ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA PASRAMAN VIDYA STHANA SURANADI

  • Putu Asri Tirtawati Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • I Nyoman Wijana Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • I Wayan Rudiarta Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran, Pasraman

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan analisis dan kajian terkait Manajemen Pembelajaran pada Pasraman Vidya Sthana Suranadi. Manajemen pembelajaran tidak hanya berlaku pada pendidkan formal akan tetapi juga pada pendidikan non formal. Sebagaimana yang diterapkan di Pasraman Vidya Sthana Suranadi. Permasalah yang diangkat pada penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran pada Pasraman Vidya Sthana Suranadi, (2) pelaksanaan pembelajaran pada Pasraman Vidya Sthana Suranadi, (3) evaluasi pembelajaran pada Pasraman Vidya Sthana Suranadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif atau metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Temuan penelitian ini didukung oleh teori kebutuhan (Maslow) dan teori Manajemen Pembelajaran. Hasil penelitian ini ditemukan: Pertama perencanaan pembelajaran pada Pasraman dilaksanakan 5 mata pelajaran antara lain Pendidikan Agama Hindu, Aksara Bali, Yoga Asanas, Seni Tari dan Bahasa Inggris. Perencanaan pembelajaran pada Pasraman terdapat beberapa komponen yaitu: tenaga pendidik, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, keuangan, dan penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran. Kedua pembelajaran dilaksanakan setiap hari Minggu sore dengan mata pelajaran yang berbeda setiap minggunya, dalam kegiatan belajar mengajar acarya melakukan 3 kegiatan inti yaitu: membuka pelajaran, memberikan materi, dan menutup pelajaran. Ketiga evaluasi pemebelajaran dilaksanakan dengan tanya jawab, ulangan harian dan praktek untuk mengetahui tingkat pemahaman dari brahmacari. Terdapat kebijakan-kebijakan pada evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas Pasraman dari segi acarya dan brahmacari pasraman ini.

 

References

Arta, I. N. A., Ludang, Y., & Indrajaya, K. (2022). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Pasraman Widya Bakti di Yayasan Pura Pitamaha Kota Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 3(1), 8-15.
Ditjen Bimas Hindu. 2021. Kurikulum Pendidikan Keagamaan Pasraman Nonformal Anak-Anak (Bala), Remaja (Yowana), Dewasa (Praudha) dan Lansia (Wredha).
Fatzuarni, M. (2022). Artikel Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.
Jendra, I. Wayan. (2000). Metode Dharmawacana & Etika Berbicara Dalam Pembinaan.Denpasar: PT BP.
Nurstalis, N., Ibrahim, T., & Abdurrohim, N. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam‎ Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Islam Cendekia‎ Cianjur. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 63-76.
Purwananti, Y. S. (2016, May). Peningkatan kualitas pendidikan sebagai pencetak sumber daya manusia handal. In Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education) (pp. 220-229).
Rahayu, R., & Widiastuti, N (2018). Upaya Pengelola Taman Bacaan (Studi Kasus TBM Silayung Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang), Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 57-54
Rumiati, R. (2020, April). Tata Kelola Di Ra Hikmah Insani Kecamatan Matan Hilir Selatan Ketapang. InICRHD: Journal of Internantional Conference on Religion, Humanity and Development. 1(1), 175-188.
Soedijarto, S. (2008). Upaya Percepatan Peningkatan Kualifikasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal (Ptk-pnf). Jurnal Ilmiah Visi, 3(1), 30-33
Subagia, I. N. (2017). Keberadaan Pasraman Sebagai Penguatan Budaya Lokal Dikaitkan Dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007. VIDYA SAMHITA: Jurnal Penelitian Agama, 2(2).
Suryawan, I. G., & Sutama, I. W. (2020). Implikasi Peraturan Menteri Agama Nomor 56 Tahun 2014 Terhadap Perkembangan Pasraman. Widya Sandhi, 11(2), 95-110
Published
2023-09-15
How to Cite
Putu Asri Tirtawati, I Nyoman Wijana, & I Wayan Rudiarta. (2023). ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA PASRAMAN VIDYA STHANA SURANADI. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 28(2), 192-200. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v28i2.235
Section
Articles