IMPLEMENTASI AJARAN TRI KAYA PARISUDHA PADA SISYA DI PRATAMA WIDYA PASRAMAN KUMARA SIDDHI NGAWEN GUNUNG KIDUL
DOI:
https://doi.org/10.54714/jd.v2i2.43Keywords:
Kata kunci : Religius, Cerdas, BerkarakterAbstract
Pendidikan di usia dini merupakan Pendidikan sangat penting. Dalam memberikan ajaran agama Hindu dimulai sejak usia dini sehingga sisya dapat mengenal dan mencintai Hindu. PratamaWidya Pasraman Kumara Siddhi merupakan satu-satunya sekolah formal Hindu yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan memberikan ajaran-ajaran dasar Agama Hindu maka akan memberikan stimulus bagi sisya didik untuk mengenal lebih banyak tentang Hindu. Sehingga sisya pasraman mampu menjadi sisya suputra seperti harapan orang tua dan pendidik. Mengenal Ajaran dasar Agama Hindu yang salah satunya adalah Tri Kaya Parisudha merupakan sebagai dasar sisya berperilaku dalam kesehariaannya. Karena dengan memahami dasar dari ajaran Tri Kaya Parisudha sisya akan mampu untuk membedakan mana yang baik, mana yang boleh dan mana yang bisa dilakukan. Melatih sisya dengan pengenalan doa-doa sehari-hari maka sisya akan mampu lebih dekat dengan sang Pencipta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penggalian data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan demikian penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa membiasakan untuk implementasi ajaran Tri Kaya Parisudha di Pratama Widya Pasraman Kumara Siddhi Ngawen Gunungkidul, sebagai salah satu upaya untuk dapat membantu meningkatkan sraddha dan bakti serta menjadi harapan semua orang tua agar anaknya bisa berprestasi dengan di dasari ajaran agama Hindu.
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Anak Agung Oka Purnamawati, S.Pd.AUD (2015)
Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kaelan. (2005). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Paradigma.
Kemenuh, Ida Pedanda Tri Kaya Parisudha Catur Prawretti, April 2012
Ketut, I Gusti Widana Source: Koran Bali Post, Minggu Umanis 5 Juni2016
Nasution, S. (2004). Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito Agung.
Raho Bernard, Teori Sosiologi Modern (Jakarta, Prestasi Pustaka, 2007) 110
Redana, M. (2006). Metodologi Penelitian. Denpasar: Institut Hindu Dharma Negeri
Denpasar.
Titib. I Made.2003.Menumbuh kembangkan pendidikan Budhi Pekerti pada Anak dalam Perspektif Agama Hindu