Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mataram
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Mataram.
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti merupakan mata pelajaran wajib dalam dunia
pendidikan di Indonesia. Melalui mata pelajaran ini, siswa dibentuk dan diarahkan untuk
mengamalkan ajaran-ajaran Agama Hindu. Namun kerap kali siswa merasa bosan,
mengantuk, dan sulit memahami materi sehingga aktivitas pembelajaran tidak dapat
berlangsung dengan baik dan tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Adanya media
pembelajaran diharapkan dapat menjadi mediator dan alat bantu bagi siswa dan guru dalam
proses pembelajaran sehingga aktivitas pembelajaran bisa diefektifkan dan diefisienkan serta
tujuan pembelajaran dapat dicapai. Akan tetapi dalam bebeberapa penelitian sebelumnya,
fungsi dan manfaat media dalam pembelajaran tidak dapat dipenuhi sehingga peneliti
melakukan analisis pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi langsung non
partisipan, wawancara langsung terstruktur, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, analisis
data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan
hasil analisis data, disimpulkan bahwa adanya media pembelajaran dapat menunjang
keberhasilan pembelajaran. Media menjadikan proses pembelajaran lebih menarik, lebih
efektif dan efisien, dan lebih interaktif sehingga membuat siswa semangat dan antusias dalam
mengikuti aktivitas pembelajaran serta memudahkan siswa dalam memahami materi yang
diajarkan. Meskipun adanya media belum mampu membuat siswa selalu semangat, antusias,
fokus kedepan dan aktif bertanya.
References
Arab Maharah Kitabah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 318–323.
http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/501
Anam, K., Mulasi, S., & Rohana, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam
Proses belajar Mengajar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 2–4.
Arsana, I. K. S., Katili, A. Y., & . S. (2020). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dan
Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar di SMP Negeri 2 Gorontalo. Jurnal Dimensi
Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3), 153–162. https://doi.org/10.24269/dpp.v8i3.2051
Astuti, P. P., Rosmaini, Marbun, J., & Lestari, M. A. (2020). Analisis Penggunaan Media
Pembelajaran Powtoon Pada Materi Unsur Pembangun Puisi Kelas X TITl SMK Negeri
1 Percut Sei Tuan. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra
Indonesia (SemNas PBSI)-3 (Pp. 297-306). FBS Unimed Press., 297–306.
Jurnal Widya Aksara Vol. 29 No. 1 Maret 2024 40
http://digilib.unimed.ac.id/41254/1/Fulltext.pdf
Atqia, W., & Latif, B. (2021). Efektivitas Media Whatsapp Group dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Kabupaten Batang Pada Masa Pandemi Covid19. Edification, Edificatio. https://media.neliti.com/media/publications/374449-noned359a63d.pdf
Bambang, P. (2021). Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi Dengan LCD (Liquid Crystal
Display) Sebagai Media Pembelajarannya Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas VII di MTs Muhammadiyah Sukarame. Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan
Lampung.
Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk
Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar
Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1, 2018, 1(2005), 508–512.
Gunawan, I. G. D., & Saputra, P. . (2021). Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Agama
Hindu Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Purwadita : Jurnal Agama
Dan Budaya, 5(1), 43–50.
http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/view/1427
Hamid, M. A. dkk. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran/npLzDwAAQBAJ?hl=id&
gbpv=1&dq=media+pembelajaran+hamid&printsec=frontcover
Hasan, M. dkk. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Hutahaean, L. A., Siswandari, & Harini. (2019). Pemanfaatan E-Module Interaktif Sebagai
Media Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan
Pascasarjana UNIMED, 1(2018), 298–305. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38744
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.
https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Media_Pembelajaran/cCTyDw
AAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=media+pembelajaran&printsec=frontcover
Merliana, N. P. E. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Android Sebagai
Media dalam Pembelajaran Hindu. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 1(1), 37–53.
https://doi.org/10.33363/swjsa.v1i1.54
Nurfadillah, S. (2021). Media Pembelajaran. CV Jejak.
https://www.google.co.id/books/edition/MEDIA_PEMBELAJARAN_Pengertian_Media
_Pemb/zPQ4EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=media+pembelajaran&printsec=frontcov
er
Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran
Sejarah Berbasis Google Formulir Di Sma N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan
Jurnal Widya Aksara Vol. 29 No. 1 Maret 2024 41
Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19398
Rumangkang, R. (2022). Efektivitas Penggunaan Media LCD Projector dalam Proses
Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Smp Negeri 2 Bitung Kecamatan Madidir
Kota Bitung. … : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3, 25–31.
http://jurnal.stakam.ac.id/index.php/apolonius/article/view/88%0Ahttp://jurnal.stakam.ac
.id/index.php/apolonius/article/download/88/61
Sudarsana, I. K. dkk. (2018). Pengantar Pendidikan Agama Hindu.
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. CV Pustaka Abadi.
https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran/VJtlDwAAQBAJ?hl=id&
gbpv=1&dq=fungsi+media+pembelajaran&printsec=frontcover
Susanto, H., Irmanita, W., Syurbakti, M. M., & ... (2022). Analisis Penggunaan Media Digital
Dalam Pembelajaran Sejarah Daring Masa Pandemi Covid-19. Candrasangkala: Jurnal
Pendidikan Dan Sejarah, 8(1), 13–24.
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/view/14383
Umarella, S., Saimima, M. S., & Husein, S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses
Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237.
https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605
Wahyuliani, Y., Supriadi, U., & Anwar, S. (2016). Efektivitas Penggunaan Media
Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Pai Dan Budi Pekerti Di Sma Negeri 4 Bandung. TARBAWY : Indonesian Journal of
Islamic Education, 3(1), 22. https://doi.org/10.17509/t.v3i1.3457
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna
Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1),
23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran (Kedua). Prenada Media Grup.
https://www.google.co.id/books/edition/Media_dan_Teknologi_Pembelajaran_Edisi_K/g
0VIEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=media+pembelajaran+muhammad+yaumi&prints
ec=frontcover
Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke Widya Aksara sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam database dan pengirimannya oleh segala bentuk atau media, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll., Hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari Widya Aksara. Namun, Penulis memiliki hak untuk yang berikut:
1. Duplikat semua atau sebagian dari materi yang diterbitkan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai instruksi kelas atau materi presentasi verbal di berbagai forum;
2. Menggunakan kembali sebagian atau seluruh bahan sebagai kompilasi bahan untuk pekerjaan penulis;
3. Membuat salinan dari materi yang diterbitkan untuk didistribusikan di dalam institut tempat penulis bekerja.
STHD Klaten dan Widya Aksara melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan diterbitkan dalam jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Widya Aksara adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.