengalaman pribadi. Guru yang ideal menurut eksistensialis adalah guru yang memberikan kebebasan ruang dialog bagi siswa untuk menemukan makna dirinya. Siswa mendapat kesempatan yang luas untuk mempelajari sesuatu yang menjadi minatnya, sehingga bisa menemukan jatidirinya. Metode pembelajaran yang tepat menurut eksistensialis adalah dialog, main peran, dan metode lain yang memberi kebebasan bagi siswa untuk bereksplorasi memaknai dirinya. Karena tugas pendidikan yang utama adalah merangsang setiap manusia agar tersadar bahwa dia sendirilah yang memiliki tanggung jawab untuk menciptakan makna dan definisi dirinya sendiri.
References
Hisarma Saragih, dkk. 2021. Filsafat Pendidikan, Yayasan Kita Menulis. Cet.1, ISBN: 978-623-342-011-2.
Jalaluddin dan Abdullah Idi, 2017. Filsafat Pendidikan, Rajawali Pers, Cet 6, ISBN 978-979-769-372-5
Dr. Muhammad Kristiawan, M.Pd, 2016. Filsafat Pendidikan; The Choice Is Yours, Valia Pustaka Jogjakarta, Cet I ISBN : 978-602-71540-8-7
Dr. H.Amka, M.Si, 2019. Filsafat Pendidikan, Nizamia Learning Center, Cet I, ISBN : 978-623-7169-27-7.
Rukiyati Dan L. Andriyani Purwastuti, 2015 Mengenal Filsafat Pendidikan, UNY Press, Cet I, ISBN: 978-602-7981-3