PROBLEM BASED LEARNING: MEMBUKA PELUANG KOLABORASI DAN PENGEMBANGAN SKILL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.54714/jd.v4i1.61Keywords:
Kata Kunci : Problem Based Learning, Kolaborasi Pengembangan Skill SiswaAbstract
Problem Based Learning (PBL) adalah pendekatan pembelajaran yang menempatkan siswa
dalam konteks pemecahan masalah nyata untuk mendorong kolaborasi dan pengembangan skill.
Artikel ini membahas pentingnya Problem Based Learning dalam memberikan peluang kolaborasi
dan pengembangan keterampilan yang relevan bagi siswa di era pendidikan milenial. Siswa dilatih
untuk berpikir kritis, berkomunikasi efektif, bekerja sama tim, kreatif, dan menyelesaikan masalah
dunia nyata melalui pembelajaran berbasis masalah. Siswa dapat memperoleh keterampilan yang
dibutuhkan dalam dunia nyata dan mempersiapkan diri untuk tantangan masa depan dengan belajar
berdasarkan masalah yang terstruktur. Artikel ini membahas manfaat belajar berdasarkan masalah,
serta langkah-langkah implementasi dan masalah yang mungkin dihadapi. Pendidikan yang
didasarkan pada masalah dapat menjadi pengalaman yang bermakna, relevan, dan mempersiapkan
siswa untuk sukses di dunia yang kompleks.
References
Barrows, H. S. (1996). Problem-based learning in medicine and beyond: A brief overview. New
Directions for Teaching and Learning, 68, 3-12.
Dillenbourg, P. (1999). Collaborative Learning: Cognitive and Computational Approaches.
Elsevier Science.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn?
Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.
Hung, W. (2015). Problem-Based Learning: A Learning Environment for Enhancing Learning
Transfer. New Horizons in Adult Education and Human Resource Development, 27(2), 54-
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2013). Joining Together: Group Theory and Group Skills.
Pearson.
Jujun S. 2010. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta : Gramedia
Kagan, S. (2009). Kagan Cooperative Learning. Kagan Publishing
Jurnal Jawa Dwipa Volume 4 Nomor 1 Juni 2023 17
Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions. The
Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 1(1), 9-20.
S. Barrows, H., & M. Tamblyn, R. (1980). Problem-Based Learning: An Inquiry Approach.
Springer.
Schmidt, H. G., & Moust, JH. C. (2000). Factors affecting small-group tutorial learning: A review
of research. Educational Psychology Review, 12(1), 1-26.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Pearson.
Syamsidah & Hamidah Suryani. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah
Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta : Deepublish.
Webb, N. M. (2009). The Teacher's Role in Promoting Collaborative Dialogue in the Classroom.
Springer.