PENDIDIKAN DAN KESETARAAN: IMPLEMENTASINYA PADA SEKOLAH INKLUSI PERSPEKTIF FILSAFAT MANUSIA
Abstract
Inclusive education is being promoted to ensure equal education for all students, regardless of background or special needs. Human philosophy emphasises respect for each person's dignity and potential. Nevertheless, the execution of the notion of inclusive education frequently encounters intricate obstacles. This study examines how human philosophy values and principles might promote equality in inclusive schools. The research methodology employs a qualitative approach, primarily emphasising literature analysis and case studies. The literature analysis will examine inclusive education-related human philosophy principles and theories, while the case studies will examine how inclusive schools use these concepts. This research integrates theoretical and empirical data to better understand the relationship between human philosophy and inclusive education and promote more inclusive and humane educational practices. Inclusive education is an education that supports equality. Because basically, all humans need education as an effort to develop their talents and interests.
References
Aziz. (2023). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di Wilayah Binaan Bajo Kabupaten Luwu. Jurnal Ilmiah Nizamia, 5(Pendidikan).
Azizah, S. N., & Masub Bakhtiar, A. (2022). Gaya Belajar Audio Visual Dan Kinestetik Melalui Video Edukasi Terhadap Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 321(2), 2022.
http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/218/191
Budiman, A., Al-afghani, M. T., & Sansayto, M. A. (2024). Menanggulangi Ekstremisme melalui Pendidikan Agama: Strategi untuk Mendorong Moderasi di Sekolah. Aksiologi: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(1).
Erikson, J. P., Naibaho, L., & R. (2023). Memahami Peran Pendidikan Di Era Post Modern Melalui Pandangan John Dewey. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(11), 1572–1578.
Evianah. (2023). Pentingnya Sekolah Ramah Anak Sebagai Bentuk Pemenuhan Dan Perlindungan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(Pendidikan), 3216–3224.
Hikmawan, Fadhil. (2017). Perspektif filsafat pendidikan terhadap psikologi pendidikan humanistik. Jurnal Sains Psikologi, 6(1), 128781.
Ibrahim, I., Solekha, M. N., & Kanada, R. (2023). Penerapan Kecerdasan Majemuk Dalam Pembelajaran. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 23–37. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Lencana/article/view/2255
Melandari, Jepi. (2022). Etika Nikomachea Dalam Perspektif Aristoteles Studi Atas Etika Manusia. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Junaedi, H. M., & Wijaya, M. M. (2020). Pengembangan Paradigma Keilmuan Perspektif Epistemologi Islam: Dari Perenialisme hingga Islamisme, Integrasi-Interkoneksi dan Unity of Sciences. Prenada Media.
Kodoati. (2023). Epikureanisme dan Stoikisme: Etika Helenistik untuk Seni Hidup Modern. Media: Jurnal Filsafat Dan Teologi, 4(1), 91–102.
Maharani, Septiana Dwiputri. (2008). Filsafat Manusia : Unsur-unsur dan problematikanya. Kepel Press.
Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Y. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 110–124.
Mardiyanto, Ibnu. (2023). Membangun Masyarakat Yang Berkeadilan Melalui Pendidikan Inklusi Tanpa Diskriminasi Sistemik.
Nadhiroh, Umi., & Ahmadi, Anas. (2024). Pendidikan Inklusi: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Jurnal Ilmu Budaya, 8(2008), 11–22.
Nafi’a, W. Z. (2018). Efektivitas Program Pendidikan Inklusi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Inklusi Di Smp Negeri 5 Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Patma, K., Indriani, S., Agustomi, & Andriani, O. (2024). Menjawab Kebijakan Pemerintah Mengenai Perkembangan Dunia Tentang Pendidikan Inklusi. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Budaya, 2(1), 47–48. http://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/jdan/article/view/730
Putri, K. E. S., Wahyuni, M. R., Hasibuan, W. F., & Mustika, D. (2024). Membangun Kolaborasi Dan Kemitraan Dalam Mendukung Keberhasilan Pendidikan Inklusi. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(6), 178–187.
Qibtiyah. (2020). Perbandingan Pendidikan Moral Perspektif Islam dan Barat. Goresan Pena.
Rahayu, Sri Muji. (2013). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Anak, 2(Pendidikan).
Ramadhan, I. (2023). Kurikulum Merdeka: Proses Adaptasi Dan Pembelajaran Sosiologi Di Sekolah Menengah Atas. Journal of Education Research, 4(4), 1846–1853.
Sholeh, S. (2016). Konsep Pendidikan Islam yang Ideal: Upaya Pembentukan Keperibadian Muslim. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 52–70. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1511
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.
Widyastono. (2012). Muatan pendidikan holistik dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(Pendidikan), 467–476.
Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Laia, B., Sriartha, I. P., & Mudana, W. (2024). Membangun Kesadaran Multikultural Melalui Implementasi Model Pendidikan Inklusi Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11, 383–396.
Yunanto, F., & Kasanova, R. (2023). Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Karakter. Journal on Education, 5(Pendidikan), 12401–12411.
Copyright (c) 2024 Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke Widya Aksara sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam database dan pengirimannya oleh segala bentuk atau media, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll., Hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari Widya Aksara. Namun, Penulis memiliki hak untuk yang berikut:
1. Duplikat semua atau sebagian dari materi yang diterbitkan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai instruksi kelas atau materi presentasi verbal di berbagai forum;
2. Menggunakan kembali sebagian atau seluruh bahan sebagai kompilasi bahan untuk pekerjaan penulis;
3. Membuat salinan dari materi yang diterbitkan untuk didistribusikan di dalam institut tempat penulis bekerja.
STHD Klaten dan Widya Aksara melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan diterbitkan dalam jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Widya Aksara adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.