UPAYA GURU PASRAMAN DALAM MELATIH SATWIKA YADNYA PADA SISWA PASRAMAN DI PASRAMAN BRAHMA GOVINDA DESA SREBEGAN KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN
Abstract
Penelitian Upaya Guru dalam Melatih Satwika Yadnya pada Siswa Pasraman di Pasraman Brahma Govinda Desa Srebegan Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten ini, dilatar belakangi dari ketertarikan peneliti terhadap Satwika Yadnya upaya guru dalam melatih Satwika Yadnya pada siswa pasraman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana upaya guru dalam melatih Satwika Yadnya di pasraman; Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam upaya guru dalam melatih Satwika Yadnya di Pasraman Brahma Govinda Desa Srebegan Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten; Apa Hasil dari Upaya Guru dalam melatih Satwika Yadnya pada siswa pasraman di Pasraman Brahma Govinda Desa Srebegan Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Upaya guru dalam melatih Satwika Yadnya di pasraman itu melalui pembiasan, mengajarkan tentang berdana punia, bersembahyang sebelum memulai kegiatan; faktor pendukung dan penghambat guru dalam melatih Satwika Yadnya di pasraman yaitu faktor pendukungnya sendiri itu guru harus sabar dan tidak terbebani, sarana dan prasarana yang mendukung dan faktor penghambatnya yaitu guru harus memahami sifat dan karakter siswa pasraman yang berbeda-beda; dan Hasil dari Upaya Guru dalam melatih Satwika Yadnya pada siswa Pasraman di Pasraman Brahma Govinda adalah siswa sudah bisa berdana punia, melakukan sembahyang sebelum memulai kegiatan.
References
Anwar, Dessy. 2011. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Adhitma.
Depatemen Pendidikan Nasional, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jkt: Balai Pustaka.
Iqbal, H. 2002. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta : Gihalva Indonesia
I Nyoman Santiawan. (2021). Mutu Pasraman Padma Bhuana Saraswati Ditinjau Dari 7 Prinsip Manajemen Mutu Iso 9001-2015. Jurnal Pusat Penjaminan Mutu, 2(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurnalmutu/article/view/1332/1040
I Nyoman Santiawan, I. N. W. (2020). Upaya Pasraman Padma Bhuana Saraswati Dalam Mewujudkan Sisyayang Cerdas Berbudaya. Bawi Ayah, 11(1), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.33363/ba.v11i1.455
Mujirah, Gatot Wibowo, I. N. S. (2021). Pengaruh Ajaran Tri Guna Dalam Meningkatkan Budhi Pekerti Anak Di Tk Sari Mekar Banguntapan Bantul Yogyakarta. Jawa Dwipa, 2(1), 34–49. https://doi.org/https://doi.org/10.54714/jd.v2i1.36
Milles, Matthew B., dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Moch. Uzer Usman. 1996. Menjadi Guru Profesionalitas, PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007, Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan
Saleh, Abdul Rachman. 2006. Pendidikan Agama dan Membangun Watak Bangsa. Jakarta: Raja Grafindo.
Santiawan, I. N., & Supriyoko. (2022). Analisis Manajemen Pasraman Dalam Mewujudkan Sisya Yang Cerdas Berbudaya Pada Pasraman Padma Bhuana Saraswati Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, 4(3), 348–361.
https://doi.org/10.30738/mmp.v4i3.11730
Sariani, R. 2020. Peranan Pasraman Dalam Meningkatkan Sradha Dan Bhakti Anak-Anak 1(2).
Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://jurnal.ekadanta.org. Diakses 03 April 2022
Tim Penyusun KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.2005
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 12 ayat (4), Pasal 30 ayat (5), Pasal 37 ayat (3)
Winanti, N.P, 2021. Pasraman Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Budaya Dan Spiritualitas , 5 (2).
https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/JPAH. Diakses tanggal 03 April 2022
Wiyani, Novan Ardy. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Yogjakarta: Arruzz Media.
Yhani, PCC. 2018. Pelaksanaan Pasraman Kilat Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Desa Bengkala Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng.
https://ejournal.iahntp.ac.id. Diakses 03 April 2022.
https://dosen.perbanas.id/behaviorisme-dalam-pendidikan/?print=print. Diakses tanggal 02 April 2022 https://erepo.unud.ac.id. “Implementasi Yadnya Sesa sesuai Sastra Agama Hindu”. Diakses 07 April 2022
https://kabardewata.com/berita/berita-utama/sosial/jenis-jenis-dan-manfaat-dana-puniamenurut-hndu-bali.html. Diakses pada 27 September 2022.
Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke Widya Aksara sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam database dan pengirimannya oleh segala bentuk atau media, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll., Hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari Widya Aksara. Namun, Penulis memiliki hak untuk yang berikut:
1. Duplikat semua atau sebagian dari materi yang diterbitkan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai instruksi kelas atau materi presentasi verbal di berbagai forum;
2. Menggunakan kembali sebagian atau seluruh bahan sebagai kompilasi bahan untuk pekerjaan penulis;
3. Membuat salinan dari materi yang diterbitkan untuk didistribusikan di dalam institut tempat penulis bekerja.
STHD Klaten dan Widya Aksara melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan diterbitkan dalam jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Widya Aksara adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.