IMPLEMENTASI AJARAN TRI HITA KARANA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER MAHASISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH TINGGI HINDU DHARMA KLATEN

Authors

  • Yogi Saputro Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Ni Luh Putu Wiardani Astuti Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v2i2.45

Keywords:

Kata kunci: Karakter, Tri Hita Karana, Mahasiswa STHD Klaten

Abstract

Perkembangan zaman dan globalisasi mampu menunjukkan perubahan yang sangat signifikan di segala aspek kehidupan khususnya pada aspek kehidupan bermasyarakat dan beragama terutama di kalangan anak muda. Anak muda yang menjadi generasi penerus dalam perubahan dan pembangunan bangsa sangat memerlukan pedoman dasar dalam mengatasi pengaruh negatif di zaman era globalisasi ini. Oleh sebab itu diperlukan pembinaan ajaran agama yang baik sebagai pedoman prilaku dalam upaya membangun moralitas dan karakter melalui ajaran Tri Hita Karana. Tri Hita Karana berasal dari kata “Tri” yang berarti tiga, “Hita” yang berarti kebahagiaan dan “Karana” berarti penyebab.  Tri Hita Karana menurut pandangan Agama Hindu adalah tiga penyebab terciptanya kebahagiaan. Adapun bagian-bagiannya ajaran Tri Hita Karana yaitu a. Parhyangan Hubungan Manusia dengan Tuhan, b. Pawongan Hubungan Manusia dangan Manusia, c. Palemahan Hubungan Manusia dengan Alam Semesta.

            Adapun tujuan dalam penulisan jurnal ini yaitu : Bertujuan untuk mengimplementasikan ajaran Tri Hita Karana dalam meningkatkan karakter mahasiswa di lingkungan Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten supaya dalam kehidupan yang semakin maju ini mahasiswa mampu memiliki karakter atau kepribadian yang baik.

Implementasi konsep Tri Hita Karana dalam peningkatan karakter mahasiswa dapat kita lihat dari perilaku dan pergaulannya setiap hari di lingkungan kampus. Mengingat pergaulan di lingkungan kampus tersebut beragam, maka baik langsung maupun tidak langsung setiap aktivitas yang dilakukan antara mahasiswa satu dengan yang lain sangat dipengaruhi oleh karakter dari setiap mahasiswa itu sendiri. Dampak yang ditimbulkan tidak hanya kepada mahasiswa, namun orang-orang di lingkungan kampus juga terkena dampak positif dari konsep penerapan ajaran Tri Hita Karana.

 

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Pusat Bahasa. Jakarta : Balai Pustaka

Dewi Susanti Komang.2020. Susila Hindu Dalam Membangun Karakter Dan Moralitas. Jurnal : STAH Mpu Kuturan Singaraja

Gunawan, heri 2012. Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Jakarta : Alfabeta.

John W. Santrock. 2004. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Musatawan Made Dwiana.2020. Implementasi Ajaran Tri Hita Karana Dalam Pendidikan Agama Hindu Siswa SDN Petungsewu Dusun Codo Desa Petungsewu Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Jurnal : Widya Aksara STHD Klaten

Paramandhita Ade.2017. Penerapan Ajaran Tri Hita Karana Pada Anak Usia Dini Di TK Dharmayasa Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. Jurnal : IHDN Denpasar.

Sayanacarya, Bhasya. 2005. Atharvaveda Samhita I. Surabaya : Paramita.

Sri Windati Ni Made.2017. Implementasi Ajaran Tri Hita Karana Pada Sekaa Taruna Pagar Wahana Di Desa Adat Pelaga Kecamatan Petang, Kabupaten Badung. Jurnal : IHDN Denpasar.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : Rosda

Titib, I Made. 2003. Menumbuh kembangkan Pendidikan Budhi Pekerti Pada anak. Jakarta : Ganeca Exact.

Tim Penyusun. 1999. Buku Pelajaran Agama Hindu Tingkat SMU Kelas III. Jakarta : Hanuman Sakti.

Tim Penyusun. 1997. Buku Pendidikan Agama Hindu Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta : Hanuman Sakti

Published

2021-12-06

How to Cite

Yogi Saputro, & Ni Luh Putu Wiardani Astuti. (2021). IMPLEMENTASI AJARAN TRI HITA KARANA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER MAHASISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH TINGGI HINDU DHARMA KLATEN. Jawa Dwipa, 2(2), 164-172. https://doi.org/10.54714/jd.v2i2.45

Issue

Section

Articles