STRATEGI PENGUATAN SRADHA DAN BHAKTI MELALUI AJARAN NAWA WIDHA BHAKTI DI ASHRAMA SEKOLAH TINGGI HINDU DHARMA KLATEN JAWA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.54714/jd.v3i2.57Keywords:
Strategi, Sradha, Bakti, Nawa Widha BhaktiAbstract
Zaman modernisasi tidak lepas dari perkembangan dan kemajuan teknologi komunikasi maupun teknologi informasi yang mempermudah manusia melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai macam perkembangan di era modernisasi ini membuat manusia banyak kehilangan tata krama dan ketaatannya kepada Tuhan terutama generasi muda yang semakin terpengaruh budaya asing. Menjadi umat beragama maka harus menjunjung tinggi sradha dan bhakti kepada Sang Hyang Widhi dengan melakukan perbuatan yang berlandaskan dharma. Tujuan peneltian ini adalah untuk mendiskripsikan strategi penguatan sradha dan bhakti melalui ajaran Nawa Widha Bhakti di Ashrama Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah, menganalisa faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penguatan sradha dan bhakti melalui ajaran Nawa Widha Bhakti di Ashrama Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah dan mengevaluasi hasil dari penerapan penguatan sradha dan bhakti melalui ajaran Nawa Widha Bhakti di Ashrama Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, analisis data kualitatif bersifat induktif, yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari strategi penguatan sradha dan bhakti membentuk karakter mahasiswa mulai tertanam rasa peduli kepada sesama dan memahami kewajiban memperbaiki karma wasana guna mencapai Moksartham Jagadhita Ya Ca Iti Dharma.
References
Artana Ketut, dkk. 2007. Widya Dharma Agama Hindu. Denpasar : Ganeca Exact.
Betrand, R (2002). Sejarah Filsafat Barat dan Kaitannya Dengan Kondisi Sosio- Politik dari Zaman Kuno Hingga Sekarang (dialih Bahasaa Sigit jatmiko, dkk). Pustaka Belajar : Yogyakarta
Candrawan, Ida B.G (2021). Praktik Moderasi Hindu Dalam Tri Kerangka Agama Hindu Di Bali. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(1), 130-140. Retrieved from https://prosiding.sthd-jateng.ac.id/index.php/psthd/article/view/37
Hartanto, D. D. dan Nurhayati, E. (2017). Falsafah Hidup Bhakti Marga Yoga Dalam Naskah Serat Bhagawad Gita. Jurnal Ikadbudi
Merliana, N.P.E (2019). “Peranan Sradha dan Bhakti Dalam Menangkal Pengaruh Negatif Media Sosial”. Jurnal e-iahntp.ac.id
Mudana, I. N., dan Dwaja, I. G. (2017). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Mulyana, R (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. ALFABETA : Bandung
Nasution, S.I (2017). Pengantar Antropologi Agama. Harakindo Publishing
Outhwaite, W. Ed. (2008). Ensiklopedi Pemikiran Sosial Modern, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Pudja, Gede M.A (1999). BHAGAWAD GITA (PANCAMA VEDA).Paramita : Surabaya.
Santiawan, I. N. (2019a). PENGARUH UTSAWA DHARMA GITA PADA PESERTA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2017. Widya Aksara, 22(2), 1–14. https://ejournal.sthd-jateng.ac.id/index.php/WidyaAksara/article/view/25
Santiawan, I. N. (2019b). PERSEMBAHYANGAN PURNAMA DAN TILEM SEBAGAI MOMENT STRATEGIS UNTUK PENINGKATAN SRADDHA BHAKTI SERTA PEMBINAAN UMAT YOGYAKARTA. Widya Aksara, 23(2), 1–30. https://ejournal.sthd-jateng.ac.id/index.php/WidyaAksara/article/view/36
Sariani, R (2020). “Peranan Pasraman Dalam Meningkatkan Sradha dan Bhakti Anak-anak”. Jurnal Ilmu Pendidikan 1(2) : 201-208
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.ALFABETA : Bandung.
Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Sutrisno, E dan Wardani, D.A.W (2020). “Peran Pasraman Astika Sidhi Dalam Menumbuhkan Sradha dan Bhakti Generasi Muda Hindu di Kabupaten Klaten”. Jurnal Widya Aksara 25 (2) : 208-218
Tim Penyusun. 1996. Buku Pendidikan Agama Hindu Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta : Hanuman Sakti
Web: https://sthd-jateng.ac.id/.Diakses pada 2 Juni 2022