IMPLEMENTASI AJARAN TRI HITA KARANA DALAM PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI KABUPATEN PATI
Abstract
Through religious education, Hindu students are guided to always foster harmonious relations between human beings, the natural surroundings or the environment as well as relationships with God. These three relationships are in accordance with the concept of Tri Hita Karana, to shape the character of children from an early age.
Early childhood growth will affect the next period i.e. the attainment of maturity in social relations. This research would like to overview the early childhood development precisely and maximally, so the result will be able to develop all aspects of the scope of child development including social aspects. The goal in this research is to describe the early childhood social development in kindergarten (TK) Kemala Bhayangkari No. 43 Kabupaten Pati by using qualitative approach. The results showed that (1) the early childhood social abilities in kindergarten Kemala Bhayangkari No. 43 Kabupaten Pati include the ability to get along, socialize and properly communicate with friends and teachers, working together, being patient in taking turn, caring and helping friends who is in trouble in classroom tasks, sharing food and toys, giving up to friends and being responsible.
References
Dirjen PAUDNI. 2012. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu. Jakarta: Direktorat PAUDNI
Ebbeck, Majory. 1997. Menyadari dan mengembangkan potensi anak usia dini. Yogyakarta: Makalah terjemahan UNY.
Gunawan, H Ary. 2000. Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Hadari Nawawi. 1993. Metodologi penelitian terapan. Yogyakarta:
Universitas Gajah Mada.
Harini, Sri dan Aba Firdaus al-Halwani. 2003. Mendidik anak sejak dini.
Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Child Development (terj. Med Meitasari Tjandrasa). New York: Mc Graw Hill.
Imam Subqi, “Pola Komunikasi Keagamaan dalam Membentuk Kepribadian Anak”, INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), Vol 1 No 2 Desember 2016.
Jamaris, Martini. 2002. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak; Pedoman bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: PT Grasindo
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Miles, Matthew B. and Huberman. 1994. Qualitative data analysis: An
expanded sourcebook. London: Sage publications.
oleong, Lexy. (2000). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nasution, S. (1988). Metode penelitian naturalistik-kualitatif. Bandung:
Tarsito.
Novan Ardy Wiyani & Barmawi. 2012. Format PAUD Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.
Padil, Moh dan Supriyatno, Triyono. 2010. Sosiologi Pendidikan. Malang:
UIN Maliki Press
Permendikbud No.137 tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Tim Penyusun. 1999. Buku Pelajaran Agama Hindu Tingkat SMU Kelas III. Jakarta : Hanuman Sakti.
Rahayu, et al. 1998. Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pengertian bahwa jika diterima untuk publikasi, hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke Widya Aksara sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam database dan pengirimannya oleh segala bentuk atau media, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanis, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll., Hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari Widya Aksara. Namun, Penulis memiliki hak untuk yang berikut:
1. Duplikat semua atau sebagian dari materi yang diterbitkan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai instruksi kelas atau materi presentasi verbal di berbagai forum;
2. Menggunakan kembali sebagian atau seluruh bahan sebagai kompilasi bahan untuk pekerjaan penulis;
3. Membuat salinan dari materi yang diterbitkan untuk didistribusikan di dalam institut tempat penulis bekerja.
STHD Klaten dan Widya Aksara melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan diterbitkan dalam jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Widya Aksara adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.