ANALISIS KOMPETENSI GURU DI ABAD 21

  • Dewi Ayu Wisnu Wardani Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Putu Budiadnya Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
Keywords: Kata Kunci : Kompetensi Guru, Abad 21

Abstract

Sejak Pandemi Covid-19 mengalami perubahan dari semua lini kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan penggunaan teknologi diharuskan dalam proses belajar mengajar. Metode Penelitian dengan melakukan literature review dari beberapa artikel baik internasional maupun nasional yang dicari menggunakan google scholar dan publish or perish, 9 artikel dengan kata kunci kompetensi guru, pedagogik. Hasil review menyebutkan Guru harus mengembangkan kompetensi profesional sesuai dengan perkembangan jaman, situasi yang disebabkan oleh Covid-19 telah menyebabkan tren percepatan digitalisasi dan proses integrasi TIK di dalam kelas. Guru juga dituntut selalu mengembangkan strategi, metode dalam pembelajaran agar siswa dapat mengembangkan keterampilan Abad 21 yang biasa disebut dengan 4C berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication) dan berkolaborasi (collaboration). Pelatihan profesional dan penelitian berkelanjutan tentang kebutuhan guru sangat penting untuk mencapai homogenitas kompetensi dan bahwa jaringan yang mendukung harus dibentuk untuk mendorong kemitraan aktif antara guru dan lembaga pendidikan. Dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru dapat melalukan kegiatan seperti membaca sumber-sumber teknik mengajar, melakukan tinjauan karya tulis ilmiah, melakukan pembelajaran bervariasi, mengikuti berbagai pelatihan, melihat berita tentang pendidikan ataupun kajian pedagogik, serta mempraktekkan keterampilan-keterampilan dasar mengajar di kelasnya.

 

References

Daryanto & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta : Gava Media

Darling-Hammond, L. (2006). Constructing 21st-century teacher education. Journal of Teacher Education, 57(3), 300-314.

Evgenia A. Yurinova, Olga G. Byrdina, Svetlana G. Dolzhenko. (2022) Transprofessional competences of school teachers in the digital environment:education employers’perspective. Eucation and Information Technologies, 27:1841-1863. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10687-w

Hewitt, J. (2008) Reviewing the handbook of technological pedagogical content knowledge (TPACK) for educators. Canadian Journal of Science, Mathematics, and Technology Education, 8 (4), 355-360.

Hu Hengzhi. (2022) Examining Teacher Competencies in Content and Language Integrated Learning:Professional Profiles and Ways Forward. Rupthaka. Vol. 14, No. 2. https://doi.org/10.21659/rupkatha.v14n2.26

Ima Nurwahidah, Tatang Muhtar. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Pasca Pandemi Covid-19. Basicedu Journal of Elementary Education, volume 6 No. 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3113

Koehler, M.(2012, September 24). The Seven Components of TPACK [NGO]. TPACK ORG. http://www.tpack.org/.

Sainuddin, S., Subali, B., Jailani, Elvira, M. (2022). The development and validation prospective mathematics teachers holistic assessment tools. Ingénierie des Systèmes d’Informatio, Vol. 27, No. 2, pp. 171-184. https://doi.org/10.18280/isi.270201

Suyanto, S. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek (SNPBS) Ke-IV 2019, IV.
Published
2023-03-06
How to Cite
Dewi Ayu Wisnu Wardani, & Putu Budiadnya. (2023). ANALISIS KOMPETENSI GURU DI ABAD 21. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 28(1), 62-69. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v28i1.211
Section
Articles