PENERAPAN METODE RESOURCE-BASED LEARNING DALAM PELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK MENINGKATKAN RESPON DAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI I BATU MEKAR KECAMATAN LINGSAR

  • Ni Kadek Putri Yuliani Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • I Nyoman Wijana Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
Keywords: Kata Kunci : Resource Based Learning, Hasil Belajar , Pendidikan Agama Hindu.

Abstract

Pembelajaraan Agama Hindu dan Budi Pekerti sangat penting bagi siswa, namun memiliki beberapa permasalahan pada saat proses pembelajaran. Kurangnya keseriusan siswa siswi menyerap materi ajar, kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis masalah dalam proses pembelajaran. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dengan Metode Resource Based Learning yang di kutip dari artikel (Lampuhyang et al., 2023) menjadi salah satu model pilihan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan budi pekerti di SD Negeri 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar. Sehingga peneliti tertarik meneliti mengenai proses Penerapan Metode Resource Based Learning Dalam Pelajaran Agama Hindu Untuk Meningkatkan Respon Dan Hasil Belajar Siswa SD Negeri I Batu Mekar Kecamatan Lingsar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah proses penerapan metode Resource-Based Learning terhadap respon pembelajaran siswa SDN Negeri 1 Batu Mekar. 2) Apa saja kendala kendala penerapan metode Resource-Based Learning pada respons belajar siswa di SDN 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon Siswa SD Negeri I Batu Mekar pada saatpenerapan metode Resource-Based Learning dalam pelajaran agama Hindu dan meningkatkanhasil belajar siswa SD Negri 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitiankualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Resource Based Learning, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawncara dan dokumentasi.

 Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa Penerapan Metode Resource Based Learning berpengaruh positif Dalam Pelajaran Agama Hindu Untuk Meningkatkan Respon Dan Hasil Belajar Siswa SD Negeri I Batu Mekar Kecamatan Lingsar. Kesimpulan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap evaluasi atau setiap semester dikarenakan menerapkan Resource Based Learning.

 

 

References

Ariyantini, P. (2016). Application Of Resource-Based Learning Method In Hindu Religion Lessons To Improve The Response And Learning Outcomes Of Grade V Students Of Sd Negeri I Tanjung Benoa, South Kuta District, Badung Regency For The 2014/2015 Academic Year. Ariyantini, Pera.
Lampuhyang, J., Mutu, L. P., Agama, S., & Amlapura, H. (2023). Penerapan Game Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Karangasem Tahun Pelajaran 2021/2022 Ni. Jurnal Lampuhyang, 14(1), 179–194.
Suardana, M. (2020). Efektivitas Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Agama Hindu. Journal Of Education Action Research, 4(2), 132–144.
Wahyuni, Y. S. (2020). Penggunaan Metode Resource Based Learning (Rbl) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pai Siswa Materi Hukum Bacaan Qalqalah Di Kelas Viii. 2 Smp Negeri 3 Pulau Rakyat Tahun Pelajaran 2018/2019. Ansiru Pai: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 4(2), 26–51.
Widana, K., Darma, I. W. W., & Gunawan, I. K. P. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Resource Based Learning (Rbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xii Pada Materi Weda Sebagai Sumber Hukum Hindu Di Sma Negeri 3 Singaraja. Arya Satya, 2(2).
Yanti, C. (2023). Penerapan Model Resource Based Learning Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Mi Negeri 2 Gowa. Student Research Journal, 1(2), 130–147.
Published
2023-09-15
How to Cite
Ni Kadek Putri Yuliani, & I Nyoman Wijana. (2023). PENERAPAN METODE RESOURCE-BASED LEARNING DALAM PELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK MENINGKATKAN RESPON DAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI I BATU MEKAR KECAMATAN LINGSAR. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 28(2), 247-258. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v28i2.240
Section
Articles