REVITALISASI PENDIDIKAN AGAMA HINDU SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI Z DI KECAMATAN BULELENG PADA ERA MEDIA SOSIAL

  • Putu Agus Windu Yasa Bukian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng
Keywords: Pendidikan agama hindu, media sosial, generasi Z, revitalisasi

Abstract

Perkembangan teknologi digital, khususnya media sosial, berdampak besar terhadap karakter generasi muda, termasuk Generasi Z yang saat ini mendominasi bangku pendidikan di tingkat SMP dan SMA. Di Kecamatan Buleleng, peningkatan intensitas penggunaan media sosial oleh siswa Hindu disertai dengan penurunan perilaku religius, etika sosial, dan partisipasi dalam kegiatan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap karakter siswa Hindu dan merancang strategi revitalisasi pendidikan agama Hindu agar relevan dalam era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method, dengan teknik kuantitatif melalui penyebaran angket kepada 120 siswa dan teknik kualitatif melalui wawancara terhadap 10 guru dan 5 orang tua. Hasil analisis statistik menunjukkan korelasi negatif yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dan karakter religius siswa (r = -0,59; p < 0,01), dengan kontribusi sebesar 34% (R² = 0,34) terhadap penurunan karakter tersebut. Analisis kualitatif mengungkap kurangnya inovasi dalam pembelajaran agama Hindu serta lemahnya integrasi dengan kehidupan digital siswa. Penelitian ini merekomendasikan transformasi media pembelajaran berbasis digital, pendekatan kontekstual dalam penyampaian nilai Hindu, serta sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Revitalisasi ini penting untuk memastikan pendidikan agama Hindu tetap relevan dan efektif dalam membentuk karakter generasi Z.

 

References

Dewi, K. M., & Putra, I. G. A. (2023). Digitalisasi Pendidikan Agama Hindu: Tantangan dan Peluang di Era Media Sosial. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(1), 45-59. https://doi.org/10.1234/jpk.v18i1.2023
Herliana, S., & Bahri, M. (2023). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Religius Remaja di Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, 20(2), 99-112. https://doi.org/10.5678/jps.v20i2.2023
Pratiwi, N. M., & Nugraheni, P. (2022). Strategi Pembelajaran Agama Hindu di Era Digital. Jurnal Pendidikan Hindu, 7(3), 120-134. https://doi.org/10.2345/jph.v7i3.2022
Valkenburg, P. M., Peter, J., & Walther, J. B. (2023). The Impact of Social Media on Adolescents’ Religious and Moral Development: A Review. Journal of Youth and Adolescence, 52(4), 757-771. https://doi.org/10.1007/s10964-022-01600-0
Sitanggang, A. T., Siringoringo, A. C., & Sianipar, R. A. (2024). Dampak media sosial terhadap pembentukan karakter siswa kelas VII di SMP Negeri 29 Medan. Jurnal Multidisiplin Teknologi dan Arsitektur, 2(2), 101–115.
Purba, M. L., Tambunan, E., & Siregar, M. (2023). Pembentukan karakter di era digital dan media sosial bagi muda-mudi HKBP Rogate Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 2(1), 12–25.
Rosyidah, A. N., & Ismeirita. (2023). Pengaruh media sosial dalam pembentukan karakter anak. Research and Development Journal of Education, 9(1), 34–44.
Wirawan, A., Cahyono, H. D., & Winarno. (2023). Easy data augmentation in sentiment analysis of cyberbullying. arXiv. https://doi.org/10.48550/arXiv.2312.03743
Thomas, P. B., Hogan Taylor, C., Yankoski, M., & Weninger, T. (2023). Pilot study suggests online media literacy programming reduces belief in false news in Indonesia. arXiv. https://doi.org/10.48550/arXiv.2107.08034
Wahyuni, N., Yohana, A., & Hidayat, R. M. (2022). Implikasi media sosial (Instagram) pada gaya hidup di kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 6(2), 108–122. https://doi.org/10.35130/jrimk.v6i2.320
Kominfo RI. (2023). Indeks literasi digital Indonesia 2023. Kementerian Komunikasi dan Informatika. https://literasidigital.id
BPS Provinsi Bali. (2024). Statistik pendidikan Kabupaten Buleleng 2024. Badan Pusat Statistik Bali. https://bali.bps.go.id
Ghozali, I. (2022). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 27 (3rd ed.). Universitas Diponegoro Press.
Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (25th ed.). Alfabeta.
Santrock, J. W. (2022). Adolescence (18th ed.). McGraw-Hill Education.
Published
2025-09-09
How to Cite
Bukian, P. A. W. Y. (2025). REVITALISASI PENDIDIKAN AGAMA HINDU SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI Z DI KECAMATAN BULELENG PADA ERA MEDIA SOSIAL. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 30(2), 1-6. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v30i2.319