MENGKONSTRUKSI TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU

  • Sujaelanto Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
Keywords: Tujuan Pembelajaran, Pendidikan Agama Hindu

Abstract

Tujuan pembelajaran dirancang oleh guru untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar. Tujuan pembelajaran digunakan untuk dasar evaluasi dan memberikan arahan bagi guru untuk melakukan proses belajar mengajar serta sebagai media untuk menyampaikan tujuan kepada orang lain yakni siswa, orang tua, sekolah ataupun masyarakat yang relevan. Dalam pendidikan formal, tujuan pembelajaran terintegrasi didalam rencana pembelajaran semester. Mengunstruksi tujuan pembelajaran bagi seorang guru merupakan hal yang biasa dilakukan, namun akan menjadi tidak terbiasa ketika seorang guru tidak memahami bagaimana cara mengunstruksi tujuan pembelajaran dan bagaimana untuk memulainya. Langkah yang ditempuh untuk menyusun tujuan pembelajaran adalah diawali dengan memahami standar kompetensi  dan kompetensi dasar. Kompetensi dasar dijabarkan dengan melakukan pertanyaan ; Kemampuan apa saja yang harus dimiliki siswa agar standar kompetensi  dapat dicapai. Kemudian jawaban pertanyaan tersebut di identifikasi dan kemudian menyusun indikatornya. Rumuskan dalam bentuk produk belajar bukan proses belajar,  rumuskan dalam tingkah laku siswa bukan prilaku guru. Indikator hendaknya merupakan penjabaran dari kompetensi dasar yang menunjukan tanda-tanda, perbuatan atau respon yang dilakukan atau ditampilkan oleh peserta didik. Rumusan indikator hendaknya menggunakan kata kerja operasional yang bisa diukur atau dapat diobservasi. Tujuan pembelajaran dinarasikan dengan kalimat aktif.

 

References

https://blog.kejarcita.id/cara-merumuskan-tujuan-pembelajaran-yang-baik
https://www.kompasiana.com/ pengertian-tujuan-pembelajaran.
H M Sukardi.MS.Ph.D.Prof. 2008.Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Dik Das Men.
Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Kemendikbud.2017.Buku Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 1.
Kemendikbud.2017.Buku Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 2.
Kemendikbud.2018.Buku Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 3.
Kemendikbud.2017.Buku Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi pekerti Kelas 4.
Kemendikbud.2017.Buku Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 5.
Kemendikbud.2018.Buku Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 6.
Kemendikbud.2017.Buku Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 7.
Kemendikbud.2017.Buku Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 8.
Kemendikbud.2018.Buku Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 9.
Published
2022-09-26
How to Cite
Sujaelanto. (2022). MENGKONSTRUKSI TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU . Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 27(2), 269-280. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v27i2.199
Section
Articles