HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN INTENSITAS BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU SISWA PASRAMAN SATYA DHARMA DI TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.54714/jd.v1i1.25Keywords:
Minat Belajar, Intensitas Belajar, dan Prestasi Belajar agama HinduAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara (1) minat belajar dengan prestasi belajar agama hindu siswa pasraman satya dharma di Gunungkidul tahun pelajaran 2019/2020, (2) intensitas belajar dengan prestasi belajar agama hindu siswa pasraman satya dharma di Gunungkidul tahun pelajaran 2019/2020 dan (3) minat belajar dan intensitas belajar dengan prestasi belajar agama hindu siswa pasraman satya dharma di Gunungkidul tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V sampai dengan XII Pasraman di Gunungkidul sejumlah 64 siswa. Variabel penelitian terdiri atas minat belajar dan intensitas belajar sebagai variabel bebas. Sedangkan prestasi belajar agama hindu siswa sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Adapun uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linieritas dan keberartian regresi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar agama hindu yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar = 0,640, dengan persamaan garis regresi sederhana (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas belajar dengan prestasi belajar agama hindu yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar = 0,544, dengan persamaan garis regresi sederhana (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan intensitas belajar dengan prestasi belajar agama hindu yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar = 0,669, dengan persamaan garis regresi ganda . disimpulkan bahwa memang terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan intensitas belajar dengan prestasi belajar agama hindu siswa. Hal ini juga sesuai dengan kerangka berfikir yang mengatakan bahwa semakin baik minat belajar dan intensitas belajar yang dimiliki siswa maka semakin baik pula prestasi belajar agama hindu siswa, sebaliknya semakin buruk minat belajar dan intensitas belajar siswa semakin rendah pula prestasi belajar agama hindu siswa.
References
Arikunto, Suharsimi.2005. Manajemen Penelitian: Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian: Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aunurrahman.2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Budiyono.2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UPT Penerbit dan Percetakan UNS (UNS Press).
Darmawan, Deni.2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Daryanto.2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.
Djaali.2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri.2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi, Sutrisno.2004. Analisis Regresi. Yogyakarta: Liberty.
Istiqomah, 2009. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2008/2009. Semarang: Skripsi UNNES.
Slameto.2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi.2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih.2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Syah, Muhibin.2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Zuriah, Nurul.2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Vandini, Intan.2015. Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif.