METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE PADA PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KLATEN

Authors

  • Talang Dewayanti Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Sujaelanto Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Dewi Ayu Wisnu Wardani Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v3i2.58

Keywords:

Metode Pembelajaran, Drill And Practice, Pendidikan Agama Hindu

Abstract

Tercapainya tujuan pembelajaran salah satunya tergantung dari metode pembelajaran yang dipergunakan. Penerapan metode pembelajaran tergantung dari materi, tujuan yang ingin dicapi, karakteristik siswa. Merujuk pada Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,  sekolah memiliki gerak yang luas  untuk memodivikasi  dan mengembangkan pola penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan keadaan, potensi dan kebutuhan daerah. Untuk menjadikan masyarakat Hindu yang memiliki srada dan bakti sesuai dengan keyakinannya maka setiap satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan agama Hindu harus memenuhi   Aspek Weda, Aspek Tattwa, Aspek Susila, Aspek Upakara dan Aspek Sejarah Agama Hindu dengan memanfaatkan metode pembelajaran sesuai dengan tujuannya. Pembelajaran pendidikan agama Hindu di SMP Negeri 3 Klaten, dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran Ceramah dan pemberian tugas. Untuk memaksimalkan tujuan pembelajaran pendidikan agama Hindu di SMP Negeri 3 Klaten perlu dilakukan metode Drill And Practice. Dari latar belakang permasalahan tersebut dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang akan di uraikan dalam tulisan ini yakni ; Bagaimana minat siswa terhadap metode Drill And Practice; Faktor apa yang mempengaruhi terhadap metode pembelajaran Drill And Practice; Bagaimana dampak  siswa terhadap metode pembelajaran Drill And Practice.

Penelitian metode  pembelajaran  Drill And Practice pada pendidikan agama Hindu  di Sekolah Menengah Pertama  Negeri 3 Klaten menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa, mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung serta dampak penerapan metode pembelajaran Drill And Practice. Data-data penelitian digali melalui metode wawancara, oserwasi dan studi kepustakaan. Data yang telah terkumpul akan dianalisa melalui Teori Humanistik dan Behaviorism. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Drill And Practice pada pendidikan agama Hindu di SMP Negeri 3  Klaten mampu membangun motivasi siswa menjadikan  suasana belajar yang awalnya komunikasi belajar satu arah (guru sebagai pusat belajar) berubah menjadi dua arah dimana antara guru dan murid terjadi komunikasi yang seimbang. Model pembelajaran Drill And Practice berdampak pada perubahan prilaku siswa pada saat kegiatan keagamaan Hindu di masyarakat, meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Hindu, siswa dapat berkreasi sesuai dengan bakat yang dimiliki, Siswa mempunyai keterampilan lebih yang dapat digunakan dilingkungan sekitar, mengubah pola pikir siswa, dan menjaga tradisi dan budaya. Faktor sarana dan prasarana faktor yang  mempengaruhi kelancaran model pembelajaran dirll and practice pada pembelajaran pendidikan agama Hindu di SMP Negeri 3 Klaten.

References

Doni Sirait, E. 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi belajar Matematika. Jakarta.

Faisal, Sanapiah. 2010. Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Dalam Burhan Bungin (editor). Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi (64-79). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Irwan Nahar, N. (2016, Desember 1). Jurnal Penerapan Teori Belajar Behavioritik Dalam Proses Pembelajaran. Sumatera Barat.

Iryana Risky Kawasati. (2020, Maret 15). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong

Muhadjir, N. (2006). Metode Penelitian. Cetakan kedua, Alfabeta, Bandung.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Rahardjo, M. (2011, Juni 10). Materi Kuliah Metodologi Penelitian PPs. UIN Maliki Malang.

Rahayu Fitriyani, I Nyoman Santiawan, G. W. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Intensitas Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Agama Hindu Siswa Pasraman Satya Dharma Di Tahun Pelajaran 2019/2020. Jawa Dwipa, 1(1), 41–47. https://ejournal.sthd-jateng.ac.id/JawaDwipa/index.php/jawadwipa/article/view/25/13

Sutiah, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Drill Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Dan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Sdn 165726 Tebing Tinggi. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 5(1), 155–164.

Setyaningsih, 2019. Peran Pendidikan Agama Hindu dalam Membentuk Kepribadian Siswa.

Tri Wahono, 2022. Penguatan Pendidikan guru Sekolah dasar Agama Hindu Pada Sistem Pembelajaran Blok Implementasi Merdeka Belajar.

Zulfi Fajriyah, Maemonah, Maryamah. (2021, Desember). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendiidkan. Teori Humanistik Kebutuhan Maslow dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Yogyakarta.

Siti Nurhasanah , A. Sobandi. (2016, Agustus). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, Hal. 128-135 Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). Bandung.

https://made-blog.com/metode-pembelajaran).

Published

2022-12-05

How to Cite

Talang Dewayanti, Sujaelanto, & Dewi Ayu Wisnu Wardani. (2022). METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE PADA PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KLATEN. Jawa Dwipa, 3(2), 106-116. https://doi.org/10.54714/jd.v3i2.58

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>