Pengaruh Pola Pengasuhan Orang Tua Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Di Era Milenial
DOI:
https://doi.org/10.54714/jd.v4i2.72Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan EmosionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empirik mengenai pengaruh pola pengasuhan orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pola pengasuhan orang tua terhadap kecerdasan emosinal siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment. Selain pendekatan kuantitatif, penulis juga melakukan metode deskriptif analisis dari angket yang disebarkan kepada siswa Pasraman Indraprastha Mutihan Surakarta dan Pasraman Indraloka Marga Dharma Demping Karanganyar. Kemudian dirangkum dalam sebuah tabel. Dari penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pola pengasuhan orang tua terhadap kecerdasan emosional, berdasarkan hasil uji t parsial dalam analisis regresi linear berganda. Hasil hipotesis ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi orang tua dapat membentuk kecerdasan emosional siswa Pasraman Indraprastha Mutihan Surakarta dan siswa Pasraman Indraloka Marga Dharma Demping Karanganyar.
References
Agustian, Ary Ginanjar. Rahasia sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan
Al Idrus, S. F. Ilmi., P.S. Damayanti, dan Ermayani. “Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Sekolah Dasar melalui Pendidikan Karakter” dalam Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol. 4 No. 1 Februari 2020.
Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori, Psikologi Perkembangan Remaja, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.
Anas, Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.
Andri, Winarti, dan Utami, “Pola Asuh Tua dana Nilai-Nilai Kehidupan yang Dimiliki Oleh Remaja”, dalam Jurnal Fenomena: Jurnal Psikologi, 2001.
Anisah, Ani Siti “Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak” dalam Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 5 No. 1 Tahun 2011.
Casmini, Emotional Parenting, Yogyakarta: Pilar Medika, 2007.
Chaniago, Amran YS. Kamus lengkap Bahasa Indonesia, Bandung: Pustaka Setia. 2002.
Darmo, Suhardi. Analisis Data Variabel, Jakarta: Lembaga Penelitian UM. 2016.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. Ke-15, Jakarta: Bulan Bintang, 1996.
Djamarah, Syaiful Bahri. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Goleman, Daniel. Kecerdasan Emosional Untuk Mencapai Puncak Prestasi, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005.
Gunasa, Singgih D dan Ny. Y Singgih D. Gunarsa, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Cet. Ke-7, Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 1995.
Hadi, Sukarno. “Studi Kasus pada Siswa yang Kurang Mendapat Perhatian Orang Tua pada SMK” Jurnal Konseling Pendidikan. Vol. 3 No. 2 Desember 2019.
Hidayati, Zulaeha. Smart Parenting Mendidik Anak Berkarakter Unggul, Depok: Erlangga, 2018.
Kartono, Kartini. Peran Keluarga Memandu Anak, Jakarta: Rajawali press, 1992. Margono, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta. 2010. Maryam Kinanti Nareswari, Orang Tua Hebat Untuk Generasi Milenial, Yogyakarta: Briliant, 2019.
Mashar, Riana. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Penanganannya, Jakarta: Kencana, 2011.
Munandar, Utami. Mengembangakan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang tua, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 1992.
Mussen, Perkembangan dan Kepribadian Anak, Jakarta: Arcan Noor, 1994. Narbuko, Cholid.dan Abu Achmadi, Metode Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Poerwadarminto, Metode Penelitian Pendidikan, Cet. Ke-2, Jakarta: Rosda Karya, 1976.
Pradipta, Ditya. Sima Mulyadi, dan Taopik Rahman “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini”, dalam Jurnal PAUD Agapedia, Vol.5 No. 2 Desember 2021.
Purhantara, Wahyudi. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif Untuk Bisnis,
Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
Safaria, Triantoro. Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak, Yogyakarta: Amara Books, 2005.
Satiadarma, Monty P dan Fidelis Waruwu, Mendidik Kecerdasan, Jakarta: Pustaka Populer Obong, 2003.
Shapiro, Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997.
Silakhudin, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Budaya Sekolah Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa, Kearsipan Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam Institutt PTIQ, Jakarta: 2017.
Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS, Cet. Ke-1, Jakarta: Kencana, 2013.
Spiegel, Murray R. dan Larry J. Stephens, Statistik, Edisi Ke-3, Jakarta: Erlangga, 2007.
Sudjono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2006.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D, Cet. Ke-6, Bandung: Alfabet, 2009.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2003. Suparno, Paul. Toeri Intelligence Ganda dan Aplikasinya Di sekolah,Cara Menerapkan Teori Multiple Intelligence Howard Gardner, Yogyakarta: Kanisius, 2004.
Supranto, Statistika teori dan aplikasi, Erlangga: Edisi ke-6 Jilid 1, Jakarta, 2000.
Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008. Suryani, Hadis Tarbawi, Cet. Ke- 1, Yogyakarta: TERAS, 2012.
Sutopo, Yeri dan Achmad Slamet, Statistik Inferensial, Andi Offset: Yogyakarta, 2017.
Tambak, Syahraini., M. Yusuf Ahmad, Helman. “Peran Orang Tua dalam mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak di Desa Petonggan Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu”, dalam Jurnal Al- Hikmah, Vol. 14 No. 2 Oktober 2017.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.