PENGEMBANGAN MEDIA PUZPASARAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PARAGRAF AKSARA JAWA PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 JUMANTONO

Authors

  • Yuniati Chasanah SMP Negeri 3 Jumantono

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v3i2.59

Keywords:

Puzpasarawa, Puzzle, Aksara Jawa, Pembelajaran

Abstract

Jawa merupakan salah satu suku yang berada di Indonesia. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam publikasi berjudul “Gambaran Kondisi Vitalitas Bahasa Daerah di Indonesia Berdasarkan Data Tahun 2018-2019” penutur bahasa Jawa merupakan terbanyak. Hal itu menjadikan kita sebagai orang Jawa harus ikut andil melestarikan budaya Jawa khususnya aksara Jawa. Melalui pendidikan di sekolah, aksara Jawa merupakan salah satu materi yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun demikian, ketertarikan peserta didik mengenai aksara Jawa sangat kurang. Sebagian besar peserta didik menganggap materi aksara Jawa itu sulit. Dengan demikian, sebagai pendidik harus pandai membuat karya inovatif. PUZPASARAWA (puzzle paragraf aksara Jawa) merupakan salah satu inovasi yang dapat merangsang otak anak. Bermain sambil belajar akan membuat anak lebih tertarik sehingga tidak cepat merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) untuk mengetahui mekanisme penggunaan media PUZPASARAWA dalam pembelajaran membaca paragraf aksara Jawa. (b) untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media PUZPASARAWA dalam pembelajaran membaca paragraf aksara Jawa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menganalisis jawaban siswa, serta perbandingan hasil belajar siswa sebelum belajar menggunakan PUZPASARAWA dan sesudah menggunakan PUZPASARAWA

 

 

References

Admin. 2022. Pedoman Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Jawa Tahun 2022. Dalam blog https://www.amongguru.com/pedoman-kurikulum-muatan-lokal-bahasa-jawa-tahun2022/ diunduh pada tanggal 21 November 2022.

Andang Ismail. 2006. Education Games, Menjadi cerdas dan ceria dengan. Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Astuti, Yuli. 2016. Cara Mudah Asah Otak Anak. Jakarta: Flashbook.

Briggs, Leslie J. 2001. Instructional Design Principles and Applications. Englewood Chiffs New Jersey Education, London: Harvard University Press.

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani.

Djati Prihantono. 2011. Sejarah Aksara Jawa. Jakarta: Java Litera.

Elan. Dkk. 2017. Penggunaan Media Pazzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1)

Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismail, Andang. 2011. Education Games. Jogjakarta: Pro U Media.

Jamil, Sya’ban. 2012. 56 Games Untuk Keluarga. Jakarta: Mahaka Publishing

KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online]. Available at: http://kbbi.web.

Lasswell, H. D. 1972. The Structure and Function of Communication in Society. University of Illinois Press

Misbach,Muzamil.2010.“MediaPuzzle”. https://text-id.123dok.com/document/6zk38gomymacam-macam-puzzle-menurut-muzamil-misbach-2010- menyatakan-beberapa-bentuk-puzzle.html

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda

Nuriah, Alfiatun. 3013. “Efektivitas Kombinasi Pembelajaran Kooperatif Time Token Pictuce Puzzle Pada Materi System Peredaran Darah Di SMP N 2 Gabus Kabupaten Pati”. Skripsi. Semarang: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Nurmalita, A., T.T. Hastuti, dan T. Hardiyanti. 2012. “Kartu Remi Jawa (KAREWA): Strategi Efektif Meningkatkan Minat Anak dalam Pembelajaran Aksara Jawa dengan Sistem Queen Card Game”. Jurnal Pelita, 7(1), hlm 39–46

Rosdijati, Nani. 2012. Panduan Pakem IPS SD. Jakarta: Erlangga.

Schramm, W. 1977. Big Media Litle Media. London : Sage Public-Baverly Hills.

Sudjana. 1997. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rosdakarya

Sutardjo, Imam. 2010. Kajian Budaya Jawa. Surakarta: Jurusan Sastra Daerah Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Syukur, F. 2008. Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail Media Group.

Ujianti, Putu Rahayu. 2014. Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk. E-journal PG-PAUD. Vol: 2 No: 1. Singaraja: Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. http://dx.doi.org/10.23887/paud.v2i1.3533

UU RI Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan. Anak. Jakarta: Asa Mandiri.

Verelladevanka Adryamarthanino. 2021. Sejarah Aksara Jawa. Pada harian online Kompas.com https://www.kompas.com/stori/read/2021/10/26/090000079/sejarah-aksara-jawa?page=all

Widiyana, Wayan. Dkk. 2019. Media Pembelajaran Puzzel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Kompetensi Pengetahuan IPA.

Wirachmi, Ajeng. 2022. Ini Data Terbaru 5 Bahasa Daerah dengan Penutur Terbanyak. SINDOnews.com pada Jum'at, 21 Januari 2022 - 17:05 WIB oleh Litbang MPI https://nasional.sindonews.com/read/663495/15/ini-data-terbaru-5-bahasa-daerah-denganpenutur-terbanyak-1642759291 diunduh pada tanggal 20 November 2022.

Published

2022-12-05

How to Cite

Yuniati Chasanah. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PUZPASARAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PARAGRAF AKSARA JAWA PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 JUMANTONO. Jawa Dwipa, 3(2), 117-126. https://doi.org/10.54714/jd.v3i2.59

Issue

Section

Articles