STRATEGI DAN MANAJEMEN KINERJA DALAM PERSPEKTIF BUDAYA ORGANISASI

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v5i1.86

Keywords:

Kata Kunci : Strategi Dan Manajemen Kinerja Organisasi Dalam Perspektif Budaya Organisasi

Abstract

Ciri kas keanekaragaman perbedaan dan permasalahan eksternal dalam usaha integrasi
budaya organisasi sebagai suatu sistem nilai, kepercayaan dan kebiasaan yang saling
berinteraksi dengan struktur sistem formalnya untuk menghasilkan norma-norma perilaku yang
digambarkan dalam bentuk pola dari kepercayaan, simbol, ritual dan mitos, berkembang dalam
waktu yang berfungsi sebagai perekat komunikatif, melibatkan : Pengalaman, filosofi,
ekspektasi dan nilai sehingga penerapan strategi dan manajemen kinerja dalam budaya
organisasi terefleksikan dalam kegiatan mereka, mulai dari interaksinya dengan orang lain,
caranya bekerja dan ekspektasi di masa depan. Power budaya organisasi dalam penyusunan strateginya menggunakan planing mode dan evolutionary mode, statmen analisisnya terletak
pada perubahan rasional yang dikembangkan para pemikir perspektif modern dengan model
analisis SWOT : analisis, formulasi, implementasi. Eksinternalisasi analisnya digunakan
menawan : ancaman, peluang, kekuatan dan kelemahan dengan 4 dimensi strateginya : Inovasi,
Diferensiasi Pasar, Jangkauan, Pengendalian biaya dan terprogramnya perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dengan didukung teori RBV yang
mempengaruhi kinerja dalam budaya berorganisasi. Tipe budaya organisasi yang kuat dan yang
lemah akan berbeda, karena sistem nilai dan statmen kebijakan yang direalisasikan oleh
praktisinya, karakteristiknya terdapat pada : Inovasi dan keberanian mengambil risiko,
Perhatian terhadap detail, Orientasi hasil, Orientasi orang, Orientasi tim, dan Agresivitas
dengan stabilitas toleransi konflik yang mempertahankan status quo menghadapi limitets lawan
dari perkembangannya, mencakup : Kerapian Administrasi, Kedisiplinan, Inovasi, dan
Pembagian wewenang yang diterapkannya.

References

Abdullah Maʼruf, 2014. Manajemen Dan Evaluasi Kinerja Karyawan, Aswaja

Pressindo, ISBN. 9786021865231.

Agus, 2016. Manajemen Organisasi, IAIN Mataram ISBN. 978-602-99946-4-3

Ambarwati. Arie, 2018. Perilaku Dan Teori Organisasi, Media Nusa Creative, Cet 1, ISBN. 9786024620523

Frianka. F.C dan MASIAM. S, 2020. Makalah Strategi Organisasi UI

Batam. Fakultas Ekonomi Bisnis

Kawiana, I Gede Putu, 2019.Spiritual Leadership Membangun Kinerja Organisasi,

UNHI PRESS, ISBN 9786239163600

Kamaroellah, Agoes, 2014. Manajemen Kinerja Konsep Desain Implementasi Dan

Penilaian Kinerja, Pustaka Raja, ISBN. 9786027567894.

Satriawan, Dewa Gede Dkk. 2021. Kinerja Karyawan, Widina Bhakti Persada Bandung

Cet 1, ISBN. 9786236092545.

Suryani, Ni Kadek , John E.H.J.FoEh, Kinerja Organisasi, 2018.

Deepublish Publisher Cet 1

Haryono, Siswoyo, 2018. Manajemen Kinerja SDM Teori &Aplikasi, Luxima Metro

Media Cet. 1, ISBN. 9786022682011.

Published

2024-06-06

How to Cite

STRATEGI DAN MANAJEMEN KINERJA DALAM PERSPEKTIF BUDAYA ORGANISASI. (2024). Jawa Dwipa, 5(1), 56-67. https://doi.org/10.54714/jd.v5i1.86

Issue

Section

Articles