PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KITAB BHAGAWADGITA

  • Setyaningsih Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kitab Bhagawadita

Abstract

Penanaman karakter dalam menghadapi tantangan kehidupan modern sangatlah urgen. Terwujudnya sinergi antara rumah (keluarga), sekolah, dan masyarakat menjadi syarat dalam pendidikan karakter sehingga dapat menimbulkan dampak multidimensi.Di berbagai media sosial akan sangat sering ditemukan artikel yang berhubungan dengan karakter. Hal ini karena Pemerintah Indonesia sangat ingin melihat realitas mental masyarakat bangsa yang sedang mengalami krisis dan degradasi moral. Hal tersebut mendorong pemerintah Indonesia berupaya merumuskan kembali Tujuan Pendidikan Nasional yang dituangkan dalam UUSPN Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3. Pasal tersebut menyatakan bahwa pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, terampil, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab kepada masyarakat dan kebangsaan. Kesemuanya itu kemudian dirumuskan menjadi 18 (delapan belas) butir nilai-nilai luhur bangsa yang kemudian disebut nilai-nilai karakter sebagai sarana untuk membangun karakter bangsa.

Di dalam Bhagavadgita membahas 27 (dua puluh tujuh) nilai karakter yang memberikan harapan bagi terwujudnya karakter bangsa. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif mendeskripsikan tentang pendidikan karakter di dalam Kitab Bhagawadgita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergitas peran orang tua dan guru dalam membangun pendidikan karakter anak sangat dibutuhkan melalui komunikasi yang baik antara orang tua dan guru, berbagi peran, memiliki satu visi tentang membentuk karakter anak, penanaman sradha atau keyakinan melalui kegiatan pembelajaran keagamaan salah satunya dengan pembelajaran pendidikan karakter dalam Kitab Bhagawadgita.

 

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).
Astuti, A. D. (2020). The Strategy of Principal in Instilling Religius Character in Muhammadiyah Elementary School. European Educational Researcher, 3(2), 67–85.
Aziz, A. A. (2021). Analysis Of Literature Review On Spiritual Concepts According To The Perspectives Of The Al-Quran, Hadith And Islamic Scholars. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(9), 3152–3159.
Borba, M. (2008). Membangun kecerdasan moral. Gramedia Pustaka Utama.
Darmayasa, 2014. Bhagavad Gîtâ (Nyanyian Tuhan), Denpasar: Yayasan Dharma Sthapana
Dedih, U. (2018). Adolescent Moral Development in Families. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 63–76.
Dedih, U., Zakiyah, Q. Y., & Melina, J. O. (2019). Perhatian orang tua dalam pendidikan keagamaan anak di rumah hubungannya dengan perilaku mereka di lingkungan sekolah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(1), 1–19.
Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414–431.
Fauzi1, C., Sari, S. M., KartikaWaruwu, W. A., Putra4, H., & Dewi5, R. (2019). Community Character Education Society 5.0 and Future Management. IC2RSE2019, 597.
Handayani, F., & Hasanah, A. (2020). Model pengelolaan pendidikan karakter di sekolah pada masa pandemi. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 1(2), 145–156.
Krishna, Ananda, 2015. Bhagavad Gîtâ Bagi Orang Modern, Jakarta: Gramedia
Maswinara, I Wayan, 1997. Srimad Bhagavad Gîtâ , Surabaya: Paramita
Mujirah, Gatot Wibowo, I. N. S. (2021). PENGARUH AJARAN TRI GUNA DALAM MENINGKATKAN BUDHI PEKERTI ANAK DI TK SARI MEKAR BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Jawa Dwipa, 2(1), 34–49. https://doi.org/https://doi.org/10.54714/jd.v2i1.36
Santiawan, I. N., & Supriyoko. (2022). Analisis Manajemen Pasraman Dalam Mewujudkan Sisya Yang Cerdas Berbudaya Pada Pasraman Padma Bhuana Saraswati Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, 4(3), 348–361. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i3.11730
Prabhupada, Swami. 1986. Bhagawad Gîtâ Menurut Aslinya (Bhagavadgita As It Is), Jakarta : Yayasan Bhaktivedanta
Putra, Ngakan Putu, 2016. Membangun Karakter Dengan Keutamaan Bhagavad Gita, Jakarta: Media Hindu
Published
2022-09-26
How to Cite
Setyaningsih. (2022). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KITAB BHAGAWADGITA. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 27(2), 157-174. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v27i2.188
Section
Articles