ANALISIS KOMPETENSI GURU DI ABAD 21
Abstract
Sejak Pandemi Covid-19 mengalami perubahan dari semua lini kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan penggunaan teknologi diharuskan dalam proses belajar mengajar. Metode Penelitian dengan melakukan literature review dari beberapa artikel baik internasional maupun nasional yang dicari menggunakan google scholar dan publish or perish, 9 artikel dengan kata kunci kompetensi guru, pedagogik. Hasil review menyebutkan Guru harus mengembangkan kompetensi profesional sesuai dengan perkembangan jaman, situasi yang disebabkan oleh Covid-19 telah menyebabkan tren percepatan digitalisasi dan proses integrasi TIK di dalam kelas. Guru juga dituntut selalu mengembangkan strategi, metode dalam pembelajaran agar siswa dapat mengembangkan keterampilan Abad 21 yang biasa disebut dengan 4C berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication) dan berkolaborasi (collaboration). Pelatihan profesional dan penelitian berkelanjutan tentang kebutuhan guru sangat penting untuk mencapai homogenitas kompetensi dan bahwa jaringan yang mendukung harus dibentuk untuk mendorong kemitraan aktif antara guru dan lembaga pendidikan. Dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru dapat melalukan kegiatan seperti membaca sumber-sumber teknik mengajar, melakukan tinjauan karya tulis ilmiah, melakukan pembelajaran bervariasi, mengikuti berbagai pelatihan, melihat berita tentang pendidikan ataupun kajian pedagogik, serta mempraktekkan keterampilan-keterampilan dasar mengajar di kelasnya.
References
Darling-Hammond, L. (2006). Constructing 21st-century teacher education. Journal of Teacher Education, 57(3), 300-314.
Evgenia A. Yurinova, Olga G. Byrdina, Svetlana G. Dolzhenko. (2022) Transprofessional competences of school teachers in the digital environment:education employers’perspective. Eucation and Information Technologies, 27:1841-1863. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10687-w
Hewitt, J. (2008) Reviewing the handbook of technological pedagogical content knowledge (TPACK) for educators. Canadian Journal of Science, Mathematics, and Technology Education, 8 (4), 355-360.
Hu Hengzhi. (2022) Examining Teacher Competencies in Content and Language Integrated Learning:Professional Profiles and Ways Forward. Rupthaka. Vol. 14, No. 2. https://doi.org/10.21659/rupkatha.v14n2.26
Ima Nurwahidah, Tatang Muhtar. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Pasca Pandemi Covid-19. Basicedu Journal of Elementary Education, volume 6 No. 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3113
Koehler, M.(2012, September 24). The Seven Components of TPACK [NGO]. TPACK ORG. http://www.tpack.org/.
Sainuddin, S., Subali, B., Jailani, Elvira, M. (2022). The development and validation prospective mathematics teachers holistic assessment tools. Ingénierie des Systèmes d’Informatio, Vol. 27, No. 2, pp. 171-184. https://doi.org/10.18280/isi.270201
Suyanto, S. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek (SNPBS) Ke-IV 2019, IV.
Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke Widya Aksara sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam database dan pengirimannya oleh segala bentuk atau media, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll., Hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari Widya Aksara. Namun, Penulis memiliki hak untuk yang berikut:
1. Duplikat semua atau sebagian dari materi yang diterbitkan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai instruksi kelas atau materi presentasi verbal di berbagai forum;
2. Menggunakan kembali sebagian atau seluruh bahan sebagai kompilasi bahan untuk pekerjaan penulis;
3. Membuat salinan dari materi yang diterbitkan untuk didistribusikan di dalam institut tempat penulis bekerja.
STHD Klaten dan Widya Aksara melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan diterbitkan dalam jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Widya Aksara adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.