PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Setyaningsih Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v2i1.38

Keywords:

Kata-Kata Kunci: pendidikan karakter, pembelajaran Pendidikan Agama Hindu, masa pandemi Covid 19

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mendeskripsikan   peran   pendidikan   karakter   dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu pada masa pandemi Covid 19.  Metode yang digunakan dalam   penelitian   ini   adalah   metode   deskriptif   kualitatif   melalui   kajian   teoretis. Berdasarkan     hasil   penelitian   ini   dapat   disimpulkan     bahwa   pendidikan   karakter mempunyai peran yang sangat besar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu yang dapat dirinci   berdasarkan  tiga kerangka Agama Hindu yaitu Tattwa, Susila dan Upacara.  Adapun   nilai-nilai   pendidikan  karakter yang terkandung di dalam ketiga kerangka Agama Hindu tersebut adalah jujur, perhatian, berani, percaya diri, disiplin, kerja   keras,   rasa ingn tahu,   analitis,  komitmen, peka,  kontrol   diri, teliti,  beretos kerja tinggi, dinamis,   produktif,   ulet,   gotong-royong,   toleransi,   demokratis, tanggung   jawab,  bereksplorasi,  antusias,  aktif,  kreatif,  kritis,  inisiatif,  problem  solving,produktif,   cekatan,  berani  mengambil  risiko,  visioner,  perhatian,  bersungguh-sungguh, berorientasi   pada   prestasi,   rapi,   tegas,   luwes,   hati-hati,   bangga   pada   diri sendiri/kelompok.  Masa   darurat   pandemi  Covid   19   ini     memberikan   tantangan   dan peluang   tersendiri  bagi  dunia  pendidikan.   Perubahan  perilaku  pada  generasi   milenial sekaligus perubahan-perubahan  lain   yang  terjadi  secara   cepat,  masif,  dan  berdampak besar   juga   turut   memengaruhi   perkembangan  pendidikan  pada  masa  kini  dan  masa depan. Guru sebagai aktor utama dalam dunia pendidikan mau tidak mau harus segera berbenah  dan  selalu  berupaya  meningkatkan kompetensinya  dalam  mengatasi  situasidan kondisi pembelajaran  pada masa pandemi Covid 19 ini.

 

References

Abidin, Yunus (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung:

Refika, Aditama.Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan (1999). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:

Erlangga.Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:

Moleong, J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda;

Karya.Nystrand, Martin (ed.). (1982). What Writers Know. London: Academic Press Inc.Pusat

Kurikulum dan Perbukuan. (2011). Pedoman Pelaksanaan PendidikanKarakter. Jakarta:

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Nasional.Rojaki. “Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0” dalam Majalah Suara Guru,Mei— Juni 2019 halaman 35.Rosyidi, Unifah. “Disrupsi di Tubuh PGRI“ dalam

Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Trilling, Bernie dan Charles Fadel. (2009). 21st Century Skills, Learning for Life in Our Times. San Fransisco: Josey-Bass A Woley Imprint.Wardarita, Ratu. (2019). Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Penalaran Verbal (Edisi Revisi). Yogyakarta:

Elmatera. Wardarita, Ratu. “Kontribusi Pendidikan Karakter terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Revolusi Industri 4.0” dalam Jurnal Pendidikan Bahasadan Sastra Indonesia Vol. 5 No.1 Maret 2020 halaman 39—45.White, Ronald V. (1983). Guidelines for Writing Activities. A Magazine for Language Teachers. Singapore: Seameo Regional Language Center.

Published

2021-06-25

How to Cite

Setyaningsih. (2021). PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA MASA PANDEMI COVID 19. Jawa Dwipa, 2(1), 67-77. https://doi.org/10.54714/jd.v2i1.38

Issue

Section

Articles