MAKARO LEMAH : INTERNALISASI NILAI PADA GELAHANG DALAM PENCIPTAAN KOMPOSISI MUSIK GAMELAN GONG LUANG

  • I Komang Kusuma Adi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
  • I Putu Adi Saputra Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
Keywords: Kata Kunci : Makaro Lemah, Garap, Pada Gelahang, Gong Luang

Abstract

Adat dan budaya bangsa Indonesia begitu beragam dari Sabang sampai Merauke. Terkadang ragam nilai, makna, dan filosofinya menghadirkan inspirasi tersendiri yang pada gilirannya dapat menjadi alternatif dalam menyikapi dinamika dan kompleksitas kehidupan, tak terkecuali perihal penciptaan musik gamelan. Bahwa pergulatan ideologi penciptaan antar seniman telah menunjukan semacam sikap antipati sepihak terhadap estetika garap tradisi konvensional dan juga kontemporer. Padahal kedua estetika tersebut merupakan kekayaan yang perlu dikelola (swadikara) dan sekaligus menjadi tanggung jawab (swadharma) bagi para seniman agar eksistensi dan keberlanjutan musik dalam kehidupan masyarakat kian menemukan manfaatnya. Maka kemudian dilakukan langkah penciptaan komposisi musik dengan menginternalisasi nilai Pada Gelahang dari adat perkawinan masyarakat Hindu Bali ke dalam komposisi musik gamelan Gong Luang. Tujuannya adalah untuk menjaga eksistensi gamelan Gong Luang diantara gamelan golongan baru yang ada. Selain itu juga untuk memperkaya repertoar garap gending hasil dari penggabungan unsur-unsur garap tradisi dan kontemporer. Adapun metode penciptaan yang dilakukan yakni eksplorasi, improvisasi, dan forming. Bentuk akhir karya adalah komposisi kreasi baru yang diberi judul “Makaro Lemah”. Struktur komposisinya  terbagi menjadi tiga bagian, yang mana pada tiap bagian terdapat olahan-olahan permainan tempo, ritme, nada, dinamika yang kompleks dan sistematis. Terdapat pula vokal gerong dan akapela Cakepung, yang kemudian secara keseluruhan elaborasi ini memberi warna  dan kesan pertunjukan musik yang berbeda terkait Gong Luang sebagai warisan budaya gamelan golongan tua di Bali.

 

 

References

Adi, I Komang Kusuma.2015. Makaro Lemah.Skripsi Karya Penciptaan Seni. ISI Denpasar.
Alma M. Hawkins.1990. Mencipta Lewat Tari. University of California Los Angeles. Dialih bahasakan ke Bahasa Indonesia oleh Y. Sumandiyo Hadi. Seni Indonesia Yogyakarta. p.28.
Bandem, I Made.1986. Prakempa Sebuah Lontar Gambelan Bali. Denpasar: ASTI Denpasar.
Mustika, Pande Gede.1977/1979. dkk. Mengenal Beberapa Jenis Sikap dan Teknik Pukulan Dalam Gong Kebyar. Denpasar :Proyek Akademi Seni Tari Indonesia.
Rembang, Nyoman, dkk.1995. Deskripsi Karawitan Luang. Denpasar: Proyek Pembinaan Kesenian Kanwil Depdikbud Provinsi Bali Denpasar. Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Denpasar.
Pasek,I Nyoman,dkk.2011.Gong Luang Di Desa Singapadu Tinjauan Nilai-nilai Estetis Dan Ritualis.Dalam BHERI volume 10. Denpasar:Institut Seni Indonesia Denpasar.
Windia.2009.Perkawinan Pada Gelahang di Bali. Denpasar: Udayana University Press.
Published
2023-09-15
How to Cite
I Komang Kusuma Adi, & I Putu Adi Saputra. (2023). MAKARO LEMAH : INTERNALISASI NILAI PADA GELAHANG DALAM PENCIPTAAN KOMPOSISI MUSIK GAMELAN GONG LUANG . Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 28(2), 269-289. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v28i2.242
Section
Articles