DHARMASANTI AGEN PEMBELAJARAN
Abstract
Abstrak
Dharmasanti adalah rangkaian kegiatan hari suci Nyepi oleh umat Hindu di Indonesia. Pelaksanaan dharmasanti menyesuaikan dengan tingkatan dan kondisi umat Hindu. Dharmasanti merupakan kegiatan keagamaan Hindu yang bersifat profan yang didalamnya sarat sumber nilai pendidikan. Nilai pendidikan tidak serta merta diperoleh hanya dari pendidikan formal, tetapi dapat diperoleh disetiap saat, termasuk kegiatan dharmasanti yang kaya akan sumber pembelajaran. Apakah kegiatan dharamsanti di Jenawi menjadi agen pembelajaran Hindu. Penelitian ini dilakukan pada saat acara dharmasanti di Jenawawi Karanganyar pada bulan April 2024. Data diperoleh menggunakan observasi dan di analisis dengan teori social kognitif. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah Dharmasanti adalah metode pembinaan umat Hindu melalui kegiatan hari Nyepi. Rangkaian acara dharmasanti umat Hindu Jenawi meliputi pengisian melodi seni, penampilan tari, pembacaan weda wakya, melagukan Indonesia raya, pengucapan ikrar, sambutan dan dharmawaca. Rangkaian acara dharmasanti tidak saja disajikan untuk melengkapi kegiatan secara formal dan ritual, tetapi nilai-nilai terkandung disetiap sesi acara memberikan motivasi dan inspirasi umat Hindu dalam menjalankan sradha dan bakti kepada Tuhan, negara dan sesamanya. Peran dharmasanti sebagai agen pembelajaran Hindu adalah sebagai fasilitator, motivator, pemberi inpirasi pembelajaran umat Hindu di Jenawai. Dharmasanti sebagai tempat untuk bersimakrama (silaturami) umat Hindu dengan para tokoh umat Hindu serta pemimpin wilayah untuk melaksanakan dharma agama dan dharma negara.
References
Griffith.RTH.2005.Yaujur Weda Samhita.Paramita Surabaya.
Sri Muliati Abdullah.2019. Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review published in 1982-2012 .Journal Psikodimensia Vo.18 No 1 Juni 2019 Unika .
Tilaar, H AR. 2011. Peagogik Kritis: Perkembangan, Subtasni, dan Perkembangannya di Indonesia. Penerbit Rineka Cipta Jakarta.
Tirtarahardha. Prof.Dr. Umar.2005.Pengantar Pendidikan cetakan kedua revisi. Penerbit Rineka Cipta Jakarta.
https://www.kompas.com/tren/read/2023/03/15/093000465/hari-ini-dalam-sejarah--hari-raya-nyepi-ditetapkan-jadi-hari-libur-nasional.
https://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Gambyong
https://www.kompas.com/skola/read/2023/09/27/110000269/sumber-belajar--pengertian-dan-jenis-jenisnya
https://serupa.id/albert-bandura-social-learning-theory-teori-belajar-sosial/
https://serupa.id/teori-belajar-sosial/
https://dosenpsikologi.com/perkembangan-memori-pada-anak
Copyright (c) 2024 Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke Widya Aksara sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam database dan pengirimannya oleh segala bentuk atau media, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll., Hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari Widya Aksara. Namun, Penulis memiliki hak untuk yang berikut:
1. Duplikat semua atau sebagian dari materi yang diterbitkan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai instruksi kelas atau materi presentasi verbal di berbagai forum;
2. Menggunakan kembali sebagian atau seluruh bahan sebagai kompilasi bahan untuk pekerjaan penulis;
3. Membuat salinan dari materi yang diterbitkan untuk didistribusikan di dalam institut tempat penulis bekerja.
STHD Klaten dan Widya Aksara melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan diterbitkan dalam jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Widya Aksara adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.