IMPLEMENTASI AJARAN TRI KAYA PARISUDHA PADA SISYA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN KUMARA SIDDHI NGAWEN GUNUNG KIDUL

Authors

  • Niluh Ayu Laksmi Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Trida Purwa Maduria Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v2i2.43

Keywords:

Kata kunci : Religius, Cerdas, Berkarakter

Abstract

Pendidikan di usia dini merupakan Pendidikan sangat penting. Dalam memberikan ajaran agama Hindu dimulai sejak usia dini sehingga sisya dapat  mengenal dan mencintai Hindu. PratamaWidya Pasraman Kumara Siddhi  merupakan satu-satunya sekolah formal Hindu yang berada di wilayah Daerah  Istimewa Yogyakarta. Dengan memberikan ajaran-ajaran dasar Agama Hindu  maka akan memberikan stimulus bagi sisya didik untuk mengenal lebih banyak  tentang Hindu. Sehingga sisya pasraman mampu menjadi sisya suputra seperti harapan orang tua dan pendidik. Mengenal Ajaran dasar Agama Hindu yang salah satunya adalah Tri Kaya Parisudha merupakan sebagai dasar sisya berperilaku dalam kesehariaannya. Karena dengan memahami dasar dari ajaran Tri Kaya Parisudha sisya akan mampu untuk membedakan mana yang baik, mana yang boleh dan mana yang bisa dilakukan. Melatih sisya dengan pengenalan doa-doa sehari-hari maka sisya akan mampu lebih dekat dengan sang Pencipta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penggalian data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan demikian penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa membiasakan untuk implementasi ajaran Tri Kaya Parisudha di Pratama Widya Pasraman Kumara Siddhi Ngawen Gunungkidul, sebagai salah satu upaya untuk dapat membantu meningkatkan sraddha dan bakti serta menjadi harapan semua orang tua agar anaknya bisa berprestasi dengan di dasari ajaran agama Hindu.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Anak Agung Oka Purnamawati, S.Pd.AUD (2015)

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kaelan. (2005). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma.

Kemenuh, Ida Pedanda Tri Kaya Parisudha Catur Prawretti, April 2012

Ketut, I Gusti Widana Source: Koran Bali Post, Minggu Umanis 5 Juni2016

Nasution, S. (2004). Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito Agung.

Raho Bernard, Teori Sosiologi Modern (Jakarta, Prestasi Pustaka, 2007) 110

Redana, M. (2006). Metodologi Penelitian. Denpasar: Institut Hindu Dharma Negeri

Denpasar.

Titib. I Made.2003.Menumbuh kembangkan pendidikan Budhi Pekerti pada Anak dalam Perspektif Agama Hindu

Published

2021-12-06

How to Cite

Niluh Ayu Laksmi, & Trida Purwa Maduria. (2021). IMPLEMENTASI AJARAN TRI KAYA PARISUDHA PADA SISYA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN KUMARA SIDDHI NGAWEN GUNUNG KIDUL. Jawa Dwipa, 2(2), 136-146. https://doi.org/10.54714/jd.v2i2.43

Issue

Section

Articles