NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM BHAGAVAD GITA

  • Mardwiatmoko SMPN 1 Permata Kecubung, Sukamara, Kalimantan Tengah
Keywords: Kata Kunci : Pendidikan Agama Hindu, Bhagavad Gita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Agama Hindu dalam Bhagawad Gita, terutama nilai-nilai yang dimuat dalam tri kerangka agama Hindu. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research). Sumber data primer diperoleh dari Pustaka Suci Bhagavad Gita Menurut Aslinya, sedangkan sumber data skunder diperoleh dari buku-buku, artikel ilmiah dari jurnal online, dan karya tulis lainnya. Hasil penelitian menemukan bahwa nilai-nilai pendidikan agama hindu yang terkandung dalam Bhagavad Gita adalah nilai Tattwa, Susila dan Acara/Upacara. Nilai Tattwa meliputi Widhi Tattwa, Atma Tattwa, Karma Phala Tattwa, Punarbhawa Tattwa dan Moksa Tattwa. Nilai susila dalam Bhagavad Gita mengajarkan tentang moralitas atau kesusilaan merupakan pondasi yang kokoh untuk membangun kesuksesan dalam kehidupan material maupun rohani. Nilai upacara yang memuat dasar pelaksanaan yadnya sesa yang sering disebut dengan istilah ngejot atau banten saiban , serta pengetahuan tentang yadnya yang lahir dari kerja dan kerja mempunyai pondasi kepada Brahman.

 

References

Candrawan, I. G. (2020). Praktik Moderasi Hindu Dalam Tri Kerangka Agama Hindu Di Bali. Prosiding Seminar Nasional Moderasi Beragama STHD Klaten. 1, hal. 131. Klaten: STHD Klaten. Diambil kembali dari http://www.prosiding.sthd-jateng.ac.id/index.php/psthd/article/view/37
Indah Sari, N. K. (2020). Saguna Brahman dalam Teks Kaṭha Upaniṣad dan Implementasinya Bagi Praktik Agama Hindu di Bali. Jurnal Pangkaja Program Pascasarjana IHDN, 23, 84. Diambil kembali dari http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PJAH/article/view/2079
Mustawan, M. D. (2022). Implementasi Tri Kerangka Dasar Agama Hindu Guna Meningkatkan Sraddha Dan Bhakti Pemuda Hindu Dusun Silirsari, Desa Kesilir, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi. Widya Aksara, 107. doi:https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v27i1.182
Artaye, K. (2022, Juli 18). Yadnya. Dipetik Februari 4, 2023, dari Kementerian Agama Republik Indonesia: https://kemenag.go.id/
Bhandesa , A. M., Suwindia, I., & Donder, I. (2017). Kajian Nilai Pendidikan Agama Hindu Dalam Kitab Sārasamuccaya. Jurnal Penelitian Agama Hindu IHDN, 1. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/profile/Asthadi-Bhandesa/publication/321450989_Kajian_Nilai_Pendidikan_Agama_Hindu_Dalam_Kitab_Sarasamuccaya/links/5a2223504585155dd41adcd5/Kajian-Nilai-Pendidikan-Agama-Hindu-Dalam-Kitab-Sarasamuccaya.pdf
Kemenuh, I. A. (2020). Ajaran Karma Phala Sebagai Hukum Sebab Akibat Dalam Hindu. Pariksa : Jurnal Hukum Agama Hindu, 22.
Marselinawati, P. S. (2019). Filsafat Ketuhanan Dalam Bhagavad Gita. Genta Hredaya, 3, 58. doi:https://doi.org/10.55115/gentahredaya.v3i1.450
Marsono, Darna, I. W., Astawa, I. N., Kiriana, I. N., & Suwadnyana, I. w. (2020). Modul Tattwa. Denpasar: Kementerian Agama Republk Indonesia Dirjen Bimas Hindu IHDN.
Mujirah, Gatot Wibowo, I. N. S. (2021). Pengaruh Ajaran Tri Guna Dalam Meningkatkan Budhi Pekerti Anak Di Tk Sari Mekar Banguntapan Bantul Yogyakarta. Jawa Dwipa, 2(1), 34–49. https://doi.org/https://doi.org/10.54714/jd.v2i1.36
Murniti , W., & Suadnyana, I. (2018). Ethos Kerja Hindu Dalam ”Bhagawadgita”. Pariksa: Jurnal Hukum Agama Hindu, 2, 56. doi:https://doi.org/10.55115/pariksa.v2i2.712
Prabhupada , A. (2006). Bhagavad Gita Menurut Aslinya. (Tim Penerjemah, Penerj.) Jakarta: Hanuman Sakti, Lisensi The Bhaktivedanta Book Trust International, Inc.
Saitya , I. S., & Sari, N. R. (2021). Implementasi Ajaran Bhakti Marga Yoga Di Bali. Shaptika : Jurnal Teologi, 12, 86. doi:https://doi.org/10.25078/sp.v12i1.2138
Sanusi, A. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sudarsana, I. (2018). Pengantar Pendidikan Agama Hindu. Academia. Diambil kembali dari https://www.academia.edu/download/55440558/Pengantar_Pendidikan_Agama_Hindu.pdf
Sudarsana, I. P. (2001). Ajaran Agama Hindu : Makna Upacara Bhuta Yadnya. Denpasar: Yayasan Dharma Acarya.
Sudiarja, A. (2012). Membaca Bhagavad Gita Bersama Prof. R.C. Zaehner. Yogyakarta: Sanatana Dharma University Press.
Sueca, I., Anggreni, N. M., Arimi, I. A., & Sukerni, N. M. (2020). Modul Weda. Jakarta:: Kementerian Agama Republik Indonesia Dirjen Bimas Hindu.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sumertini, N. (2021). Filsafat Manusia dalam Bhagavad Gita. SANJIWANI: Jurnal Filsafat, 12, 48. doi:https://doi.org/10.25078/sjf.v12i1.1991
Suryani, N. A. (2020). Implementasi Yadnya Sesa Sesuai Sastra Agama Hindu. Makalah, UPT-PPKB Universitas Udayana, Denpasar. Dipetik Februari 17, 2023, dari http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/33817/1/1caf762592186554ed2b95e75c46fcdc.pdf
Sutarsih. (2016, Februari 22). Yantra dan Tantra. Dipetik Februari 3, 2023, dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah: https://balaibahasajateng.kemdikbud.go.id/
Published
2023-03-06
How to Cite
Mardwiatmoko. (2023). NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM BHAGAVAD GITA. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 28(1), 88-100. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v28i1.214
Section
Articles