PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUIS TEAM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 LINGSAR

  • I Made Agus Gunawan Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ni Wayan Rasmini Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ida Bagus Kade Yoga Pramana Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
Keywords: Kata Kunci: Metode Quis Team, Pendidikan dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat penerapan metode pembelajaran Quis Team, serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMAN 1 Lingsar yang dilatarbelakangi adanya dugaan mengenai rendahnya tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMAN 1 Lingsar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya variasi penggunaan metode pembelajaran oleh Guru. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperiment one group pretest-posttest design, menggunakan satu grup sampel yang diberikan tindakan berupa penerapan metode pembelajaran Quis Team metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) tertutup dan tes (pretest dan posttest). Teori yang digunakan dalam merumuskan hipotesis penelitian ini berupa teori beban kognitif, motivasi (Mc Clelland) dan kontruktivisme.

Teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu yang berjumlah 31 orang siswa. Hasil nilai Angket dan Tes dari 31 responden selanjutnya dilakukan uji prasyarat untuk mengetahui normalitas data dan homogenitas data, data yang berdistribusi normal selanjutnya dianalisis menggunakan uji statistik parametrik t-test. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tingkat penerapan metode pembelajaran Quis Team memiliki tingkat penerapan yang sangat tinggi, serta adanya perbedaan yang signifikan pada tingkat hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberikannya penerapan metode pembelajaran Quis Team. Hasil perhitungan menggunakan SPSS 26 menunjukan nilai t-hitung 12,693 > t-tabel 2,042 yang artinya signifikan. Hal tersebut diartikan penelitian ini menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis nol (H0) yang artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan metode pembelajaran Quis Team terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMAN 1 Lingsar.

 

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Herly Janet, L. 2018. Teori Belajar Sosial Albert Bandura. Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0

L. Silberman, M. 1996. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif (Revisi). Bandung: Nuansa Cendekia.

Maisaroh, & Rostrieningsih. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 7(2), 157–172.

Mardianti, I. E. K. A. 2018. Penggunaan Model TQ (Team Quis) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMPN 1 Timurjo.

McClelland, D. C. 1987. Human Motivation. New York: The Press Syndicate of The University Chambridge.

Putri, D. P. 2020. Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn, 4(4), 452–458.

Sari, F. F. 2022. Pembelajaran Dasar-Dasar Statistik Mengacu pada Teori Beban Kognitif (Cognitive Load Theory) untuk Meningkatkan Hasil Belajar, 10(2), 155–166.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujarwo. 2011. Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian dalam Memilih Strategi Pembelajaran. Jurnal.Uny.Ac.Id, 1–9.


Sweller, Ayres, & Kalyuga, S. 2011. Cognitive Load Theory. Newyork: Springer.

Tulsahidah, R. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Team Quis dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran FIQIH Materi Makanan Dan Minuman Minuman Halal dan Haram. Atthulab, III(1), 23–42.
Published
2023-09-15
How to Cite
I Made Agus Gunawan, Ni Wayan Rasmini, & Ida Bagus Kade Yoga Pramana. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUIS TEAM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 LINGSAR. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 28(2), 201-212. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v28i2.236
Section
Articles