Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Authors

  • Titin Sutarti Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v4i2.70

Keywords:

Moderasi Beragama di Masyarakat

Abstract

Moderasi beragama adalah konsep yang mencakup upaya untuk saling menghormati dan toleransi diantara warga masyarakat yang berkaitan dengan perbedaan keyakinan. Faktor-faktor sosial seperti keberagaman, mobilitas penduduk, dan perkembangan ekonomi dapat memainkan peran dalam moderasi beragama. Masyarakat yang multikultural dan multireligius cenderung mengembangkan pendekatan yang lebih inklusif terhadap perbedaan keyakinan. Kesadaran akan keberagaman dapat membentuk cara orang dapat berinteraksi dengan masyarakat yang memiliki latar belakang berbeda untuk dapat mengharmoniskan kehidupan. Moderasi beragama melibatkan dinamika yang kompleks dan berkembang dari banyak faktor yang saling berinteraksi. Upaya untuk memahami dan mendorong moderasi beragama sering kali melibatkan kolaborasi antaragama, pemerintah, dan masyarakat secara luas. Tujuan penelitian adalah membangun keharmonisan sosial dengan komunikasi dan interaksi positif antar umat beragama, sehingga terjadilah ikatan sosial yang kuat di antara berbagai lapisan masyarakat. Hal tersebut dapat menanamkan sikap toleransi terhadap perbedaan keyakinan untuk menciptakan masyarakat yang inklusif, di mana setiap individu dihargai tanpa mempermasalahkan perbedaan agama atau kepercayaan mereka. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan suatu pendekatan fenomenologi. Pentingnya penerapan moderasi beragama di masyarakat membawa manfaat yang signifikan untuk membangun pondasi yang kokoh bagi keberagaman dan harmoni sosial, menciptakan kerukunan antar umat beragama untuk menjalankan kepercayaanya masing-masing dalam suasana kehidupan yang nyaman, aman, damai dan tenteram

 

 

References

Fitriyana, Pipit Aidul, dkk. 2020. Dinamika Moderasi Beragama di Indonesia. Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI.

Mahyuddin032, M. (2020). Peran Strategis IAIN Ambon dan IAKN Ambon Dalam Merawat Toleransi Sosial dan Moderasi Beragama di Ambon Maluku. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 13(1).

Rahmah, L. A., & Amaludin, A. (2021). Penerapan Interaksi Sosial Antar Masyarakat Melalui Moderasi Beragama Dan Sikap Toleransi di Desa Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3).

Rengganiasih, Wilis. 2009. “Tantangan Dan Prospek Pluralisme Dalam Masyarakat Buddhis.” In Prospek Pluralisme Agama Di Indonesia: Harapan Untuk Perdamaian Dan Keutuhan Ciptaan Di Indonesia, ed. Mety Herry & Anwar Khairul. Yogyakarta: Institut Dian/Interfidei.

Risdianto, F., & Arum, I. M. (2022). Penguatan Moderasi Beragama dan Toleransi Melalui ‘Quotes’ di Kampung Mrican, Gendongan, Tingkir, Salatiga. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).

Said, Nurman, 2020, Bingkai Teologi Moderasi Beragama. Gowa, Alaudin University Pers.

Sakban, Abdul, dkk. 2018. Multikultural & Keberagaman Sosial. Yogyakarta : Deepublish

Sura, I Gede. 1985. Pengendalian Diri dan Ethika; Departemen Agama RI

Tim Penyusun. 1978. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Published

2023-12-01

How to Cite

Titin Sutarti. (2023). Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jawa Dwipa, 4(2), 108-117. https://doi.org/10.54714/jd.v4i2.70

Issue

Section

Articles