PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA HINDU DI SMPN 7 MATARAM

  • Ni Made Ayu Trisna Aprilia Sari Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Nyoman Wijana
Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu, Sikap Toleransi, Siswa Hindu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Terhadap Sikap Toleransi Siswa Hindu Di SMPN 7 Mataram yang dilatar belakangi oleh banyak terjadinya kasus-kasus intoleran salah satunya dalam beragama, intoleran merupakan sikap yang tidak menghargai dan menghormati perbedaan latar belakang, keyakinan atau agama yang di anut oleh orang lain. Biasanya, intoleransi yang sering terjadi adalah antar umat beragama ini terjadi pada agama yang minoritas. Sikap intoleransi muncul akibat dari faktor eksternal maupun internal, seperti pengalaman pribadi, media massa dan lain sebagainya. Banyaknya kasus intoleran di lingkungan sekolah  yang juga akhirnya mengakibatkan  tindakan pembullyan terhadap siswa yang biasanya menjadi korban adalah siswa yang minoritas. Terdapat fenomena menarik yang terjadi di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kota Mataram yakni, SMPN 7 Mataram. Di sekolah ini Agama Hindu menjadi agama mayoritas kedua setelah Agama Islam, meskipun demikian siswa dan siswi Hindu di sekolah ini memiliki sikap toleransi yang tinggi terhadap teman yang minoritas, terlihat dari observasi awal yang peneliti lakukan siswa dan siswi Hindu baik di kelas maupun di luar kelas memiliki hubungan baik dengan teman yang minoritas maupun teman yang mayoritas. Siswa dan sisiwi Hindu berteman, bermain, dan berkomunikasi dengan baik antara satu dan lain. Tidak terlihat mengucilkan satu sama lain, hal ini mencerminkan kebalikan dari banyaknya kasus intoleran yang banyak terjadi di sekolah-sekolah. Sikap mau berteman dengan siapa saja mencerminkan penerapan dari ajaran yang terkandung di dalam Agama Hindu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teori yang digunakan dalam menyusun hipotesis penelitian ini yaitu teori pengembangan moral Lawrence Kohlberg dan teori pluralisme budaya  oleh Horace Kallen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 153 orang, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 107 orang yang merupakan siswa Hindu kelas VII. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakkan kuesioner. Dalam penelitian ini Skala Likert digunakan oleh peneliti untuk mengukur penilaian responden terhadap kuesioner yang telah diberikan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni uji prasyarat yang dilakukan dengan cara Uji Normalitas, Linearitas, dan Regresi Linier Sederhana. Hasil perhitungan dengan menggunakan bantuan program SPSS  Versi 23. menunjukkan bahwa t hitung>t tabel (3.966>1.663) maka H­o ditolak Ha  diterima. Artinya terdapat pengaruh antara pembelajaran pendidikan agama hindu dan budi pekerti terhadap sikap toleransi siswa hindu dengan kategori rendah dan hasil uji t diketahui nilai signifikansi sebesar 0.000<0.05 ini berarti terdapat pengaruh yang erat antara Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Terhadap Sikap Toleransi Siswa Hindu di SMPN 7 Mataram.

References

Agustianti, R., Pandriadi, Nussifera, L., & L, W. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV. Tohar Media.
Aprilina, F., & Sancaya, S. A. (2023). Peran Guru Bk Dalam Pencegahan Dan Penanganan Kasus Bullying Di Sekolah. 3(november), 1–9.
Devi, D. A. (2020). Toleransi Beragama.
Gunada, I. W. A., & Sutajaya, I. M. (2023). Pendidikan Agama Hindu Pada Paud Dan Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Perspektif Tri Hita Karana. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 167–180. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v2i2.801
Haryatmoko. (2024). Prinsip-Prinsip Etika. Gramedia Pustaka Utama.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. ANAK HEBAT INDONESIA.
Kusumaningtyas, E., Sugiyanto, Subagyo, E., & Adinugroho, W. C. (2022). Konsep dan Praktik Ekonometrika Menggunakan Eview. Academia Publication.
Lina, M. F. (n.d.). Aplikasi Online Untuk Mengajar Menulis Koresponden Berbahasa Inggris.
Pristanti, H., & Wulansari, K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Mahasiswa di Era Pandemic Covid 19. Literasi Nusantara Abadi.
Rasmini, N. W. (2023). Buku Ajar Statistik Pendidikan. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Riyanto, D. W. U., & Permana, G. I. (2022). Dampak Pemasaran Sosial Media dan Citra Merek Terhadap Nilai Beli. Pustaka Peradaban.
Rusli, H. (2023). Metode Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa. DOTPLUS.
Suparman, F. F. (2023). Menganut Penghayat Kepercayaan, Siswa SDN Jomin Barat 2 Cikampek Jadi Korban Bullying Guru. https://www-beritasatu-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.beritasatu.com/nusantara/1055689/menganut-penghayat-kepercayaan-siswa-sdn-jomin-barat-2-cikampek-jadi-korban-bullying-guru/amp?amp_gsa=1&_js_v=a9&usqp=mq331AQIUAKwASCAAgM%3D#amp_tf=Dari %251%24s&aoh
Titib, I. M. (2004). Keutamaan Manusia dan Pendidikan Budhi Pekerti. Paramita.
Wibowo, A. E. (2021). Metodologi Penelitian Pegangan Untuk Menulis Karya Ilmiah.
Published
2024-09-02
How to Cite
Ni Made Ayu Trisna Aprilia Sari, & Nyoman Wijana. (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA HINDU DI SMPN 7 MATARAM. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 29(2), 65-72. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v29i2.271
Section
Articles