PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SEKOLAH DASAR

  • Ni Ketut Erna Muliastrini STKIP Agama Hindu Amlapura
  • Ni Nyoman Lisna Handayani STAH N Mpu Kuturan Singaraja
Keywords: Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Pendidikan Karakter

Abstract

Selama ini pelaksanaan pendidikan hanya berorientasi pada aspek koginitif (kecerdasan intelektual) siswa, sehingga kecerdasan emosional siswa tidak berkembang dengan baik yang berimplikasi terhadap degradasi moral siswa. kecerdasan emosional adalah kemampuan siswa dalam mengelola emosi yang dimiliki yang dapat mengarahkan siswa untuk bersikap dan berprilaku dengan tepat sesuai dengan kondisi-kondisi tertentu. Ada beberapa aspek kecerdasan emosional yaitu mengenali emosi diri, menglola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenal emosi orang lain (empati) dan membina hunungan.  Kecerdasan emosional penting untuk di pupuk dan dikembangkan pada siswa di sekolah dasar karena pada usia sekolah dasar emosi anak mudah dibentuk. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan emosional siswa adalah dengan menerapkan pendidkan karakter. Dengan pendidkan karakter siswa di sekolah dasar akan cerdas emosinya serta hasil belajarnya akan semakin meningkat.

 

 

References

Bariyyah, K & Latifah, L. 2019. Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 4 (2). 68-75.
Goleman, Daniel. 1995. Emotional Intelligence. New York: Bantam Books.
Goleman, D. 2007. Emotional Intelligence, Kecerdasan emosional Mengapa EI Lebih Penting dari IQ. Alih bahasa: T Hermaya. Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama.
Indaayu, P. 2017. Peran Pendidikan Karakter Dalam Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. 1 (1). 344-347.
Indriawati, P. 2018. Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Balikpapan. Jurnal Pendidikan Edutama. 5 (2). 1-9.
Kemko Kesra RI. (2010). Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta.
Khodijah, Nyanyu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Arruzmedia.
Labudasari, E. & Sriastria, W. Perkembangan Emosi Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon.
Lestari, P dkk. Tingkat Kecerdasan Emosi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Konseling Koperhensif. 6 (1). 11-20.
Muslich, Masnur. 2014. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.Jakarta:Bumi Aksara.
Mujirah, Gatot Wibowo, I. N. S. (2021). Pengaruh Ajaran Tri Guna Dalam Meningkatkan Budhi Pekerti Anak Di Tk Sari Mekar Banguntapan Bantul Yogyakarta. Jawa Dwipa, 2(1), 34–49. https://doi.org/https://doi.org/10.54714/jd.v2i1.36
Primasari, G, dkk. 2019. Pendidikan Karakter Bagi Generasi Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Ramdhanti, M, dkk. 2019. Pembentukan Karakter Dalam Pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time). Jurnal Educate. 4 (1). 10-17.
Shapiro, Lawrence E. 1997. Menagajarkan Emotional Intellegence Pada Anak (Alih Bahasa Alex Tri Kantjono). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sumantri, S. M. 2015. Pengantar Pendidikan. Hakikat Manusia dan Pendidikan. MKDK4001/MODUL 1.
Utami, W. S. 2019. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan. 4 (1). 63-66.
Zulaikah, S. 2019. Penguatan Pendidikan Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 10 (1). 83-93.
Published
2023-03-06
How to Cite
Ni Ketut Erna Muliastrini, & Ni Nyoman Lisna Handayani. (2023). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SEKOLAH DASAR. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 28(1), 70-79. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v28i1.212
Section
Articles