PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUIS TEAM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 1 LINGSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat penerapan metode pembelajaran Quis Team, serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMAN 1 Lingsar yang dilatarbelakangi adanya dugaan mengenai rendahnya tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMAN 1 Lingsar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya variasi penggunaan metode pembelajaran oleh Guru. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperiment one group pretest-posttest design, menggunakan satu grup sampel yang diberikan tindakan berupa penerapan metode pembelajaran Quis Team metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) tertutup dan tes (pretest dan posttest). Teori yang digunakan dalam merumuskan hipotesis penelitian ini berupa teori beban kognitif, motivasi (Mc Clelland) dan kontruktivisme.
Teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu yang berjumlah 31 orang siswa. Hasil nilai Angket dan Tes dari 31 responden selanjutnya dilakukan uji prasyarat untuk mengetahui normalitas data dan homogenitas data, data yang berdistribusi normal selanjutnya dianalisis menggunakan uji statistik parametrik t-test. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tingkat penerapan metode pembelajaran Quis Team memiliki tingkat penerapan yang sangat tinggi, serta adanya perbedaan yang signifikan pada tingkat hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberikannya penerapan metode pembelajaran Quis Team. Hasil perhitungan menggunakan SPSS 26 menunjukan nilai t-hitung 12,693 > t-tabel 2,042 yang artinya signifikan. Hal tersebut diartikan penelitian ini menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis nol (H0) yang artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan metode pembelajaran Quis Team terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMAN 1 Lingsar.
References
Herly Janet, L. 2018. Teori Belajar Sosial Albert Bandura. Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0
L. Silberman, M. 1996. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif (Revisi). Bandung: Nuansa Cendekia.
Maisaroh, & Rostrieningsih. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 7(2), 157–172.
Mardianti, I. E. K. A. 2018. Penggunaan Model TQ (Team Quis) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMPN 1 Timurjo.
McClelland, D. C. 1987. Human Motivation. New York: The Press Syndicate of The University Chambridge.
Putri, D. P. 2020. Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn, 4(4), 452–458.
Sari, F. F. 2022. Pembelajaran Dasar-Dasar Statistik Mengacu pada Teori Beban Kognitif (Cognitive Load Theory) untuk Meningkatkan Hasil Belajar, 10(2), 155–166.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sujarwo. 2011. Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian dalam Memilih Strategi Pembelajaran. Jurnal.Uny.Ac.Id, 1–9.
Sweller, Ayres, & Kalyuga, S. 2011. Cognitive Load Theory. Newyork: Springer.
Tulsahidah, R. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Team Quis dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran FIQIH Materi Makanan Dan Minuman Minuman Halal dan Haram. Atthulab, III(1), 23–42.
Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke Widya Aksara sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam database dan pengirimannya oleh segala bentuk atau media, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll., Hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari Widya Aksara. Namun, Penulis memiliki hak untuk yang berikut:
1. Duplikat semua atau sebagian dari materi yang diterbitkan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai instruksi kelas atau materi presentasi verbal di berbagai forum;
2. Menggunakan kembali sebagian atau seluruh bahan sebagai kompilasi bahan untuk pekerjaan penulis;
3. Membuat salinan dari materi yang diterbitkan untuk didistribusikan di dalam institut tempat penulis bekerja.
STHD Klaten dan Widya Aksara melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan diterbitkan dalam jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Widya Aksara adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.