Strategi Penanaman Nilai-Nilai Ajaran Tri Kaya Parisudha Pada Peserta Didik Di TK Sari Mekar

Authors

  • Putu Anggita Wijayanti Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • I Nyoman Santiawan Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Niluh Putu Wiardani Astuti Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v4i2.74

Keywords:

Strategi, Tri Kaya Parisudha

Abstract

Tri Kaya Parisudha merupakan ajaran agama Hindu yang mendasar. Ajaran yang memberikan nilai bagaimana satiap orang untuk selalu berpikir yang baik, berkata yang baik dan berbuat yang baik sehingga harus ditanamkan sejak dini. Di Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat Taman Kanak-Kanak Sari Mekar (TK Sari Mekar) yang terletak di Desa Banguntapan Kabupaten Bantul. TK Sari Mekar dipilih untuk melakukan penelitian tentang penanaman ajaran Tri Kaya Parisudha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, faktor penghambat dan pendukung serta hasil dari penenanaman ajaran Tri Kaya Parisudha pada peserta didik TK Sari Mekar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah, ada 3 strategi yang dilakukan yaitu strategi bermain, strategi pembiasaan dan strategi keteladanan. Faktor penghambat adalah anak-anak kurang fokus dalam pembelajaran kemudian upaya yang dilakukan adalah mendampingi dan mengarahkan peserta didik. Faktor pendukung adalah tenaga pendidik yang telah berpengalaman dan peserta didik beragama Hindu semua. Hasil strateg adalah sebagian besar dari anak-anak sudah menunjukkan perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dari sebelumnya, seperti dari anak yang tidak bisa bangun pagi sudah bisa bangun pagi. Implikasi lainnya adalah memiliki sikap mandiri, dapat bersosialisasi dengan teman, menghormati guru dan orang tua, memberi salam dan berpamitan kepada guru dan orang tua, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan serta bisa menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

 

 

References

Damayanti, N. L. A. E. (2014). Implementasi Pendidikan Tri Kaya Parisudha Dalam Meningkatkan Nilai Etika Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Purwosari Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong. Widya Genitri, 6(1), 17–22. http://jurnal.stahds.ac.id/widyagenitri/article/view/81

Dian Tri Utami, N. N., Wisnu Parta, I. B. M., Santiawan, I. N., Yoga Pramana, I. B. K., & Sudiani, N. N. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Hindu Dalam Kitab Nitisastra Untuk Membentuk Perilaku Anak Suputra. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 24–36. https://doi.org/10.37329/metta.v3i1.1805

I Nyoman Santiawan 1, I. N. W. 2. (2020). Upaya Pasraman Padma Bhuana Saraswati Dalam Mewujudkan Sisya Yang Cerdas Berbudaya. Bawi Ayah, 11(April), 1–17.

Mujirah, Gatot Wibowo, I. N. S. (2021). PENGARUH AJARAN TRI GUNA DALAM MENINGKATKAN BUDHI PEKERTI ANAK DI TK SARI MEKAR BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Jawa Dwipa, 2(1), 34–49.

Putri Kenanga, I Nyoman Santiawan, G. W. (2023). UPAYA GURU PASRAMAN DALAM MELATIH SATWIKA YADNYA PADA SISWA PASRAMAN DI PASRAMAN BRAHMA GOVINDA DESA SREBEGAN KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 28(1), 30–40.

Santiawan, I. N., & Supriyoko. (2022). Analisis Manajemen Pasraman Dalam Mewujudkan Sisya Yang Cerdas Berbudaya Pada Pasraman Padma Bhuana Saraswati Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, 4(3), 348–361. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i3.11730

Komang Erawati, N., Suweta, M., Raka, N., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2022). Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Buku Ni Diah Tantri Karya I Made Pasek. JURDIKSCA: Jurnal Pendidikan Agama Hindu Mahasiswa Pascasarjana, 1(1). http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurdiksca

Parmajaya, I. P. G. (2018). Ajaran Tri Karya Parisudha Sebagai Landasan Pendidikan Nilai Moral dan Etika dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Purwadita, 1(1), 35.

Suadnyana, I. B. E. (2021). Penanaman Nilai Agama Hindu Pada Anak Usia Dini Di Tk Pelangi Dharma Nusantara. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 61–73. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.268

Veronika, A. (2019). Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Hindu Di Era Digital. Jurnal PASUPATI, 6(1), 1. https://doi.org/10.37428/pspt.v6i1.135

Widiada, K. J. (2022). Tri Kaya Parisudha Sebagai Pondasi Karakter Generasi Muda Hindu Dalam Mengarungi Era 4.0. Sruti:Jurnal Agama Hindu, 2(2).

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfa Beta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV. Alfa Beta

Suprayoga, Imam dan Tabroni. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Tri Kaya Parisudha Oleh I Gede Kresna Yoga Pasraman Eka Wira Anantha 2017 https://pdfcoffee.com/tri-kaya-parisudha-pdf-free.html

http://rajanarai.blogspot.com/2012/11/teori-teori-pendidikan.html

Published

2023-12-01

How to Cite

Putu Anggita Wijayanti, I Nyoman Santiawan, & Niluh Putu Wiardani Astuti. (2023). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Ajaran Tri Kaya Parisudha Pada Peserta Didik Di TK Sari Mekar. Jawa Dwipa, 4(2), 154-167. https://doi.org/10.54714/jd.v4i2.74

Issue

Section

Articles