PENERAPAN METODE RESOURCE-BASED LEARNING DALAM PELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK MENINGKATKAN RESPON DAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI I BATU MEKAR KECAMATAN LINGSAR
Abstract
Pembelajaraan Agama Hindu dan Budi Pekerti sangat penting bagi siswa, namun memiliki beberapa permasalahan pada saat proses pembelajaran. Kurangnya keseriusan siswa siswi menyerap materi ajar, kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis masalah dalam proses pembelajaran. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dengan Metode Resource Based Learning yang di kutip dari artikel (Lampuhyang et al., 2023) menjadi salah satu model pilihan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pendidikan Agama Hindu dan budi pekerti di SD Negeri 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar. Sehingga peneliti tertarik meneliti mengenai proses Penerapan Metode Resource Based Learning Dalam Pelajaran Agama Hindu Untuk Meningkatkan Respon Dan Hasil Belajar Siswa SD Negeri I Batu Mekar Kecamatan Lingsar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah proses penerapan metode Resource-Based Learning terhadap respon pembelajaran siswa SDN Negeri 1 Batu Mekar. 2) Apa saja kendala kendala penerapan metode Resource-Based Learning pada respons belajar siswa di SDN 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon Siswa SD Negeri I Batu Mekar pada saatpenerapan metode Resource-Based Learning dalam pelajaran agama Hindu dan meningkatkanhasil belajar siswa SD Negri 1 Batu Mekar Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitiankualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Resource Based Learning, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawncara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa Penerapan Metode Resource Based Learning berpengaruh positif Dalam Pelajaran Agama Hindu Untuk Meningkatkan Respon Dan Hasil Belajar Siswa SD Negeri I Batu Mekar Kecamatan Lingsar. Kesimpulan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap evaluasi atau setiap semester dikarenakan menerapkan Resource Based Learning.
References
Lampuhyang, J., Mutu, L. P., Agama, S., & Amlapura, H. (2023). Penerapan Game Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 4 Karangasem Tahun Pelajaran 2021/2022 Ni. Jurnal Lampuhyang, 14(1), 179–194.
Suardana, M. (2020). Efektivitas Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Agama Hindu. Journal Of Education Action Research, 4(2), 132–144.
Wahyuni, Y. S. (2020). Penggunaan Metode Resource Based Learning (Rbl) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pai Siswa Materi Hukum Bacaan Qalqalah Di Kelas Viii. 2 Smp Negeri 3 Pulau Rakyat Tahun Pelajaran 2018/2019. Ansiru Pai: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 4(2), 26–51.
Widana, K., Darma, I. W. W., & Gunawan, I. K. P. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Resource Based Learning (Rbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xii Pada Materi Weda Sebagai Sumber Hukum Hindu Di Sma Negeri 3 Singaraja. Arya Satya, 2(2).
Yanti, C. (2023). Penerapan Model Resource Based Learning Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Mi Negeri 2 Gowa. Student Research Journal, 1(2), 130–147.
Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke Widya Aksara sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam database dan pengirimannya oleh segala bentuk atau media, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll., Hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari Widya Aksara. Namun, Penulis memiliki hak untuk yang berikut:
1. Duplikat semua atau sebagian dari materi yang diterbitkan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai instruksi kelas atau materi presentasi verbal di berbagai forum;
2. Menggunakan kembali sebagian atau seluruh bahan sebagai kompilasi bahan untuk pekerjaan penulis;
3. Membuat salinan dari materi yang diterbitkan untuk didistribusikan di dalam institut tempat penulis bekerja.
STHD Klaten dan Widya Aksara melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan diterbitkan dalam jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Widya Aksara adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.