IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA MOMONG, AMONG, NGEMONG MELALUI AJARAN TRI KAYA PARISUDHA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 KARANGNONGKO, KABUPATEN KLATEN
DOI:
https://doi.org/10.54714/jd.v5i1.89Keywords:
Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Ki Hajar Dewatara, Momong, Among, Ngemong, Tri Kaya ParisudhaAbstract
Ini adalah artikel tentang bagaimana pendidikan Ki Hajar Dewantara, yang mengusung
konsep "momong, among, ngemong" dan ajaran Tri Kaya Parisudha diterapkan untuk
membentuk karakter siswa di SMP Negeri 1 Karangnongko, Kabupaten Klaten. Konsep
"momong, among, ngemong", yang berasal dari nilai-nilai kebudayaan Jawa, sangat penting
dalam proses pendidikan secara keseluruhan. Untuk membangun karakter siswa, Tri Kaya
Parisudha terdiri dari tiga prinsip utama: berpikir benar (manacika), berkata benar (wacika),
dan berbuat benar (kayika). Metode ini digunakan dalam penelitian ini untuk menyelidiki
bagaimana penggabungan nilai-nilai ini ke dalam kurikulum dan kegiatan sekolah dapat
berdampak positif pada perkembangan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
metode ini bekerja dengan baik dalam membangun siswa yang baik hati, jujur, dan bertanggung
jawab. Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu mengembangkan model pendidikan karakter
di Indonesia.
References
Abu Achmadi dan Cholid Narbuko.2001.Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Aisyah M.2018. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Jakarta: Kencana.
dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/95125D8CA0B200FD7382
Gun Gun.2014.Sarassamuccaya, terjemahan bergambar.: Denpasar: EBSE buku
I Gede Jaman.2013.Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1.
Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif
Makalah Pendidikan. Makalah Universitas Muh. Surakarta. Jawa Tengah
Ratna, Nyoman Kutha.2010.Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu SosialHumaniora
Pada Umumnya. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
Ratna. Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar :
Yogyakarta.