PROBLEM BASED LEARNING: MEMBUKA PELUANG KOLABORASI DAN PENGEMBANGAN SKILL SISWA

Authors

  • Dewi Ayu Wisnu Wardani Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v4i1.61

Keywords:

Kata Kunci : Problem Based Learning, Kolaborasi Pengembangan Skill Siswa

Abstract

Problem Based Learning (PBL) adalah pendekatan pembelajaran yang menempatkan siswa
dalam konteks pemecahan masalah nyata untuk mendorong kolaborasi dan pengembangan skill.
Artikel ini membahas pentingnya Problem Based Learning dalam memberikan peluang kolaborasi
dan pengembangan keterampilan yang relevan bagi siswa di era pendidikan milenial. Siswa dilatih
untuk berpikir kritis, berkomunikasi efektif, bekerja sama tim, kreatif, dan menyelesaikan masalah
dunia nyata melalui pembelajaran berbasis masalah. Siswa dapat memperoleh keterampilan yang
dibutuhkan dalam dunia nyata dan mempersiapkan diri untuk tantangan masa depan dengan belajar
berdasarkan masalah yang terstruktur. Artikel ini membahas manfaat belajar berdasarkan masalah,
serta langkah-langkah implementasi dan masalah yang mungkin dihadapi. Pendidikan yang
didasarkan pada masalah dapat menjadi pengalaman yang bermakna, relevan, dan mempersiapkan
siswa untuk sukses di dunia yang kompleks.

References

Barrows, H. S. (1996). Problem-based learning in medicine and beyond: A brief overview. New

Directions for Teaching and Learning, 68, 3-12.

Dillenbourg, P. (1999). Collaborative Learning: Cognitive and Computational Approaches.

Elsevier Science.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn?

Educational Psychology Review, 16(3), 235-266.

Hung, W. (2015). Problem-Based Learning: A Learning Environment for Enhancing Learning

Transfer. New Horizons in Adult Education and Human Resource Development, 27(2), 54-

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2013). Joining Together: Group Theory and Group Skills.

Pearson.

Jujun S. 2010. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta : Gramedia

Kagan, S. (2009). Kagan Cooperative Learning. Kagan Publishing

Jurnal Jawa Dwipa Volume 4 Nomor 1 Juni 2023 17

Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions. The

Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 1(1), 9-20.

S. Barrows, H., & M. Tamblyn, R. (1980). Problem-Based Learning: An Inquiry Approach.

Springer.

Schmidt, H. G., & Moust, JH. C. (2000). Factors affecting small-group tutorial learning: A review

of research. Educational Psychology Review, 12(1), 1-26.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Pearson.

Syamsidah & Hamidah Suryani. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah

Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta : Deepublish.

Webb, N. M. (2009). The Teacher's Role in Promoting Collaborative Dialogue in the Classroom.

Springer.

Published

2023-06-06

How to Cite

Dewi Ayu Wisnu Wardani. (2023). PROBLEM BASED LEARNING: MEMBUKA PELUANG KOLABORASI DAN PENGEMBANGAN SKILL SISWA. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17. https://doi.org/10.54714/jd.v4i1.61

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)