IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK HINDU DI SEKOLAH DASAR NEGERI SURAKARTA

Authors

  • Ni Kadek Gita Laksmi Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Setyaningsih Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v1i2.32

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran , Pendidikan Agama Hindu, Karakter

Abstract

Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh guru-guru di Sekolah Dasar Negeri di Surakarta adalah sikap peserta didik yang suka menyontek, suka bertengkar, datang terlambat ke sekolah, tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dan ada beberapa peserta didik yang nilainya dibawah nilai KKM. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi guru, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan serta peningkatan mutu manajemen pendidikan.

Bagaimana konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dalam Pembentukan Karakter Anak Hindu di sekolah Dasar Negeri Kota Surakarta, Bagaimana penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dalam pembentukan karakter anak Hindu di Sekolah Dasar Negeri Kota Surakarta, Bagaimana implikasi pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dalam pembentukan karakter anak Hindu di Sekolah Dasar Negeri Kota Surakarta.

Berdasarkan pada pemikiran-pemikiran dan prinsip-prinsip tersebut maka dapat dimengerti bahwa pendidikan karakter bangsa  menghendaki keterpaduan dalam pembelajarannya dengan semua mata pelajaran. Pendidikan karakter bangsa diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran, dengan demikian akan menghindarkan adanya “mata pelajaran baru, alat kepentingan politik, dan pelajaran hafalan yang membosankan.

Untuk keberhasilan pembelajaran pendidikan agama Hindu, guru agama Hindu juga harus menguasai metodologi pembelajaran yang baik dan komprehensif didukung oleh sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai. Keberhasilan program pembelajaran di sekolah, terutama membangun karakter peserta didik, harus ditanggung bersama oleh semua warga sekolah mulai dari pimpinan sekolah, para guru, para karyawan, serta keterlibatan peserta didik secara aktif. Di samping itu, sekolah harus juga melibatkan orang tua peserta didik dan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar ikut serta mendukung keberhasilan sekolah dalam membangun karakter peserta didiknya.

 

 

References

Amirin, Tatang M.. 1995. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: Renika Cipta.

Azwar, Saifudin. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bell Gredler, E. Margaret. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: CV. Rajawali

Erikson . (1968). Identity, youth, and crisis. New York: Norton.

Iqbal, H. 2002. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta : Gihalva Indonesia.

Megawangi, R. 2004. Pendidikan Karakter, Solusi yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Megawangi,R. (2009), Pendidikan Karakter. Indonesia Heritage Foundation, Jakarta. Cetakan ke 3

Moleong, Lexi J., 2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, No. 58 Tahun 2009, Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Poerwadarmita, W.J.S. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Puskur, Balitbang Kemdiknas. (2010), Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah .Jakarta.

Slavin, R.E. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon

Sudartha, Tjok Rai. 2009. Sārasamuccaya (Smerti Nusantara). Surabaya: Paramita.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfa Beta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suprayoga, dkk. 2001. Metode Penelitian Sosial Agama. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sura, I Gede. 2006. Siwa Tattwa. Denpasar : Pemerintah Propinsi Bali.

Tim Kurikulum Kemendikbud.(2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Materi Uji Publik, Kemendikbud.

Tim Pendidikan Karakter Kemendiknas.2010. Pembinaan PendidikanKarakter di Sekolah Menengah Pertama.Tidak diterbitkan.

Tim Penyusun Pusat Bahasa. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IIIJakarta: Balai Pustaka.

Tim Penyusun. 2006. Buku Pendidikan Agama Hindu Untuk Perguruan Tinggi. Surabaya : Paramita.

Titib, I Made. 2003. Menumbuhkembangkan Pendidikan Budhi Pekerti Pada Anak Dalam Perspektif Agama Hindu. Jakarta: Ganeca Exact.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokusmedia, 2005.

Wahab, Solichin Abdul. 2008. Analisis Kebijaksanaan; Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta:Sinar Grafika.

Zainal dan Sujak. 2011. Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Published

2020-12-15

How to Cite

Ni Kadek Gita Laksmi, & Setyaningsih. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK HINDU DI SEKOLAH DASAR NEGERI SURAKARTA. Jawa Dwipa, 1(2), 121-136. https://doi.org/10.54714/jd.v1i2.32

Issue

Section

Articles