PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENDIDIKAN AGAMA HINDU KELAS IV MATERI CATUR PRAMANA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.54714/jd.v2i1.37Keywords:
Kata Kunci : Pendidikan Agama Hindu, LKSAbstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan Agama Hindu diarahkan membangun kualitas mental pribadi siswa agar memiliki visi yang jelas, komitmen terhadap nilai-nilai dan prisip-prinsip hidup secara harmonis dan kreatif dalam masyarakat yang pluralistik, kepedulian terhadap lingkungan dan berkarya sesuai dengan swadharmanya.
Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Lembar kerja siswa berupa petunjuk, langkah untuk menyelesaikan suatu tugas, suatu tugas yang diperintahkan dalam lembar kegiatan harus jelas kompetensi dasar yang akan dicapainya. Dengan pengembangan Lembar Kerja Siswa Pendidikan Agama Hindu ini diharapkan dapat membatu Guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan prestasi belajar siswa.
References
Ahmadi. 2014. Pengantar Pendidikan Asas & filsafat pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Andi Prastowo. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:Diva Press.
Masidjo. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah Yogyakarta: Kanisius.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya