IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MENINGKATAKAN KARAKTER DAN PRESTASI SISWA PADA PENDIDIKAN PASRAMAN NON FORMAL DI EKS KARESIDENAN SURAKARTA

  • Farida Setyaningsih Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Putu Budiadnya Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Setyaningsih Sekolah Tinggi Agama Hindu Shantika Dharma Malang
  • Titin Sutarti Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Sujaelanto Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Gayatri Sindi Mahesti Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
Keywords: Kata kunci : Pembiasaan, Meningkatkan, Karakter, dan Prestas

Abstract

Pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk mendidik anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak, jika hal tersebut tertanam dan terpatri dalam diri setiap insan sejak dini, hal tersebut merupakan awal yang baik bagi setiap Pendidikan anak bangsa untuk menjalani proses selanjutnya. Melihat betapa pentingnya pembiasaan  meningkatkan karakter dan prestasi siswa, maka peneliti mengambil 3 rumusan masalah yaitu;  jenis pembiasaan apa  yang digunakan untuk meningkatkan karakter dan prestasi siswa pada Pendidikan Pasraman Non Forma di Eks Karesidenan Surakarta, bagaimana implementasi pembiasaan untuk meningkatkan karakter dan prestasi siswa pada Pendidikan Pasraman Non Formal di Eks Karesidenan Surakarta, dan  bagaimana dampak implementasi pembiasaan terhadap karakter dan prestasi siswa pada Pendidikan Pasraman Non Forma di Eks Karesidenan Surakarta. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji dari rumusan masalah supaya bermanfaat secara teoritis maupun praktis dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, observasi, partisipan dan kepustakaan.

Penelitian ini mengunakan teori pembiasaan klasik untuk membedah rumusan masalah 1, teori pembentukan karakter digunakan untuk membedah rumusan masalah 2, dan teori dampak untuk membedah rumusan masalah 3. Sehingga dapat ditarik simpulan jenis pembiasaan antara Pasraman satu dengan yang lainnya bisa ada beberapa yang sama, juga ada jenis pembiasaan yang berbeda, dalam implementasi pembiasaan juga ada yang sama dan ada yang berbeda, dalam arti ada yang rajin, kurang raji, fokus, lebih fokus, dan kurang fokus,  bahkan ada yang rutin, telaten, tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan namun ada juga yang kurang disiplin, sehingga dampaknya juga berbeda terhadap peningkatan karakter dan prestasi siswa pada Pendidikan Pasraman Non Formal di Eks Karesidenan Surakarta.

 

i

References

A.Doni Koesoema.Pendidikan Karakter:Strategi Mendidik Anak Dijaman Global. (Jakarta:Grasindo,2007) h.115
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 1992), Cet. I, h. 144-145
Armai Arif.Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam.(Jakarta:Ciputat Pers,2002) h.110
E Mulyasa.Manajemen Pendidikan Karakter (Jakarta:Bumi Aksara, 2011) h.4
Heri Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi,( Bandung ,Alfabeta.2013) h.23
Heri Gunawan.Pendidikan Karakter:Konsep Dan Implementasi, (Bandung: Alfabeta.2012)
Hery Noer Ali, Ilmu Pendidikan Islam.(Jakarta.Logos Wacana Ilmu,1999)Hlm.184
I Made Astra, Efektifitas Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Pada Peserta Pasraman Kilat Tingkat Dasar Di Desa Pakraman Selanbawak, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali, Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya, 2017, h:15
I Putu Suarnaya, Eksistensi Pasraman Dalam Menanamkan Nilai Moral Bagi Umat Hindu, Jurnal Ilmu pendidikan Cetta, 2020, h:215
Ibid, h.111
Ida Ayu Dwi Lestari, Pasraman Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Budaya dan Spiritual, Jurnal Penelitian Agama Hindu Jayapangus Press, 2020, h:113
Kamsinah, “Metode Dalam Proses Pembelajaran” , Lentera Pendidikan. Vol. 11 No. 1, Juni 2008, Hal. 101-104
Mujiburahman Muhamad Usman ,Op,Cit. h 115-116
Ni Nengah Selasih, I Ketut Sudarsana, Pembelajaran berbasis Pasraman membangun karakter remaja, Jayapangus Press,2019 h:48,57
Published
2022-03-05
How to Cite
Farida Setyaningsih, Putu Budiadnya, Setyaningsih, Titin Sutarti, Sujaelanto, & Gayatri Sindi Mahesti. (2022). IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MENINGKATAKAN KARAKTER DAN PRESTASI SISWA PADA PENDIDIKAN PASRAMAN NON FORMAL DI EKS KARESIDENAN SURAKARTA. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 27(1), 132-142. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v27i1.184
Section
Articles