PENANAMAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK

  • Setyaningsih Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
Keywords: Kata Kunci : Ajaran Agama Hindu, Multikultur, Karakter

Abstract

Fakta menunjukan di masyarakat telah terjadi dekadensi moral, penyalah gunaan narkoba, penurunan iman dan takwa, disharmonisasi antar warga masyarakat, kriminal serta meningkatnya korupsi dan perilaku sex yang menyimpang. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan agama. Memperhatikan hal tersebut di atas mengenai dilemanya proses pendidikan, mengenai kontribusi pendidikan agama termasuk pendidikan agama dalam menopang perilaku menyimpang peserta didik. Pembentukan kembali karakter peserta didik merupakan sebuah hal yang cukup sulit namun penting untuk dirilis kembali. Sebab dewasa ini pendidikan agama Hindu dihadapkan pada persimpangan jaman globalisasi yang cukup membuat resah masyarakat. Oleh karena demikian tuntutan akan pendekatan multikultur dan pendekatan multidisiplin dalam pembelajaran agama Hindu penting digerakan kembali demi kepentingan persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan.

Pendidikan agama Hindu mendorong peserta didik untuk dapat menjalankan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari, dan menjadikan agama sebagai landasan etika dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara mengingat suksesnya anak-anak dalam mengikuti pelajaran agama tidak bisa diukur dari perolehan angka semata melainkan juga bisa dilihat dari sikap dan perilakunya. Oleh karena itu jika semua pihak konsekuen dengan tujuan pendidikan nasional bahwa selain mencerdaskan kehidupan bangsa, juga membetuk mental spiritual seharusnya pendidikan agama mendapat porsi yang sewajarnya.

 

 

References

Atmajda, I N Bawa. 2001. Pendidikan Karakter Bangsa. Singaraja: Undhiksa.
Budiman, Manneke. 2003. ‘Jatidiri Budaya dalam Masyarakat Multikultural’. Makalah dalam Seminar Pendidikan Multikultural dan Revitalisasi Hukum Adat dalam Perspektif Budaya, diselenggarakan Dep. Kebudyaan dan Pariwisata, Bogor: tanggal 18—20 Desember 2003.
Capra, F. 2000. Titik Balik Peradaban: Sains, Masyarakat, dan Kebangkitan
Kebudayaan. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.
Elmubarok, Z. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai,
Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Putus, dan Menyatukan yang tercerai. Bandung: Alfabeta.
Geerts, C. 1977. Penjaja dan Raja: Perubahan Sosial dan Modernisasi Ekonomi di Dua Kota Indonesia ( S. Supomo: Penterjemah). Jakarta: Gramedia.
Geriya, I.W. 1991. Peranan Agama Hindu dalam Transformasi Budaya. Denpasar: Institut Hindu Dharma.
Hasibuan, S.P. Malayu. 1996. Manajemen Pengertian dan Masalah Dasar. Jakarta: Gunung Agung.
Kymlicka, Willy, 2003. Kewargaan Multikultural. Jakarta, Pustaka LP3ES Indonesia.
Listia, dkk. 2007. Problematik Pendidikan Agama di Sekolah. Yagyakarta: Institut Dian.
Maharyono, HS, SB. 2008. Pendidikan Karakter Bangsa Indoneisa. Educare, nomor 7/5 Oktober 2008. Halaman 22-17-21.
Pandit, B. 2005. Pemikiran Hindu Pokok-Pokok Pemikiran Agama Hindu dan Filsafatnya. Surabaya: Paramita.
Sukadi. 2011. Paran Ilmu Sosial dan Humaniora dalam Pembelajaran Agama. Makalah seminar di Pascasarjana IHD Negeri Denpasar. Tidak diterbitkan.
Sulhan, N. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter Sinergi antara Sekolah dan Rumah dalam Membentuk Karakter Anak. Surabaya: Jaringpena.
Suparlan, Parsudi. 2003. ‘Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural’. Makalah dalam Seminar Pendidikan Multikultural dan Revitalisasi Hukum Adat dalam Perspektif Budaya, diselenggarakan Departemen Kebudyaan dan Pariwisata, Bogor, tagl. 18—20 Desember 2003.
Susriasumantri, J.S. 1985. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan.
Tanu, I Ketut. 2008. Isu-isu Kontemporer Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Dasar (perspektif kritis cultur studies). Denpasar: Sari Khayangan Indonesia.
Titib, I Made. 2003. Teologi dan Simbol-Simbol dalam Agama Hindu. Surabaya: Paramita.
Published
2021-09-27
How to Cite
Setyaningsih. (2021). PENANAMAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 26(2), 140-158. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v26i2.159
Section
Articles