PERAN PASRAMAN ASTIKA SIDHI DALAM MENUMBUHKAN SRADHA DAN BHAKTI GENERASI MUDA HINDU DI KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH

  • Edi Sutrisno Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Dewi Ayu Wisnu Wardani Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
Keywords: Peran, Astika Sidhi, Generasi Muda Hindu

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting, bangsa besar pasti memiliki sistem pendidikan yang baik. Begitu pula dengan pendidikan agama, pemerintah sudah mengatur pendidikan agama dan pendidikan keagamaan dalam PP No 55 Tahun 2007 dan PMA No 56 Tahun 2014. Pasraman Astika Sidhi merupakan pasraman pemersatu dari pasraman-pasraman yang ada di daerah dan selalu diminati oleh generasi muda Hindu yang ada di Kabupaten Klaten.  Pelaksanaan pasraman Astika Sidhi dilaksanakan di aula gedung pitamaha dan STHD Klaten Jawa Tengah untuk peserta kategori anak dan  ditempat yang berbeda-beda setiap tahunnya untuk peserta kategori dewasa dan umum. Peran pasraman Astika Sidhi adalah turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mendukung dan menerapkan PP No 55 tahun 2007 dan PMA No 56 tahun 2014, mencetak generasi muda Hindu yang memiliki jiwa kepemimpinan berkualitas, memberikan wadah untuk ajang berkumpul generasi muda Hindu di Klaten Jawa Tengah, dan sebagai ikon tahunan generasi muda Hindu di Klaten Jawa Tengah. Dampak positif dari kegiatan pasraman Astika Sidhi yaitu, membentuk kaderisasi pengurus organisasi PGHD, mewujudkan kerukunan generasi muda Hindu di Klaten, dan memotivasi generasi muda Hindu di Klaten.  Harapan kedepan seluruh elemen agama Hindu di Indonesia pada umumnya dan elemen Hindu di Klaten Jawa Tengah pada khususnya untuk memaksimalkan pengelolaan pasraman mingguan di masing-masing daerah bahkan bisa menjadi pasraman formal, sehingga kita mampu bersaing dengan pendidikan keagamaan dari agama lain.

 

.

References

Agustiani, H. (2006). "Psikologi perkembangan pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja."
Andriyani, L. (2014). "Peran Duta Wisata Dalam Mempromosikan Kebudayaan Dan Pariwisata Di Kalimantan Timur." E-journal llmu Komunikasi 2(4): 154-170.
Arif Yuliandoko. 2012. Upaya Peningkatan Kualitas Anak-anak Hindu Melalui Pasraman Mingguan di Pura Wijaya Kusuma Desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Skripsi. Tidak diterbitkan. Prodi Pendidikan Agama Hindu STHD: Klaten.
Azwar, Saifuddin. 1997. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Dewi Ayu Wisnu Wardani. 2018. Peran Anak Dalam Perspektif Hindu Khususnya Susatra Hindu. Jurnal Widya Aksara. STHD Klaten Jawa Tengah
I Dewa Ayu Dian Oktasari. 2013. Upaya Peningkatan Sradha dan Bhakti Dalam Pendidikan Agama Hindu Di Pashraman Jalla Sidhi Amerta, Juanda Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Skripsi. Tidak diterbitkan. Prodi Pendidikan Agama Hindu STHD Klaten.
Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007
Putu Budiadnya. 2011. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Agama Hindu Di Pasraman Widya Dharma Surakarta. Tesis. Tidak di terbitkan. Fakultas Dharma Acarya Universitas Hindu Indonesia: Denpasar.
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ruyadi, Y. (2010). Model pendidikan karakter berbasis kearifan budaya lokal (penelitian terhadap masyarakat adat kampung benda kerep Cirebon provinsi jawa barat untuk pengembangan pendidikan karakter di sekolah). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education.
Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Tiara Wacana: Yogyakarta.
Samiaji, Sarosa. 2012. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar. PT Indeks: Jakarta.
Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. ALFABETA: Bandung.
Surada, I.M.2018. NILAI-NILAI ŚRADHA DAN BHAKTI DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu.
Surya, Mohamad. 2003. Teori-Teori Konseling. CV Pustaka Bani Quaraisy: Bandung.
Tim Penyusun PHDI. 2014. Swastikarana Pedoman Ajaran Hindu Dharma. PT Mabhakti: Jakarta.
Tim penyusun. 2006. Pedoman Pengelolaan Pasraman. Paramita: Surabaya.
Wahyu Wulandari. Peran Peradah Dalam Menanggulangi Seks Bebas Pada Generasi Muda Di Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi. Tidak diterbitkan. Prodi Pendidikan Agama Hindu STHD: Klaten.
Wiyani, Novan Ardy. 2012. Pendidikan Karakter dan kepramukaan. Yogyakarta:
PT Citra Aji Parama
Published
2020-09-30
How to Cite
Edi Sutrisno, & Dewi Ayu Wisnu Wardani. (2020). PERAN PASRAMAN ASTIKA SIDHI DALAM MENUMBUHKAN SRADHA DAN BHAKTI GENERASI MUDA HINDU DI KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 25(2), 208-218. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v25i2.125
Section
Articles