Tren Baru : Urgensi Multimedia Interaktif Dalam Eksebilitas Pendidikan Di Era Digital

Authors

  • Dewi Ayu Wisnu Wardani Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v4i2.73

Keywords:

Tren Baru, Multimedia Interaktif, Pendidikan Era Digital.

Abstract

Dunia pendidikan berkembang pesat terutama di era digital, karena munculnya berbagai tren media interaktif yang mengubah cara pelajaran dilakukan. Cara siswa berinteraksi dengan materi pelajaran telah berubah karena tren seperti gamifikasi dan kecerdasan buatan, serta virtual dan realitas augmented, yang membuat pembelajaran lebih mudah diakses, interaktif, dan personal. Metode penelitian studi pustaka digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data digunakan dengan melakukan studi telaah terhadap buku-buku, literatur, catatan, dan laporan yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Sumber data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbagai buku, jurnal, dan penelitian terbaru yang relevan. Hasilnya, pelajar sekarang dapat mengakses pendidikan berkualitas tinggi terlepas dari lokasi atau latar belakang mereka, yang menghasilkan hasil pembelajaran yang lebih baik dan keterlibatan yang lebih tinggi. Penyerapan tren eLearning ini pada tahun 2023 dan seterusnya akan membawa era inovasi dan pembelajaran yang lebih baik. Cara siswa berinteraksi dengan materi pelajaran telah berubah karena tren seperti gamifikasi dan AI serta virtual dan augmented reality. Tren-tren ini membuat pembelajaran lebih mudah diakses, interaktif, dan personal. Menyikapi tuntutan perkembangan teknologi di era digital, artikel ini memaparkan sebuah tren baru yang berdampak besar pada dunia pendidikan: penggunaan multimedia interaktif. Pentingnya konten multimedia interaktif untuk keunggulan pendidikan menjadi semakin jelas, mengubah paradigma pembelajaran tradisional menjadi pengalaman belajar yang lebih dinamis, menarik, dan relevan. Melalui motivasi belajar, penyajian materi yang beragam, dan diskusi mengenai tantangan yang kita hadapi, multimedia interaktif bukanlah sebuah tren yang berlalu begitu saja, namun mewakili perubahan mendasar dalam cara kita mendekati pembelajaran. Di era akses cepat terhadap informasi, konten multimedia interaktif menawarkan pendekatan yang lebih mudah beradaptasi dan komprehensif terhadap gaya belajar yang berbeda. Kesimpulannya, memasukkan konten multimedia interaktif ke dalam keunggulan pendidikan di era digital bukanlah suatu pilihan, namun suatu keharusan. Dengan lebih melibatkan siswa, memotivasi mereka untuk belajar, dan menyediakan konten yang lebih beragam, pendidikan menjadi lebih relevan dan responsif terhadap kebutuhan masa depan. Terlepas dari tantangan yang ada, upaya berkelanjutan untuk mengatasi hambatan ini akan membuka pintu menuju pembelajaran yang lebih baik dan bermakna di era digital.

 

 

References

Ain, N., Kaur, K., & Waheed, M. (2016). The influence of learning value on learning management system use. Information Development, 32(5), 1306–1321. https://doi.org/10.1177/0266666915597546

Cairncross, S., & Mannion, M. (2001). Interactive Multimedia and Learning: Realizing the Benefits. Innovations in Education and Teaching International, 38(2), 156–164. https://doi.org/10.1080/14703290110035428

Dewi Ayu Wisnu Wardani. (2023). PROBLEM BASED LEARNING: MEMBUKA PELUANG KOLABORASI DAN PENGEMBANGAN SKILL SISWA. Jawa Dwipa, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.54714/jd.v4i1.61

Gilakjani, A. P. (2012). The Significant Role of Multimedia in Motivating EFL Learners’ Interest in English Language Learning. International Journal of Modern Education and Computer Science, 4(4), 57–66. https://doi.org/10.5815/ijmecs.2012.04.08

Jakub saddam akbar, dkk. 2023. Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. Sonpedia Publishing Indonesia.

Karime, A., Hossain, M. A., Rahman, A. S. M. M., Gueaieb, W., Alja’am, J. M., & El Saddik, A. (2012). RFID-based interactive multimedia system for the children. Multimedia Tools and Applications, 59(3), 749–774. https://doi.org/10.1007/s11042-011-0768-3

Komalasari, K., & Rahmat, R. (2019). Living Values Based Interactive Multimedia in Civic Education Learning. International Journal of Instruction, 12(1), 113–126. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a

Kustyarini, K., Utami, S., & Koesmijati, E. (2020). THE IMPORTANCE OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA IN A NEW CIVILIZATION ERA. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5(2). https://doi.org/10.46827/ejoe.v5i2.3298

Kusumawati, L. D., Sugito, Nf., & Mustadi, A. (2021). KELAYAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR MATEMATIKA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p31--51

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Pun, M. (2014). The Use of Multimedia Technology in English Language Teaching: A Global Perspective. Crossing the Border: International Journal of Interdisciplinary Studies, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.3126/ctbijis.v1i1.10466

Sartono, E. K. E., Ambarsari, R., & Herwin, H. (2022). Interactive multimedia based on Indonesian cultural diversity in Civics learning in elementary schools. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(4), 1192–1203. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i4.7136

Senen, A., Sari, Y. P., Herwin, H., Rasimin, R., & Dahalan, S. C. (2021). The use of photo comics media: Changing reading interest and learning outcomes in elementary social studies subjects. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(5), 2300–2312. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i5.6337

Subagja, S., Rubini, B., & Pursitasari, I. D. (2022). Student Needs Analysis of the Scientific Literacy Oriented Interactive Multimedia on Living Cells Matter. International Journal of Biology Education Towards Sustainable Development, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.53889/ijbetsd.v2i1.116

Wardani, D. A. W., & Budiadnya, P. (2023). ANALISIS KOMPETENSI GURU DI ABAD 21. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 28(1). https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v28i1.211

Published

2023-12-01

How to Cite

Dewi Ayu Wisnu Wardani. (2023). Tren Baru : Urgensi Multimedia Interaktif Dalam Eksebilitas Pendidikan Di Era Digital. Jawa Dwipa, 4(2), 139-153. https://doi.org/10.54714/jd.v4i2.73

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)