STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PASRAMAN SATYA DHARMA BHAKTI KABUPATEN BANYUMAS

Authors

  • Retno Pambayun Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Sugiman Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Setyaningsih Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v1i1.26

Keywords:

Status Sosial Ekonomi, dan Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan dan pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pasraman Satya Dharma Bhakti Kabupaten Banyumas, juga untuk mengetahui solusi apakah yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada. Responden penelitian ini adalah siswa pasraman, orang tua siswa, dan juga pengurus pasraman.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif (deskriptif kualitatif). Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara, rekaman audio dan data dari buku atau web. Teknik analisis data yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial ekonomi orang tua siswa Pasraman Satya Dharma Bhakti Kabupaten Banyumas tidak berpengaruh dan tidak berhubungan dengan hasil belajar siswa pasraman. Solusi pihak pasraman untuk meningkatkan nilai siswa yang kurang memuaskan adalah dengan cara memberikan tugas rumah dan juga remidial, hal ini ditetapkan atas kesepakatan bersama orang tua siswa.

References

Alitjoule.blogspot.com. (2013). peran pendidikan agama hindu. Diambil kembali dari http://www.alitjoule.blogspot.com/2013/03peran-pendidikan-agama-hindu-dalam.html?m=1

Arifin, H. M. (1979). Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Di Lingkungan Sekolah Dan Keluarga (Sebagai Pola Pengembangan Metodologi) (Cet. IV). Jakarta: Bulan Bintang, H. 95.

Asep Jihad, A. H. (2012). Evaluasi Pembelajaran (Cet. I). Yogyakarta: Multi Pressindo.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy. New York: Wh Freeman & Company.

Damsar, I. (2015). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Edisi Kedua (Cet. IV). Jakarta: Kencana, H.9-10.

E, Y. (2018). Hubungan Kondisi Ekonomi Dan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Seyegan Dan SMA Negeri 1 Minggir. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Gunawan, A. H. (2000). Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi Tentang Berbagai Problem Pendidikan (Cet. I). Jakarta: PT Rineke Cipta H.40.

Hubungan Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Prestasi. (2019). Diambil kembali dari Hubungansosialekonomiorangtuadenganprestasi.pdf//https://ppip.ulm.ac.id>article.download

Indarta, B. (1996). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Prestasi Belajar Dengan Minat Siswa Dalam Memilih Pekerjaan PAda Siswa Kelas III Yapemda. Yogyakarta: Skripsi FPIPS.

Irawan, I. G. (t.thn.). Pasraman Widya Dharma Sastra Sebagai Tempat Pendidikan Agama Hindu Secara Formal Dan Non Formal Desa Waiketam Baru Kecamatan Bula Barat Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluki.

Joseph Raucek, R. W. (1984). Pengantar Sosiologi (Terjemahan Sahal Simamura). Jakarta: Bina Aksara, H.234.

Mahmud, D. (1990). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Terapan. Yogyakarta: BPEE.

Moleong, L. (1990). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, H.3.

Moleong, L. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasional, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nasution A, D. (1987). Kamus Ekonomi. Semarang: Dahara Prize.

Ogunshola, F. &. (2012). The Effects Of Parental Socio-Economic Status On Academic Performance Of Student In Selected Schools In Edu Lga Of Kwara State Nigeria. International Journal Of Academic Research In Business And Social Sciences Vol.2 No.7 ISSN: 2222-6990 .

Pamungkas, R. F. (2011). Hubungan Antara Tingkat Sosial Ekonomi Keluarga Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Poerwadarminta, W. (1982). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. H.918.

Prabawa, K. A. (2014). Pengaruh Sosial Ekonomi Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X4 Vol 4 (1). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar Cet. V. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salim, P. (1995). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern Inggris Perss.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Ed.Rev (Cet. V). Jakarta: Rineke Cipta.

Santiawan, IN and IN Warta. 2020. “UPAYA PASRAMAN PADMA BHUANA SARASWATI DALAM MEWUJUDKAN SISYAYANG CERDAS BERBUDAYA.” Bawi Ayah 11(1):1–17.

Soekanto, S. Kamus Sosiologi. H.347.

Soekanto, S. (1998). Seri Pengenalan Sosiologi: Talcott Parsons.

Soekanto, S. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. H.300-301.

Syah, M. (1999). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tomo, J. (2008). Hubungan Antara Sikap, Motivasi, Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa D-II PGSD Prajabatan FKIP Universitas Pattimura. Malang: Universitas Negeri Malang.

Usman, S. (2004). Sosiologi Sejarah, Teori Dan Metodologi. Yogyakarta: CIRED.

Published

2020-06-29

How to Cite

Retno Pambayun, Sugiman, & Setyaningsih. (2020). STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PASRAMAN SATYA DHARMA BHAKTI KABUPATEN BANYUMAS. Jawa Dwipa, 1(1), 48-61. https://doi.org/10.54714/jd.v1i1.26

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.