BEHAVIOUR MASYARAKAT DALAM PENGAMALAN PANCASILA DAN RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN HINDU
DOI:
https://doi.org/10.54714/jd.v5i1.83Keywords:
Kata Kunci: Behaviour Masyarakat, Pengamalan Pancasila, Pendidikan Hindu.Abstract
Behaviour masyarakat pada zaman sekarang ini dimana Indonesia semakin maju dan
berkembang, masyarakat Indonesia dari zaman ke zaman telah menunjukkan sikap yang
memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa dalam perilakunya (behaviour) selalu berpedoman
pada Pancasila. Pancasila yang merupakan dasar negara dan pedoman serta landasan hidup
bangsa telah terpatri pada jiwa masyarakat dan tak dapat dilepaskan dari hati sanubari
masyarakat khususnya masyarakat Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara mempunyai
kedudukan dan arti yang amat penting bagi bangsa Indonesia baik sebagai falsafah, sebagai
landasan dan tujuan hidup bernegara. Pancasila menjadi acuan bagi pemerintahan,
pembangunan sosial, hukum, dan kehidupan masyarakat Indonesia secara umum. Pancasila
juga menekankan pentingnya menjaga persatuan dalam keberagaman dan menghormati hak
asasi manusia. Dalam bidang pendidikan Hindu pengamalan Pancasila sebagai pedoman hidup
masyarakat memiliki relevansi dalam ajaran Hindu, dimana masyarakat Hindu memiliki
tatakrama dan etika yang berpedoman pada Pancasila di dalam pelaksanaan pendidikan Hindu
dalam keluarga dan masyarakat dan yang utama bahwa yang termuat dan tersurat didalam Kitab
Weda selaras dengan sila-sila dari Pancasila.
References
Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat sejarah nasionalisme Indonesia untuk memupuk sikap
kebangsaan generasi muda. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 209–
https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12745
Bahrudin, F. A. (2019). Implementasi Kompetensi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan
Di Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Pro Patria:
JurnalPendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial,Dan Politik, 2(2), 184–200.
https://doi.0rg/10. 47080/propatria.v2i2.593
Cahyo Pamungkas. (2015). Nasionalisme Masyarakat Di Perbatasan Laut: Studi Kasus
Masyarakat Melayu-Karimun. Masyarakat Indonesia, 41(2), 147–162.
http://ejournal.lipi.go. id/index.php/jmiipsk/article/view/253/119
Dedees, A. R. (2016). Melayu di Atas Tiga Bendera: Konstruksi Identitas Nasionalism
Masyarakat Perbatasan di Kepulauan Batam. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 19(2),
https://doi.org/10.22146/jsp.10850
Dewantara, J. A., Hermawan, Y., Yunus, D., Prasetiyo, W. H., Efriani, Arifiyanti, F., &
Nurgiansah, T. H. (2021). Anti-Corruption Education as an Effort to Form Students With
Character Humanist and Law-Compliant. Jurnal Civics: Media Kajian
Kewarganegaraan, 18(1), 70–81.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021a). Building Tolerance Attitudes Of PPKN
Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103–
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021b). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa
Covid-19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu: Research &
Learning in Elementary Education, 5(1), 367–375.
Dewantara, J. A., Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2021). Mengatasi Pelanggaran Hak Asasi
Manusia dengan Model Sekolah Ramah HAM (SR-HAM). Edukatif: Jurnal Ilmu
Pendidikan, 3(2), 261–269
Jurnal Jawa Dwipa Volume 5 Nomor 1 Juni 2024 40
Edi Rohani. (2019) http://www.geogle.com-“Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan”.
Ida Ayu Komang Suryatmiani. https://ejournal.iahntp.ac.id.Konsep Dasar Manajemen
Pendidikan Hindu.
da Bagus Rai, Ida Made Sila, Ida Bagus Brata, I Made Sutika (2022) https://doi.org.
/10.23887/mi.v 27i3.54307.
Maarif.S. (2018) Kedudukan dan Tujuan Pendidikan Pancasila dalam Pembangunan Karakter
Bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 8 (2), 83-92.
Notonagoro (2021) https://museum.ac.id.Filsafat Pancasila. Museum UGM.
Pedande Pandji Soegata (August 4, 2020) http://ArtikelHindu.Pancasila dan Ajaran Agama
Hindu
Yohana R.U.Sianturi & Dinie Anggraeni Dewi (2021) https://jurnal kewarganegaraan.vol.5
No.1.
Ratna Sari, Fatma Ulfatun Najicha.https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony.
Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat.
Supriyadi.D.& Kurniawan.D.(2017) Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya
Lokal pada Sekolah Dasar di Indonesia Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 21 (1),
-110.
Sutiyono. (2018). http:// Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 6 (1), 1-16, 2018.
T.Heru Nurgiansah (2021) http://Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 9 (1), 33-41,
Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter jujur.
Ujang Permana (2019). Diunduh dari http://www.google.com-Pendidikan Pancasila.