IMPLEMENTASI AJARAN CATUR PARAMITA DI LINGKUNGAN STHD KLATEN JAWA TENGAH

Authors

  • Chandra Agung Oka Mahendra Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Setyaningsih Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v2i2.42

Keywords:

Kata Kunci : Implementasi, ajaran Catur Paramita, Perilaku Mahasiswa

Abstract

Dampak perkembangan di era globalisasi dalam kehidupan sangat maju dan berkembang yang sangat signifikan di segala aspek kehidupan yang menjadi sumber masalah yang dihasilkan dari dampak kemajuan tersebut, seperti perang konflik, penindasan, dan sebagainya.  Dalam ajaran Agama Hindu terdapat ajaran dasar etika/susila yang perlu diterapkan dikehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu ajaran Catur Paramita. Catur Paramita terdiri dari maitri (persahabatan), Karuna (cinta kasih), Mudita (simpati), dan Upeksa (toleransi). Ajaran ini nampaknya cocok diterapkan oleh mahasiswa, karena kurangnya toleransi sesama mahasiswa seperti berpura-pura menerima solusi permasalahan pada saat rapat BEM tetapi sebenarnya tidak menerima solusi tersebut dan membicarakan hal tersebut tidak pada tempatnya, tumbuhnya jiwa individualisme seperti tidak bisa menerima orang lain dan hanya berteman dengan mahasiswa yang itu-itu saja dan lebih berkesan berkelompok, penyimpangan ajaran Catur Paramita oleh mahasiswa seperti tidak setiakawan dan lebih memilih egonya sendiri, berfikiran buruk tentang seseorang tanpa ada bukti yang valid, dan lebih banyak mengatkan hal yang tidak perlu terhadap orang lain.

            Penulis mengambil judul “Implementasi Ajaran Catur paramita Di Lingkungan STHD Klaten Jawa Tengah”. Adapun permasalahan yang terdapat dalam  penelitian ini yaitu:1) Bagaimana implementasi mahasiswa dalam ajaran Catur Paramita dilingkungan STHD Klaten Jawa Tengah. 2) Bagaimana dampak dari implementasi ajaran Catur Paramita bagi STHD Klaten Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena merupakan penelitian yang berupa teks yang sumber datanya yang berupa teks atau buku-buku. Metode pengumpulan data menunjuk suatu cara melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori etika nilai, teori sikap, dan teori perubahan tingkah laku.

 

References

Ardana, I Wayan, 2012. Implementasi Pendidikan Catur Paramita Dalam Meningkatkan Budi Pekerti Siswa SDN Kamiwangi Kecamatan Toili Barat Kabupaten Binggai. Tesis Pascasarjana STHD Klaten.

Desy Anwar. 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penerbit : Balai Pustaka.

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Iwan Satibi. 2011. Teknik Penulisan Skripsi Tesis Disertasi. Bandung: Ceplas

Pudja, G. dan Tjokorda Rai, 2004. Manawa Dharmasastra (Manu Dharmasastra)

atau Weda Smerti. Surabaya : Paramita.

Radhakrishnan,S, 2007. Bhagawad Gita. Surabaya : Paramita.

Raka Mas, AA Gede, 2013. Tiga Puluh Tiga Hal Yang Dapat Mempengaruhi dan Merubah Kehidupan, Penerbit : Paramita.

Samjaya, Putu, 2011. Filsafat Pendidikan Agama Hindu. Surabaya : Paramita.

Satria Purnama Dewi, Luh Nyoman.2015. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama Hindu di SMA Pariwisata Saraswati Klungkung. Tesis Pascasarjana Dharma Acarya IHDN Denpasar.

Subagiasta, I Ketut. 2007. Etika Pendidikan Agama Hindu. Surabaya: Pāramita

Suhardana, K.M, 2006. Pengantar Etika dan Moralitas Hindu. Surabaya : penerbit

Paramita.

Sukmawati, Widhi, 2012. Implementasi Ajaran Susila Hindu Di Pasraman Saha Dharma Saraswati Kabupaten Klaten. Tesis Pascasarjana STHD Klaten.

Sumadi, I Ketut. 2010. Teknik Penulisan Proposal Penelitian Dan Skripsi. Denpasar : IHDN Denpasar.

Surada, I Made, 2007. Kamus Sansekerta-Indonesia. Surabaya : Paramita..

Sutopo, H.B.2002. Metodolgi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Suyeni, Ni Made. 2010. Implementasi Ajaran Dasa Yamabrata dalam membentuk Perilaku Siswa yang Baik dan Benar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bangli. Tesis Pascasarjana Dharma Acarya IHDN Denpasar.

____________, 2010. Tat Twam Asi Ajaran Kesamaan Martabat Manusia. Surabaya : paramita Surabaya.

Wijaya, AA.Prima Surya. 2010. Saya Bangga Beragama Hindu, Surabaya : Paramita Surabaya.

Wirawan, Paramartha. tt. Modul Metode Penelitian. Departemen Agama Republik Indonesia

Susanti, 2017. Penerapan Ajaran Catur Paramita Sebagai Kearifan Lokal Bali dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa di Lingkungan STKIP Agama Hindu Singaraja. Diakses dari https://e-journal.stahn- gdepuja.ac.id/index.php/ps/article/view/7 tanggal 1 maret 2021

Published

2021-12-06

How to Cite

Chandra Agung Oka Mahendra, & Setyaningsih. (2021). IMPLEMENTASI AJARAN CATUR PARAMITA DI LINGKUNGAN STHD KLATEN JAWA TENGAH. Jawa Dwipa, 2(2), 125-135. https://doi.org/10.54714/jd.v2i2.42

Issue

Section

Articles