PERANAN ANALISIS WACANA DAN KONTEKS BUDAYA DALAM PENGAJARAN BAHASA

Authors

  • Shinta Tyas Pratisthita Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Putu Budiadnya Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Titin Sutarti Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v3i2.60

Keywords:

Wacana, konteks Budaya, Pengajaran Bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan analisis wacana dan konteks budaya dalam pengajaran bahasa. Sesuai dengan tujuan penelitian, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis pustaka. Metode analisis pustaka yaitu menggunakan buku-buku, literatur ataupun bahan pustaka, kemudian mencatat atau mengutip pendapat para ahli yang ada di dalam buku tersebut.  Secara praktis, metode yang digunakan dalam kajian ini dijabarkan dalam tiga metode sesuai dengan tahapan pelaksanaannya, yaitu: (1) metode pengumpulan data; (2) metode analisis data; dan (3) metode penyajian hasil analisis. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peranan analisis wacana dan konteks budaya dalam pengajaran Bahasa yaitu pada keterampilan berbicara dan keterampilan menulis.

References

Chaer, Abdul. 2007. Kajian Bahasa : Sturktur internal, pemaknaan, dan pemelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: kajian teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer. A. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Halliday, M.A.K dan Ruqaiya Hasan. 1994. Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek- aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muljani, Sutji. 2014. Analisis Wacana: Peranan dan Implikasinya dalam Pengajaran Keterampilan Berbahasa Produktif. Musyawarah dan Seminar ke-3 AJPBSI Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNS. Surakarta, 24-25 Oktober 2015.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Saddhono, Kundharu. 2009. Analisis Wacana. Surakarta: UNS Press.

Saragih, Amrin. 2006. Bahasa dalam Konteks Sosial. Medan: PPs Unimed.

Setiawan, Budhi. 2006. Analisis Wacana. Surakarta. UNS Press.

Setyawan, Surya. 2005. Konteks Budaya Etnis Tionghoa dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Benefit, 9(2)164-170

Sinar, T.S. 2008. Teori Analisis Wacana: Pendekatan Sistematis Press.

Suhendar dan Supinah. 2004. Pengajaran dan Ujian Keterampilan Menyimak dan Keterampilan Berbicara Bandung: Pionir Jaya.

Sumarlam. 2006. Analisis Wacana Tekstualdan Kontekstual. Surakarta:Universitas Sebelas Maret.

Susi, Yuliawati. 2008. Konsep percakapan dalam analisis wacana. Bandung. Diunduh pada tanggal 15 Mei 2016 di http://pustaka.unpad.ac.id/wpcontent/uploads/2009/07/konsep_percakapan.pdf

Tarigan H.G., Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published

2022-12-05

How to Cite

Shinta Tyas Pratisthita, Putu Budiadnya, & Titin Sutarti. (2022). PERANAN ANALISIS WACANA DAN KONTEKS BUDAYA DALAM PENGAJARAN BAHASA. Jawa Dwipa, 3(2), 127-136. https://doi.org/10.54714/jd.v3i2.60

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)