EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE GAMBAR TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI TK PERTIWI NGARU-ARU

Authors

  • Niluh Sasmita Dwi Parwati Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Dewi Ayu Wisnu Wardani Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • MM. Sri Widayati Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v1i1.24

Keywords:

Metode Gambar

Abstract

Di antara media pembelajaran,media gambar adalah media yang paling umum dipakai. Media gambar adalah perwujudan lambang dari hasil peniruan-peniruan benda-benda, pemandangan, curahan pikiran atau ide-ide yang divisualisasikan kedalam bentuk dua dimensi.Bentuknya dapat berupa gambar situasi dan lukisan yang berhubungan dengan pokok bahasan berhitung. Sedangkan di TK gambar disajikan berbentuk gambar putih yang belum diberi warna sehingga bisa diwarnai oleh anak-anak. Di TK atau lingkungan taman kanak-kanak metode gambar lebih sering digunakan karena selain sesuai dengan umur mereka, metode gambar juga lebih sering disukai dibandingkan dengan metode-metode yang lainnya. Metode yang digunakan di TK Pertiwi Ngaru-aru menampilkan gambar-gambar dewa-dewi dalam agama Hindu dan kisah-kisah yang diwujudkan dalam bentuk gambar yang ada warnanya maupun yang hitam putih. Dalam pembelajaran anak-anak akan diceritakan dulu oleh gurunya, setelah itu anak-anak akan disuruh mewarnai sesuai keinginannya masing-masing. Artikel ini merupakan hasil penelitian kualitatif tentang Efektifitas Penggunaan Metode Gambar terhadap pembelajaran pendidikan agama Hindu Di TK Pertiwi Ngaru-aru. Proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil data dianalisis menggunakan teori Humanistik, Teori Quantum Teaching, dan Teori Behaviorisme. Dari hasil analisis ditemukan bahwa Efektifitas penggunaan metode gambar untuk siswa – siswi terhadap pembelajaran pendidikan Agama di TK Pertiwi Ngaru-aru sebagai berikut: Taman Kanak-kanak Pertiwi Ngaru-aru atau lebih dikenal TK Pertiwi Ngaru-aru didasari filosofieksistensialis, yakni keyakinan bahwa pendidikan harus menumbuhkembangkan eksistensi peserta didik seoptimal mungkin melalui proses pendidikan yang bermartabat dan pro perubahan(kreatif, inovatif dan eksperimentatif).

References

Bungin, Burhan.2001.Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Raja GrafindoPersada.

Djamarah, SyaifulBahri.2006.Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif.Jakarta.Rineka Cipta.

Gulo, W.2002. Metodologi Penelitian. Jakarta :Grasindo.

Hamalik, Oemar.2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hasbullah. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Raja GrafindoPersada.

PHDI. 1985. Himpunan Keputusan Seminar Kesatuan Tafsir Terhadap Aspek-aspek Agama Hindu. Denpasar, Proyek Peningkatan Sarana dan Prasarana Kegidupan Beragama.

Poerwardarminta, WJS. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Pudja, G. 2005. Bhagawad Gita (Panca Veda).Surabaya : Paramita.

Riyanto, Yatim. 2008. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Rohman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta :LaksbangMediatama.

Rusyam, Tabrani, Hamijaya ES. 1990. Pedoman Pelaksanaan CBSA dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Nine Karya.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga KependidikanBandung :Alfabeta.

Santiawan, IN. 2019. “PENGARUH UTSAWA DHARMA GITA PADA PESERTA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2017.” Widya Aksara 22(2):1–14.

Santiawan, IN and IN Warta. 2020. “UPAYA PASRAMAN PADMA BHUANA SARASWATI DALAM MEWUJUDKAN SISYAYANG CERDAS BERBUDAYA.” Bawi Ayah 11(1):1–17.

Satori, Dhamarah M.A. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung :Alfabeta.

Suda, I Ketut. 2009. Merkantilisme Pengetahuan dalam Bidang Pendidikan.

Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D Bandung :Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Psikologis Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sukardjo. M.Ukim. 2009. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : Rajawali Pers.

Sutikno, M.Sobry. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung :Proscpect

Susilo, Joko Muhammad. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan : Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya.Yogyakarta : Pustaka Belajar.

UURI. 2009. Sisdiknas dan Peraturan Pemerintah RI No. 47 Tahun 2008 tentang wajib belajar. Bandung : Citra Umbara.

Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional – Jakarta : DEPDIKNAS RI.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara.

Akses tanggal 27 Desember 2014.http://literaturbook.blogspot.com/2014/12/pengertian-efektivitas-dan-landasan/html

IZA Sunardi .Akses ‎2014. http://digilib.unila.ac.id/627/3/Bab%202.pdf

IZA Sunardi .Akses ‎2014. http://digilib.unila.ac.id/13643/3/BAB%20II.pdf

https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-pendidikan.html

Published

2020-06-29

How to Cite

Niluh Sasmita Dwi Parwati, Dewi Ayu Wisnu Wardani, & MM. Sri Widayati. (2020). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE GAMBAR TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI TK PERTIWI NGARU-ARU. Jawa Dwipa, 1(1), 25-40. https://doi.org/10.54714/jd.v1i1.24

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)