PENGARUH AJARAN TRI GUNA DALAM MENINGKATKAN BUDHI PEKERTI ANAK DI TK SARI MEKAR BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.54714/jd.v2i1.36Keywords:
Kata Kunci: Tri Guna, Budi Pekerti, TK Sari MekarAbstract
Pengaruh Ajaran Tri Guna Dalam Pendidikan Budhi Pekerti Anak Di TK Sari Mekar Banguntapan Bantul Yogyakarta, Dalam mencapai pendidikan Budhi pekerti di dalam ajarangama Hindu terdapat tiga sifat yang mempengaruhi pikiran manusia yang disebut Tri Guna yaitu sifat alami yang dibawa sejak lahir yaitu sattwam, rajas, tamas. Tiga sifat yang disebut Tri Guna tersebut saling memberi pengaruh terhadap pikiran (citta) anak dalam membentuk budhi pekerti sebagai sebuah perilaku. Anak yang memiliki sifat sattwam memiliki sifat tenang, suci, bijaksana, cerdas, cenderung memiliki perilaku kebaikan, anak yang memiliki sifat rajas memiliki sifat lincah, gesit, tergesa-gesa, bernafsu, cenderung memiliki sifat mudah marah, selalu gelisah susah mengontrol emosinya, anak yang memiliki sifat tamas memiliki sifat tamak, malas, cenderung kurang aktif dan lamban. Pengaruh ajaran Tri Guna dalam mencapai keseimbangan ketiganya dalam membentuk perilaku yang berbudhi luhur pada anak dengan mengatasi sifat rajas dan tamas melalui peningkatan sifat sattwam menerapkan doa sehari-hari yang merujuk kepada ajaran suci weda dan mengatasi sifat rajas melalui ajaran tattwam asi, Tri kaya parisudha dan catur paramita. Sifat tamas dapat dicapai dengan melatih berjapa berulang-ulang dan penanaman Tri hita karana. Untuk menyeimbangkan sifat rajas, rajas dam meningkatkan sifat tamas dalam meningkatkan budhi pekerti dengan melakukan yoga asanas di sekolah yang melatih anak untuk, menghapal dan mengucapkan puja yoga : mantra gayatri, mantra guru, maha mrtyunjaya mantra, Pranayama (pernapasan), Pawanamuktasana (peregangan), asanas, Surya namaskar, Candra namaskar, relaksasi, pengurutan dan doa penutup.Beberapa manfaat yoga asanas diberikan kepada anak untuk menyeimbangkan kecenderungan tiga sifat (Tri guna) yang mempengaruhi pikiran (citta) sehingga akan membentuk budhi pekerti yaitu : Anak yang memiliki kecenderungan sifat sattwam akan dapat : Membangun pondasi tentang ajaran Weda, membuat anak memiliki kehidupan spiritual yang kuat sesuai dengan falsafah yoga yaitu mengutamakan hubungan dengan Tuhan, alam dan menjaga keseimbangan. Anak yang memilki kecenderungan sifat rajas akan dapat : Melatih anak lebih mengenal diri dan mampu mengendalikan emosinya dengan baik. Meningkatkan ketenangan dan mengurangi ketegangan pada dirinya, Meningkatkan kelententuran, kekuatan, fleksibilitas, koordinasi dan kesadaran tubuh, Anak yang memiki kecenderungan sifat tamas akan dapat : Meningkatkan kepercayaan diri anak, Membangkitkan sifat lamban anak untuk lebih aktif.
References
Ibrahim Lubis, MA. Makalah Pengertian Budhi Pekerti, Akses tanggal 20 Mei 2018, ESBE Denpasar.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Hasil Pengembangan. 1991, Balai Pustaka Jakarta
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1989. Balai Pustaka Jakarta Kemp. 1985. Model Pembelajaran. Akses tanggal 20 Mei 2018, www.anekamakalah.com
Lestawi, 2007 Waston Teori Belajar, Akses tanggal 20 Mei 2018, https://krisnades07. wordpress.com
Mantra I. B, Prof. Dr. 2017, Bhagawadgita Teks Terjemahan, ESBE Denpasar.
Nawawi, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Akses Tanggal 21 Mei 2018, digilib, unimus,c.id
Pudja, G. MA. SH, 1980. Reg Weda Teks Terjemahan
Siwa Tattwa, 2004. Tri Guna dan Sradha
Syah Muhibin. DR, 2011. Psikologi Pendidikan, PT Remaja Rosdakarta Bandung.
Titib, I Made 2004. Keutamaan Budhi Manusia dan Budhi Pekerti, Paramitha Surabaya