NILAI-NILAI TRI HITA KARANA DALAM TOLERANSI UMAT BERAGAMA DI DESA PLAJAN KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA

Authors

  • Luki Eriyanti Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Ni Luh Putu Wiardani Astuti Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v3i1.46

Keywords:

Tri Hita Karana, Toleransi

Abstract

Desa Plajan hidup berdampingan antara pemeluk agama Islam, Kristen, Hindu, Katolik dan
Budha. Mereka saling memahami keberadaannya masing-masing. Dijaman moderan sekarang ini,
walupun media sosial telah merambah sampai ke Desa Plajan, namun kehidupan rukun, harmonis
masih melekat dalam kehidupan beragama di Plajan. Toleransi merupakan bagian dari kehidupan
masyarakat Desa Plajan. Toleransi masyarakat Desa Plajan merupakan cermin dari implentasi
nilai-nilai Tri Hita Karana dalam ajaran Hindu. Implementasi nilai-nilai Tri Hita Karana dalam
toleransi beragama di Desa Plajan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara dikelompokan; Nilai
Parhyangan; pada saat hari raya agama tiap pemeluk agama saling menghormati, pemerintah desa
menggelar spanduk ucapan selamat hari raya, para tokoh agama saling memberi ucapan selamat
hari raya. Adanya tradisi saling berkunjung mengucapkan selamat hari raya. Nilai Pawongan;
tradisi warga saling membantu dan gotong royong pada saat adanya hajatan/upacara, tradisi saling
membantu ketika warga ada yang kesusahan termasuk kematian. Mengadakan doa bersama pada
saat kematian, doa bersama pada saat memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Nilai
Palemahan tercermin pada prilaku bersih-bersih kampung, tradisi upacara Nyadran dilakukan
bersama-sama denga melibatkan tokoh-tokoh agama. Pengaruh toleransi umat beragama di Desa
Plajan adalah terwujudnya kehidupan masyarakat yang rukun, harmonis sesama pemeluk agama,
pola hidup gotong royong masih terjaga, dan menjadi desa pelopor desa toleransi di Kabupaten
Jepara.

References

Bakar, Abu. 2015. Konsep Toleransi dan Kebebasan Beragama. Universitas Sultan Syarif: Riau.

Budiadnya, I. P. (2018). Tri Hita Karana dan Tat Twam Asi Sebagai Konsep Keharmonisan dan

Kerukunan. Widya Aksara, 23(2).

Chabib Thoha. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Devi, Dwi Ananta. 2020. Toleransi Beragama. Alprin: Bantul.

Dewi, Luh Intan Purnama, & Putu, Nadia Aurelia Tasya. (2020). Implementasi Konsep Tri Hita

Karana Dalam Penguatan Bhinneka Tunggal Ika Di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Pacta

Sunt Servanda, 1(2), 86-94.

Fahyuni, Eni Fariyatul. Istikomah. 2016. Psikologi Belajar & Mengajar. Sidoarjo. Nizamia

Learning Center.

Ibrahim, M., & Rezii, M. (2020). PERAN PEMUDA DALAM MENJAGA SERTA

MELESTARIKAN KEBUDAYAAN INDONESIA (The Role of Youth in Reserving Culture in

Indonesia). Available at SSRN 3638828.

Karmin, Ni Wayan, dkk. (2000). Pura Desa Batuan sebagai Media Pendidikan Multikultural

Melalui Pariwisata. Lilaprayata: Journal Of Tourism, 2(1), 1-8.

Moleong, Lexy J. 2005. Meodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya:Bandung

Muniksu, I Made Sukma. & Muliani, Ni Made. (2020). Wawasan Kerukunan melalui Tri Hita

Karana dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. GUNA WIDYA: JURNAL

PENDIDIKAN HINDU, 7(1), 13-20.

Ni Made Erlina Sari, I. N. S. (2021). IMPLEMENTASI AJARAN TRI HITA KARANA DI

MASA PANDEMI COVID-19 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jawa Dwipa,

(2), 97–108. https://doi.org/https://doi.org/10.54714/jd.v2i2.40

Santiawan, I. N. (2021). Implementasi Catur Asrama dalam Mencapai Tujuan Hidup (Catur

Purusa Artha). Jurnal Widya Aksara, Vol. 26(2), 294–302.

https://doi.org/https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v26i2

Jurnal Jawa Dwipa Volume 3 Nomor 1 Juni 2022 10

Soegeng Ysh. 2016. Dasar-dasar Penelitian. Semarang. Magnum.

Subagia, Ni Komang W., Holilulloh, H., & Nurmalisa, Y. (2016). Persepsi Masyarakat Terhadap

Konsep Tri Hita Karana Sebagai Implementasi Hukum Alam. Jurnal Kultur Demokrasi, 4(2).

Sudarma, I Wayan, Relin D.E, dan Pradnya, I Made Adi Surya. 2017. Penerapan Tri Hita Karana

dalam Membangun Keharmonisan Masyarakat Transmigrasi Hindu Asal Bali di Desa Nusa

Agung Kabupaten Oku Timur Sumatera Selatan (Kajian Filosofis). INSTITUT HINDU DHARMA

NEGERI DENPASAR: JURNAL PENELITIAN AGAMA HINDU, 7(1) 62-67.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sutarjo, Adisusilo. 2012. Pembelajaran Nillai Karakter. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Wiana, I Ketut. 2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. Surabaya: Paramita.

Published

2022-06-30

How to Cite

Luki Eriyanti, & Ni Luh Putu Wiardani Astuti. (2022). NILAI-NILAI TRI HITA KARANA DALAM TOLERANSI UMAT BERAGAMA DI DESA PLAJAN KECAMATAN PAKIS AJI KABUPATEN JEPARA. Jawa Dwipa, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.54714/jd.v3i1.46

Issue

Section

Articles