DHARMASANTI AGEN PEMBELAJARAN

  • Sujaelanto Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Jawa Dwipa Klaten Jawa Tengah
Keywords: Dharmasanti, belajar

Abstract

Abstrak

 

Dharmasanti adalah rangkaian kegiatan hari suci Nyepi oleh umat Hindu di Indonesia. Pelaksanaan dharmasanti menyesuaikan dengan tingkatan dan kondisi umat Hindu. Dharmasanti merupakan kegiatan keagamaan Hindu yang bersifat profan yang didalamnya sarat sumber nilai pendidikan. Nilai pendidikan tidak serta merta diperoleh hanya dari pendidikan formal, tetapi dapat diperoleh disetiap saat, termasuk kegiatan dharmasanti yang kaya akan sumber pembelajaran. Apakah  kegiatan dharamsanti di Jenawi menjadi agen pembelajaran Hindu.  Penelitian ini dilakukan pada saat acara dharmasanti di Jenawawi Karanganyar pada bulan April  2024. Data diperoleh menggunakan observasi dan di analisis dengan teori social kognitif. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah Dharmasanti adalah metode pembinaan umat Hindu melalui kegiatan hari Nyepi. Rangkaian acara dharmasanti umat Hindu Jenawi meliputi pengisian melodi seni, penampilan tari, pembacaan weda wakya, melagukan Indonesia raya, pengucapan ikrar, sambutan dan dharmawaca. Rangkaian acara dharmasanti tidak saja disajikan untuk melengkapi kegiatan secara formal dan ritual, tetapi nilai-nilai terkandung disetiap sesi acara memberikan motivasi dan inspirasi umat Hindu dalam menjalankan sradha dan bakti kepada Tuhan, negara dan sesamanya.  Peran dharmasanti sebagai agen pembelajaran Hindu adalah sebagai fasilitator, motivator, pemberi inpirasi pembelajaran umat Hindu di Jenawai. Dharmasanti sebagai tempat untuk bersimakrama (silaturami) umat Hindu dengan para tokoh umat Hindu serta pemimpin wilayah untuk melaksanakan dharma agama dan dharma negara.

 

References

Ayu Widha Erlia.2023.Metode Pembelajaran Hindu Melalui Ajaran Sad Dharma. Jurnal Lampuhyang Vol. 14 No.2 Juli 2023 STKIP Amplapura.
Griffith.RTH.2005.Yaujur Weda Samhita.Paramita Surabaya.
Sri Muliati Abdullah.2019. Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review published in 1982-2012 .Journal Psikodimensia Vo.18 No 1 Juni 2019 Unika .
Tilaar, H AR. 2011. Peagogik Kritis: Perkembangan, Subtasni, dan Perkembangannya di Indonesia. Penerbit Rineka Cipta Jakarta.
Tirtarahardha. Prof.Dr. Umar.2005.Pengantar Pendidikan cetakan kedua revisi. Penerbit Rineka Cipta Jakarta.
https://www.kompas.com/tren/read/2023/03/15/093000465/hari-ini-dalam-sejarah--hari-raya-nyepi-ditetapkan-jadi-hari-libur-nasional.
https://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Gambyong
https://www.kompas.com/skola/read/2023/09/27/110000269/sumber-belajar--pengertian-dan-jenis-jenisnya
https://serupa.id/albert-bandura-social-learning-theory-teori-belajar-sosial/
https://serupa.id/teori-belajar-sosial/
https://dosenpsikologi.com/perkembangan-memori-pada-anak
Published
2024-09-02
How to Cite
Sujaelanto. (2024). DHARMASANTI AGEN PEMBELAJARAN. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 29(2), 37-46. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v29i2.274
Section
Articles