PELAKSANAAN NILAI KARAKTER GOTONG – ROYONG BERBASIS ONLINE COLLABORATIVE LEARNING

Authors

  • Setyaningsih Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v4i1.66

Keywords:

Kata Kunci: karakter; gotong royong; online collaborative learning

Abstract

Gotong royong bagi bangsa Indonesia merupakan salah satu kearifan lokal atau local wisdom karena gotong royong ini merupakan ciri khas bangsa Indonesia yang membedakan bangsa yang lain. Gotong royong merupakan karakter bangsa yang nilai-nilainya merupakan warisan dari leluhur dan nilai tersebut telah tertanam dalam jiwa dan menjadi kepribadian bangsa Indonesia sejak jaman dulu. Dalam hal menyelesaikan problematika yang dialami oleh bangsa Indonesia, gotong royong menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah yang terjadi. Gotong royong pada masa sekarang ini tidak hanya dimaknai dalam bentuk kerja bakti di lingkungan masyarakat, namun juga dimaknai dalam arti yang luas misalnya gotong royong dalam pembelajaran. Pada hakekatnya manusia adalah sebagai makhluk social yang membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Sebagai makhluk social maka manusia perlu membantu orang lain yang mengalami kesulitan. Pembelajaran berbasis pada nilai-nilai kearifan lokal yaitu nilai gotong royong ini sangat penting untuk ditanamkan pada semua peserta didik. Implementasi karakter gotong royong berbasis online collaborative learning ini dapat diterapkan pada semua mata pelajaran melalui aktivitas yang dilakukan secara berkelompok, saling bekerjasama, berbagi, dan saling tolong menolong dengan sesama anggota kelompok.

 

References

Aulia, L. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Mengenal Indentitas Nasional Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa untuk Menghadapi Tantangan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8549-8557.

Dewantara, A. 2018. Alangkah Hebatnya Negara Gotong Royong (Indonesia Dalam Kacamata Soekarno).

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung : Alfabeta, h.23-24.

Harasim, Linda. 2017. Learning Theory and Online technologies. New York: Routledge.

https://scholar.google.co.id/citations?user=-cJ24LMAAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3DcJ24LM AAAAJ%26citation_for_view%3DcJ24LMAAAAJ%3AdfsIfKJdRG4C%26tzom%3 D-420

Ibeng, Parta.2021. Pengertian Gotong Royong, Manfaat, Jenis, Tujuan, Nilai dan Contohnya. 2021. https://pendidikan.co.id/pengertian-gotong-royong-manfaat-jenis-tujuan-nilai-dan-contohnya/ diakses pada 8 Desember 2021

Khoiriyah, annisatul. 2016. Pembelajaran kolaboratif Pada matematika untuk Membentuk karakter generasi. Dalam jurnal matematika dan pendidikan matematika vol. I no.1 maret 2016.

M. Stoytcheva, Collaborative Activities in a French Language Distance Learning Course, International

M. Stoytcheva, Collaborative distance learning: Developing an online learning community, AIP Conf. Proc. 1910, 060009-1–060009-8; https://doi.org/10.1063/1.5014003, Published by AIP Publishing. 978 -0-7354-1602 -4/$30.00, (2017). Sato, Manabu, 2013. Mereformasi Sekolah: Kosep dan Praktek Komunitas Belajar. Edisi Indonesia. Tokyo: The International Development Cnter of Japan Inc.

Mustadi, Ali. Pendidikan Karakter Berwawasan Sosiokultural (Sociocultural Based Character Education) di Sekolah Dasar, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Diambildari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-ali-mustadi-mpd/7-artikel-pendidikan- karakter-berwawasan-sosio-kultural-terbit-majalah-dinamika-pendidikan-2011_2.pdf( 22 Oktober 2017?

Pambudi, K. S., & Utami, D. S. (2020). Menegakkan Kembali Perilaku Gotong–Royong Sebagai Katarsis Jati Diri Bangsa. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 12-17.

Pamungkas, S. K., Isawati, I., & Yunianto, T. Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Gotong Royong Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal CANDI, 18(2), 82-96.

Siahaan, Nurhalimah. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Volume 2 Tahun 2018. Halaman 649 – 651.

Suryani, Nunuk, Majalah Ilmiah Pembelajaran, UYNY, 2010

Witarsa dan Ruhyana, Rahmat. 2021. Pendidikan Karakter. Konsep dan Implementasinya. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Published

2023-06-06

How to Cite

Setyaningsih. (2023). PELAKSANAAN NILAI KARAKTER GOTONG – ROYONG BERBASIS ONLINE COLLABORATIVE LEARNING. Jawa Dwipa, 4(1), 67-77. https://doi.org/10.54714/jd.v4i1.66

Issue

Section

Articles