PERAN PASRAMAN ASTIKA SIDHI DALAM MENUMBUHKAN SRADHA DAN BHAKTI GENERASI MUDA HINDU DI KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting, bangsa besar pasti memiliki sistem pendidikan yang baik. Begitu pula dengan pendidikan agama, pemerintah sudah mengatur pendidikan agama dan pendidikan keagamaan dalam PP No 55 Tahun 2007 dan PMA No 56 Tahun 2014. Pasraman Astika Sidhi merupakan pasraman pemersatu dari pasraman-pasraman yang ada di daerah dan selalu diminati oleh generasi muda Hindu yang ada di Kabupaten Klaten. Pelaksanaan pasraman Astika Sidhi dilaksanakan di aula gedung pitamaha dan STHD Klaten Jawa Tengah untuk peserta kategori anak dan ditempat yang berbeda-beda setiap tahunnya untuk peserta kategori dewasa dan umum. Peran pasraman Astika Sidhi adalah turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mendukung dan menerapkan PP No 55 tahun 2007 dan PMA No 56 tahun 2014, mencetak generasi muda Hindu yang memiliki jiwa kepemimpinan berkualitas, memberikan wadah untuk ajang berkumpul generasi muda Hindu di Klaten Jawa Tengah, dan sebagai ikon tahunan generasi muda Hindu di Klaten Jawa Tengah. Dampak positif dari kegiatan pasraman Astika Sidhi yaitu, membentuk kaderisasi pengurus organisasi PGHD, mewujudkan kerukunan generasi muda Hindu di Klaten, dan memotivasi generasi muda Hindu di Klaten. Harapan kedepan seluruh elemen agama Hindu di Indonesia pada umumnya dan elemen Hindu di Klaten Jawa Tengah pada khususnya untuk memaksimalkan pengelolaan pasraman mingguan di masing-masing daerah bahkan bisa menjadi pasraman formal, sehingga kita mampu bersaing dengan pendidikan keagamaan dari agama lain.
.
References
Andriyani, L. (2014). "Peran Duta Wisata Dalam Mempromosikan Kebudayaan Dan Pariwisata Di Kalimantan Timur." E-journal llmu Komunikasi 2(4): 154-170.
Arif Yuliandoko. 2012. Upaya Peningkatan Kualitas Anak-anak Hindu Melalui Pasraman Mingguan di Pura Wijaya Kusuma Desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Skripsi. Tidak diterbitkan. Prodi Pendidikan Agama Hindu STHD: Klaten.
Azwar, Saifuddin. 1997. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Dewi Ayu Wisnu Wardani. 2018. Peran Anak Dalam Perspektif Hindu Khususnya Susatra Hindu. Jurnal Widya Aksara. STHD Klaten Jawa Tengah
I Dewa Ayu Dian Oktasari. 2013. Upaya Peningkatan Sradha dan Bhakti Dalam Pendidikan Agama Hindu Di Pashraman Jalla Sidhi Amerta, Juanda Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Skripsi. Tidak diterbitkan. Prodi Pendidikan Agama Hindu STHD Klaten.
Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007
Putu Budiadnya. 2011. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Agama Hindu Di Pasraman Widya Dharma Surakarta. Tesis. Tidak di terbitkan. Fakultas Dharma Acarya Universitas Hindu Indonesia: Denpasar.
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ruyadi, Y. (2010). Model pendidikan karakter berbasis kearifan budaya lokal (penelitian terhadap masyarakat adat kampung benda kerep Cirebon provinsi jawa barat untuk pengembangan pendidikan karakter di sekolah). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education.
Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Tiara Wacana: Yogyakarta.
Samiaji, Sarosa. 2012. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar. PT Indeks: Jakarta.
Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. ALFABETA: Bandung.
Surada, I.M.2018. NILAI-NILAI ŚRADHA DAN BHAKTI DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu.
Surya, Mohamad. 2003. Teori-Teori Konseling. CV Pustaka Bani Quaraisy: Bandung.
Tim Penyusun PHDI. 2014. Swastikarana Pedoman Ajaran Hindu Dharma. PT Mabhakti: Jakarta.
Tim penyusun. 2006. Pedoman Pengelolaan Pasraman. Paramita: Surabaya.
Wahyu Wulandari. Peran Peradah Dalam Menanggulangi Seks Bebas Pada Generasi Muda Di Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi. Tidak diterbitkan. Prodi Pendidikan Agama Hindu STHD: Klaten.
Wiyani, Novan Ardy. 2012. Pendidikan Karakter dan kepramukaan. Yogyakarta:
PT Citra Aji Parama
Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke Widya Aksara sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam database dan pengirimannya oleh segala bentuk atau media, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll., Hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari Widya Aksara. Namun, Penulis memiliki hak untuk yang berikut:
1. Duplikat semua atau sebagian dari materi yang diterbitkan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai instruksi kelas atau materi presentasi verbal di berbagai forum;
2. Menggunakan kembali sebagian atau seluruh bahan sebagai kompilasi bahan untuk pekerjaan penulis;
3. Membuat salinan dari materi yang diterbitkan untuk didistribusikan di dalam institut tempat penulis bekerja.
STHD Klaten dan Widya Aksara melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan diterbitkan dalam jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Widya Aksara adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.