PERAN PEMUDA NGESTI DHARMA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI PASRAMAN LOKA SAMGRAHA KEC. BANYUDONO KAB. BOYOLALI

Authors

  • Sari Mastuti Ayuningtyas Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • I Nyoman Santiawan Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v1i2.33

Keywords:

Peran Pemuda Hindu dalam meningkatkan Minat belajar Siswa.

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui Peran pentingnya suatu pemuda dalam menciptakan generasi Hindu yang kuat Sradha dan Baktinya di Pasraman Loka Samgraha. Penelitian ini sangat perlu diadakan mengingat perkembangan generasi Hindu ini dari tahun ke tahun semakin berkurang. Maka untuk meningkatkan sradha bakti umat Hindu dan meningkatkan ketertarikan siswa Pasraman dalam Pasraman ini diperlukan penelitian dengan judul peran pemuda untuk meningkatkan minat belajar anak Pasraman. Sejalan dengan penelitian ini mengunakan metode kualitatif. Menggunakan beberapa langkah untuk mengumpulkan data penelitian. Pertama pengamatan, penulis melakukan pengamatan dengan cara langsung masuk menjadi salah satu komponen atau bagian dari pasramaan atau pemuda. Kedua wawancara penulis melakukan wawancara untuk sebagai bahan perbandingan serta mengetahui info secara detail tentang bahan yang akan dibahas. Ketiga dokumentasi, penulis memerlukan dokumentassi untuk sebagai bahan bukti bila penulis melakukan penelitian di tempat tersebut. Hasil penelitian yang dilaksanakan dapat diketahui bahwa konsep Pendidikan di Pasraman tidak jauh berbeda dari Pendidikan di sekolahan. Akan tetapi yang membedakan bila Pasraman lebih condong membentuk sikap atau perilaku yang mengacu sessuai dengan agama.

 

 

References

Andi. 2003. Dasar – Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta : Cv Andi Offset.

Andi. 2007. Filsafat Ilmu Dan Metodelogi Penelitian. Yogyakarta :Cv Andi Offset.

Atyani, Nyoman. 2019. Peran Pasraman Sebagai Wahana Penguatan Karakter Gemar Membaca Pada Anak Di Desa Mulya Sari Kecamatan negeri Agung Kabupaten Way Kanan. Skripsi : Universitas Lampung.

Ayu Kartika, Ni Gusti. 2018. Peningkatan Mutu Komunikasi Pemuda Yang Beretika dan Cerdas dengan Semangat Ajaran weda. Skripsi : IHDN Denpasar.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Foundation, Wahid. 2017. Antologi Kisah Orang Muda Untuk Perdamaian. Jakarta

Handoko, Dedy Ratno. (2011) . Peranan Pasraman Vidya Dharmadana Terhadap Pendidikan Generasi Muda Hindu Di Desa Slembu Baran Kota Ambarawa . Sekripsi : STHD Klaten.

Khaerunisa, Al Ayu. 2012. Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Membuat Hiasan Pada Busana (Embroidery) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe numbered Head Together Di Smk Karya Rini Yogyakarta. Skripsi : UNY.

Made Suarnada, I Gede. 2019. Peranan Pemuda Hindu Dalam Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Toinasa Kecamatan Pamona Barat Kabupaten Poso. :STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah.

Merthawan, Gede. 2018. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kehadiran Siswa Hindu Di Pasraman Widya Shanti Buana Desa Sausu Peore Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi : STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah.

Poerwadarminta, W.J.S. 1995. Kamus Umum Bahasa Indonesi. Jakarta : PT. Balai Pustaka.

Rusmaini. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Felicha.

Sakti, Hanuman. 2001. Buku Bacaan Agama Hindu untuk Sekolah Menengah Tingkat Atas. Jakarta

Sanjaya, Putu. 2020. Faktor-faktor Penghambat Dalam Pelaksanaan Pasantian Sebagai Lembaga Pendidikan Keagamaan Hindu Nonformal. Skripsi : Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu kuturan Singaraja.

Sarathi, Yayasan Dharma. 2986. Pelajaran Agama Hindu Sekolah dasar kelas IX..

Salkind, Neil J. 2010. Teori-Teori Perkembangan Manusia. Bandung : Nusamedia.

Santrock, 2003. Perkembangan Remaja. Bandung. Remaja Rosdakarya

Santrock, Jhon W. 2008. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Kencana.

Soekanto, Soerjono. 2002. Teori Peranan. Jakarta, Bumi Aksara.

Sumiasih, Ni Ketut. 2019. Upaya Pasraman Dalam Meningkatkan Minat Belajar Agama Hindu. Skripsi : STAH Dharma Nusantara Tangerang.

Wahyuningtyas, Sri. 2007. Hubungan Minat Belajar Pelajaran Agama Hindu Dengan Pemahaman Ajaran Panca Yajna Siswa Kelas 7 Smp Se-Karisidenan Madiun Jawa Timur. Skripsi : STHD Klaten.

https://id.wikipedia.org/wiki/Ngaru_Aru,_Banyudono,_Boyolali#Pembagian_wilayah

Wardani, Gagas Abdullah. 2017. Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas II H Di Madrasaah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Skripsi : UIN Raden Patah Palembang

Widiyanti, Puji. 2013. Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dalam Meningkatkan Kessadaran Jiwa Pada Remaja Di Pasraman Lokasamgraha Desa Ngaru-Aru, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali. Skripsi : STHD Klaten.

Wiersma, William. (1986). Research Methods In Education : An Intoduction. Massachusetts : Allyn And Bacon, Inc.

Wulandari, Wahyu. 2013. Peran Peradah dalam Menanggulangi Seks Bebas Pada Generasi Muda Hindu Di Kabupaten Gunungkidul. Skripsi : STHD Klaten.

Published

2020-12-15

How to Cite

Sari Mastuti Ayuningtyas, & I Nyoman Santiawan. (2020). PERAN PEMUDA NGESTI DHARMA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI PASRAMAN LOKA SAMGRAHA KEC. BANYUDONO KAB. BOYOLALI. Jawa Dwipa, 1(2), 137-149. https://doi.org/10.54714/jd.v1i2.33

Issue

Section

Articles