Implementasi Pendidikan Agama Hindu Dalam Membentuk Karakter Anak Pada Pratama Widya Pasraman Cahaya Saraswati Di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karangayar

  • Dewi Ayu Wisnu Wardani Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Krisni Prema Ayu Apsari Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
Keywords: Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan, Membentuk Karakter Anak

Abstract

Pendidikan karakter bertujuan untuk menciptakan individu masa depan yang
memperkuat nilai-nilai filosofis dan menginternalisasi karakter bangsa secara komprehensif.
Tujuan utama pendidikan adalah membentuk karakter yang lebih baik. Pendidikan agama
memainkan peran penting dalam pembentukan karakter manusia karena banyak mengandung
ajaran etika yang membantu peserta didik dalam mengembangkan karakter positif dalam
kehidupan sehari-hari. Pembentukan karakter sebaiknya dimulai sejak usia dini, seperti saat
anak masuk taman kanak- kanak atau Pratama Widya Pasraman. Sayangnya, pada
kenyataannya, pendidikan karakter yang seharusnya ditanamkan pada anak-anak usia dini
belum cukup mendalam, terutama dalam konteks pendidikan agama Hindu. Saat ini,
pendidikandi TK cenderung lebih fokus pada aspek akademik seperti membaca, menulis, dan
berhitung daripada pengembangan karakter berdasarkan ajaran agama Hindu. Jika pendidikan
karakter bukan menjadi prioritas utama di usia dini, baik di keluarga maupun di sekolah, tidak
mengherankan jika anak-anak usia dini cenderung menunjukkan perilaku yang tidak patuh
terhadap orang tua atau guru, serta terlibat dalam konflik fisik dengan teman-teman mereka.
Untuk mengatasi fenomena ini, penting untuk memasukkan pendidikan karakter ke dalam
pendidikan anak usia dini guna mencegah perilaku yang tidak diinginkan. Pratama Widya
Pasraman Cahaya Saraswati, sebagai salah satu TK dengan latar belakang Hindu,
menekankan pendalaman ajaran agama Hindu dalam kegiatan sehari-harinya. Salah satu
tujuannya adalah menanamkan nilai-nilai budi pekerti kepada anak-anak didiknya melalui
pelajaran pendidikan agama,sehingga mereka dapat mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam
kehidupan sehari-hari mereka.

References

Andani. 2016. Siswa PAUD babak belur dianiaya anak TK B. JawaTimur:Jawa
Pos.com.
Anonim, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta:GramediaPustaka
Utama.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Yogyakarta : Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Bagong & Sutinah.
2005. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : Kencana.
Bungin, Burhan. 2001. Metode Penelitian Sosial Format-formatKualitatif
danKuantitatif. Surabaya : Airlangga.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pembelajaran Kontestual. Jakarta.
Gegne, R. M. 1970. The Condition Of Learning. New York.
Hasan, M, Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi
Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia.
Kadir, Abdul. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta :Paradigma.
Koentjaraningrat. 1978. Metode-metode PenelitianMasyarakat. Jakarta :Gramedia
Jurnal Widya Aksara Vol. 29 No. 1 Maret 2024 153
Moleong, Lexy. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja RosdaKarya.
Nawawi, Hadari. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Jakarta : Dian Ni Kadek Gita
Laksmi, Setyaningsih. 2020. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu
Dalam Pembentukan Karakter Anak Hindu Di Sekolah Dasar Negeri Surakarta.
Jurnal Jawa Dwipa Volume 1 Nomor2
Ni Wayan Ramini Santika. 2018. Pendidikan Agama Hindu Sebagai Dasar Dalam
Pembentukan Karakter. Satya Widya:Jurnal Studi Agama
Rakyat Nurdin, Muhamad. 2004. Kiat Menjadi Guru Profesional. Jogyakarta :
Prisma Sophie.
Paramartha, Wayan.2015. Orasi Ilmiah: Revolusi Mental Melalui Internalisasi Nilai-Nilai
Pendidikan Agama Hindu Dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Denpasar
PHDI. 1997/1998. Himpunan Keputusan Kesatuan Terhadap Aspek Agama Hindu I-XV.
Proyek Peningkatan Pasraman dan Sarana Kehidupan Bangsa: Denpasar.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2007. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Raho, Bernard. 2007. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prestasi Pustaka. Ratna, Kutha. 2007.
Sastra dan Cultural Studies. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Niluh Ayu Laksmi, Trida Purwa Maduria. 2021. Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha
Pada Sisya Di Pratama Widya Pasraman Kumara Siddhi Ngawen Gunung Kidul. Jawa
Dwipa, 2(2), 136-146.
Rohman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang
Mediatama.
Sandika, Ketut. 2014. Membentuk Siswa Berkarakter Mulia Melalui Pola Pembelajaran
Pendidikan Agama Hindu. Denpasar:Paramita
Published
2024-03-05
How to Cite
Dewi Ayu Wisnu Wardani, & Krisni Prema Ayu Apsari. (2024). Implementasi Pendidikan Agama Hindu Dalam Membentuk Karakter Anak Pada Pratama Widya Pasraman Cahaya Saraswati Di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karangayar. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 29(1), 134-153. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v29i1.267
Section
Articles