STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III DI SDN KESATRIAN 1 KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJAR DAN RESITASI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Rubi Supriyanto Sekolah Tinggi Agama Hindu Santika Dharma Malang
Keywords: Strategi, Kedisiplinan

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah strategi Guru pendidikan Agama Hindu dalam meningkatkan kedisiplinan siswa Kelas III di SDN Kesatrian 1 Kecamatan Blimbing Malang. Pembelajaran dengan berbasis masalah memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kedisiplinan siswa yang ditandai dengan peningkatan Kedisiplinan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (46,66%), siklus II (60%), siklus III (93,33%). Penerapan metode metode pemberian tugas belajar dan resitasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan Kedisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh Guru pendidikan Agama hindu. yang dilihat dari strateginya meliputi memberikan Tugas test, lks dengan melihat kedisiplinan siswa dalam mengerjakan serta mengumpulkan. sosialisasi kedisiplinan, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi yang digunakan Guru Pendidikan Agama Hindu dalam meningkatkan kedisiplinan siswa Kelas III di SDN Kesatrian 1 Kecamatan Blimbing Malang.

 

References

Hassan. 1978. Tafsir Al-Furqan. Jakarta: Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Abdul Majid. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Remaja Rosdakarya Abdul Manab. 2015. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta.Kalimedia
Agus Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Ahmad Mustafa Al-Maragi . 1988. Tafsir Al-Maragi, Semarang: CV. Toha Putra
Ahmad Sabri. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching
Akmal Hawi. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Al Abrasyi, Muhammad At-Thiyah. 1993. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang
Ali Imran. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Amier Daien Indrakusuma. 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
An-Nahlawi, Abdurrahman. 1995. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press
Basrowi. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta. Rineka Cipta Burhan Bungin. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Grup Cony R Semiawan. 2009. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta. Indeks
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Dzakiyah Darajat. 1978. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang
1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia
Lexy J. Moleong. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
M. Ngalim Purwanto. 2003.Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.
Muhammad Yaumi, Muljono Damopolii. 2014. Action Research: Teori, Model, & Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Muhibbin Syah. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Mulyasa, 2015 Revolusi Mental Dalam Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Rahayu Fitriyani, I Nyoman Santiawan, G. W. (2020). No Title. Jawa Dwipa, 1(1), 41–47. https://ejournal.sthd-jateng.ac.id/JawaDwipa/index.php/jawadwipa/article/view/25
Published
2021-03-05
How to Cite
Rubi Supriyanto. (2021). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III DI SDN KESATRIAN 1 KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJAR DAN RESITASI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 26(1), 13-21. Retrieved from https://ejournal.sthd-jateng.ac.id/index.php/WidyaAksara/article/view/143
Section
Articles