STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III DI SDN KESATRIAN 1 KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJAR DAN RESITASI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah strategi Guru pendidikan Agama Hindu dalam meningkatkan kedisiplinan siswa Kelas III di SDN Kesatrian 1 Kecamatan Blimbing Malang. Pembelajaran dengan berbasis masalah memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kedisiplinan siswa yang ditandai dengan peningkatan Kedisiplinan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (46,66%), siklus II (60%), siklus III (93,33%). Penerapan metode metode pemberian tugas belajar dan resitasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan Kedisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh Guru pendidikan Agama hindu. yang dilihat dari strateginya meliputi memberikan Tugas test, lks dengan melihat kedisiplinan siswa dalam mengerjakan serta mengumpulkan. sosialisasi kedisiplinan, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi yang digunakan Guru Pendidikan Agama Hindu dalam meningkatkan kedisiplinan siswa Kelas III di SDN Kesatrian 1 Kecamatan Blimbing Malang.
References
Agus Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Ahmad Mustafa Al-Maragi . 1988. Tafsir Al-Maragi, Semarang: CV. Toha Putra
Ahmad Sabri. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat: Quantum Teaching
Akmal Hawi. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Al Abrasyi, Muhammad At-Thiyah. 1993. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang
Ali Imran. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Amier Daien Indrakusuma. 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
An-Nahlawi, Abdurrahman. 1995. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press
Basrowi. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta. Rineka Cipta Burhan Bungin. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Grup Cony R Semiawan. 2009. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta. Indeks
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Dzakiyah Darajat. 1978. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang
1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia
Lexy J. Moleong. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
M. Ngalim Purwanto. 2003.Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.
Muhammad Yaumi, Muljono Damopolii. 2014. Action Research: Teori, Model, & Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Muhibbin Syah. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Mulyasa, 2015 Revolusi Mental Dalam Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Rahayu Fitriyani, I Nyoman Santiawan, G. W. (2020). No Title. Jawa Dwipa, 1(1), 41–47. https://ejournal.sthd-jateng.ac.id/JawaDwipa/index.php/jawadwipa/article/view/25
Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke Widya Aksara sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam database dan pengirimannya oleh segala bentuk atau media, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll., Hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari Widya Aksara. Namun, Penulis memiliki hak untuk yang berikut:
1. Duplikat semua atau sebagian dari materi yang diterbitkan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai instruksi kelas atau materi presentasi verbal di berbagai forum;
2. Menggunakan kembali sebagian atau seluruh bahan sebagai kompilasi bahan untuk pekerjaan penulis;
3. Membuat salinan dari materi yang diterbitkan untuk didistribusikan di dalam institut tempat penulis bekerja.
STHD Klaten dan Widya Aksara melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan diterbitkan dalam jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Widya Aksara adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.