PENDIDIKAN PASRAMAN GIRI WANGI SEBAGAI MEDIA MEWUJUDKAN SISWA BERPRESTASI DI KECAMATAN JUWANGI KABUPATEN BOYOLALI

Authors

  • Widhianto Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah
  • Widhi Astuti Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.54714/jd.v1i2.31

Keywords:

Pasraman, Pendidikan

Abstract

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di Indonesia semua Penduduk harus mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar selama sembilan tahun, yaitu enam tahun di sekolah dasar (SD) dan tiga tahun di sekolah menengah pertama (SMP). Pendidikan di Indonesia diatur melalui Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional. Pendidikan di Indonesia terbagi ke dalam tiga jalur utama, yaitu formal, non formal dan informal. Pendidikan juga dibagi kedalam empat jenjang, yaitu pendidikan anak usia dini, dasar, menengah dan tinggi.

Pendidikan merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dengan Pendidikan mampu membentuk kepribadian, disiplin, pantang menyerah, etika yang baik, kreatifitas, dan kemandirian. Tercapainya prestasi belajar peserta didik tidak terlepas dari beragam aspek diantaranya minat membaca dan motivasi belajar. Pendidikan pasraman menekankan pada disiplin diri, mengembangkan akhlak mulia dan sifat-sifat yang rajin, suka bekerja keras, pengekangan hawa nafsu dan gemar untuk menolong orang lain.

Dengan adanya Pasraman Giri Wangi dapat membantu anak-anak dalam pelajaran agama yang dimana mereka bersekolah belum ada guru agamanya, membuat anak mengukir prestasi dibidang keagaman maupun umum. ada juga kegiatan Extrakurikuler seperti Yoga, Karawitan, Bola Voli dan Komputer. Didalam Extrakurikuler juga dilatih oleh para Guru dan didampingi oleh para Penyuluh Agama Hindu Non PNS yang ada di Kecamatan Juwangi. Dengan pasraman anak bisa berprestasi.

 

References

I Gede Jaman, (2017). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 1, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

I Gede Jaman dan I Made Agus Adi Prawira (2017). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 2, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Komang Susila dan I Gusti Ayu Sri Dewi (2015). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 3, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Duwijo dan Komang Susila (2017). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 4, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

I Ketut Darta / Duwijo (2017). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 5, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Ni Wayan Sumarni dan Sukirno Hadi Raharjo, (2018). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 6, Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang, Kemendikbud.

Ida Made Sugita, S.Ag, M.Fil.H (2017) Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 7, Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang, Kemendikbud.

Komang Susila, (2017). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 8, Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang, Kemendikbud.

Untang Suhardi / Ida Bagus Sudirga (2015). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 9, Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang, Kemendikbud.

Drs. Ida Bagus Sudirga, M.Pd.H; Dr. I Nyoman Yoga Segara, M.Hum (2017). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 10, Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang, Kemendikbud.

I Nengah Mudana / I Gusti Ngurah Dwaja (2017). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 11, Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang, Kemendikbud.

I Nengah Mudana / I Gusti Ngurah Dwaja (2018). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 12, Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang, Kemendikbud.

Drs. I. B. Putu Sudarsana, MBA.MM.(2012) Upadesa. Denpasar-Bali: PT Percetakan Bali untuk Yayasan Dharma Acarya

I Nyoman Kajeng, DKK (2003). Sarasamuccaya. Surabaya: Paramita

G. Pudja, MA.SH. (2003). Bhagawadgita. Surabaya: Paramita

Drs. I Gusti Made Ngurah dan I.B. Rai Wardhana, SH. (2002). Doa Sehari-hari Menurut Hindu. Jakarta: CV Pelita Nursatama Lestari

Miswanto, (2013) Dainika Mantra. Punia Tri Murti

Internet:

https://phdi.or.id. Pasraman dan Pembentukan Bangsa-Parisadha Hindu Dharma Indonesia. Diunduh 22 Januari 2020.

http://gurusejatiku.blogspot.com. Kegiatan Pembelajaran. Diunduh 30 Januari 2020.

http://www.pelajaran.co.id. Ekstrakurikuler. Diunduh 30 Januari 2020

akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/06 teori-teori motivasi

psikologmudha.com/tokoh-behaviorisme-dan-pokok-pemikiran/#google-vignette

Published

2020-12-15

How to Cite

Widhianto, & Widhi Astuti. (2020). PENDIDIKAN PASRAMAN GIRI WANGI SEBAGAI MEDIA MEWUJUDKAN SISWA BERPRESTASI DI KECAMATAN JUWANGI KABUPATEN BOYOLALI. Jawa Dwipa, 1(2), 108-120. https://doi.org/10.54714/jd.v1i2.31

Issue

Section

Articles