NILAI PENDIDIKAN CERITERA KUTUKAN DALAM BALA KANDA PADA KITAB RAMAYANA

  • Sujaelanto Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
Keywords: Kata Kunci : Nilai Pendidikan, Kutukan.

Abstract

Kitab Ramayana terdiri 7 kanda (bagian) sebagai bagian dari susastra Hindu yang mengisahkan kehidupan Rama yang sarat dengan nilai-nilai etika, kepemimpinan, ritual, teologi, kesehatan dan sebagainya. Tiap kanda selain mengisahkan kehidupan Rama juga terdapat ceritera yang diselipkan pada bagian kitab Balakanda. Yang menarik dari ceritera selipan Balakanda adalah adanya ceritera tentang kutukan. Untuk menggali ceritera kutukan kitab Ramayana dilakukan melalui metode kepustakaan. Data-data diambil dari bagian Balakanda pada kitab Ramayana karya Walmiki yang disadur oleh Kamala Subramaniam. Nilai, bentuk, penyebab, subyek dan obyek kutukan akan dianalis melalui teori hermeneutic. Nilai pendidikan yang tersirat dalam ceritera kutukan di Balankanda Kitab Ramayana bahwa terjadinya kutukan akibat seorang tidak dibenarkan untuk ahimsa terhadap biantang yang sedang beradu asmara, mengganggu orang suci, tempat suci, menuduh mencuri sarana upacara, melakukan asusila, aplaka guru, menghina orang rendahan, besengkongkol. Adapun wujud akibat kutukan adalah tidak berumur panjang, hilangnya sifat kemanusiaan berubah sifat raksasa, berubah bentuk/wujud, hilangnya masa depan, menjadi orang Candala, Nisada. Kutukan bisa dilakukan oleh orang suci, guru, orang tua, sisya/murid kerohanian. Kutukan dapat menimpa kepada pemburu (profesi), anak, sisya, raja, istri, perempuan, orang tanpa status, orang hina.

 

 

References

Agung Oka, I Gusti. 1994. Slokantara; Jakarta : Hanuman Cakti Darmayasa I Made. 2014. Canakya Niti Sastra, cet I; Surabaya : Paramita. Bertens, K. 2003 Etika. Yogyakarta : Kanisius.
Fracassi Clotilde & Paul Urbani. 2001. Wanita. Paramita : Surabaya.
Moleong, Lexi J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya. Nasir, Moh. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Pradopo, Rahmat Djoko. 2007. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik Dan Penerapannya.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Pratikno, Herman. 1980. Hamba Sebut Paduka Ramadewa:Ramayana. Jakarta: Wijaya Jakarta.
Suratno, Pardi. 2009. The magig of Mahabharata Ramayana Rahasia Kedasyatan Hukuman & Kutukan Dalam Tradisi Jawa Kuno : Pararaton.
Sura, I Gede. 2001. Pengendalian Diri dan Etika Dalam Ajaran Agama Hindu. Denpasar : Hanuman Sakti.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : CV Alfabeta.
Titib I Made. 2008. Itihasa Ramayana & Mahabharata (Viracarita) kajian Kritis Sumber Ajaran Hindu : Paramita Surabaya.
Artikel Hindu Nusantara, bukusoveni.blogspot.co.id/2014/10/kajian-nilai-filosofi-pada- karakter.html
http://id.shvoong.com/humanities/philosophy/2125904-makna-filosofi https://lektur.id/arti-kutuk. https://id.wikipedia.org/wiki/Cerita_dalam_cerita
Published
2021-09-27
How to Cite
Sujaelanto. (2021). NILAI PENDIDIKAN CERITERA KUTUKAN DALAM BALA KANDA PADA KITAB RAMAYANA. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 26(2), 253-270. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v26i2.167
Section
Articles