PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN MENULIS BERITA BERBAHASA JAWA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SMA

Authors

  • Shinta Tyas Pratisthita Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v3i2.55

Keywords:

Metode group investigation, Keterampilan Menulis, Berita Berbahasa Jawa, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi penerapan metode group investigation pada pembelajaran menulis berita berbahasa Jawa dalam pengembangan karakter siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis pustaka. Metode analisis pustaka yaitu menggunakan buku-buku, literatur ataupun bahan pustaka, kemudian mencatat atau mengutip pendapat para ahli yang ada di dalam buku tersebut.  Secara praktis, metode yang digunakan dalam kajian ini dijabarkan dalam tiga metode sesuai dengan tahapan pelaksanaannya, yaitu: (1) metode pengumpulan data; (2) metode analisis data; dan (3) metode penyajian hasil analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran group investigation pada pembelajaran menulis berita berbahasa Jawa berkontribusi positif pada pengembangan karakter siswa.

References

Abidin, Yunus. (2012). Model Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Beroreintasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter no(2). Diakses dari https://journal.uny.ac.id/ pada tanggal 20 Februari 2018.

Andayani. (2009). Pemantaban Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa (Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Djuharie, S. (2005). Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: Yrama Widya.

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning Metode. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jauhari, Heri. (2013). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendekia.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Maimunah. 2005. Pembelajaran Volume Bola dengan Belajar Kooperatif Model GI pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. Tesis. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nurudin. (2007). Dasar-dasar Penulisan. Malang: UPT Penerbitan Penulisan Univestias Negeri Malang.

Pranowo. (2009). Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2022-12-05

How to Cite

Shinta Tyas Pratisthita. (2022). PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN MENULIS BERITA BERBAHASA JAWA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SMA. Jawa Dwipa, 3(2), 73-82. https://doi.org/10.54714/jd.v3i2.55

Issue

Section

Articles